Bagaimana Cara Mengatasi HP Kena Air ? Ini Beberapa Langkah Praktisnya

Bagaimana Cara Mengatasi HP Kena Air ? Ini Beberapa Langkah Praktisnya

Cara Mengatasi HP Kena Air

Cara Mengatasi HP Kena Air

Berikut beberapa cara mengatasi hp kena air untuk Anda simak dan coba lakukan jika memang suatu saat terjadi pada handphone kesayangan Anda. Bersama dengan beberapa tips untuk Anda mengantisipasi sebelum kejadian tersebut harus terjadi pada diri Anda.

Cara Mengatasi HP Kena Air

Handphone ketika kena air adalah sebuah malapetaka besar bagi banyak orang, dikarenakan hal ini akan berdampak kepada hilangnya data serta komunikasi Anda bersama teman-teman yang ada di dunia maya medsos, sms, dan lain sebagainya.  Kejadian tersebut tentu akan sangat menganggu aktifitas, yang awalnya penuh komunikasi dengan sahabat menjadi terhenti dikarenakan hp sedang off dan rusak. Tetapi ketika kejadian dialami, ada solusi untuk Anda agar masalah ini bisa teratasi, yaitu:

  • Segera buka hanpdhone Anda pada bagian bodi kemudian baterainya, jangan dinyalakan dan kondisikan dulu hingga kering.
  • Jika ingin lebih maksimal, gunakan hairdry untuk mempercepat proses pengeringan yang terjadi di dalam komponen handphone tersebut. Tips ini paling sering dilakukan oleh beberapa ahli servis handphone dan sering berhasil. Karena logikanya adalah ketika handphone terkena air, secara otomatis akan mati total, hal ini masih aman karena memang software pada handphone akan otomatis mati ketika ada hubungan komponen satu dengan yang lainnya. Yang membuat rusak adalah ketika sudah mati dipaksa untuk nyala, hal ini menyebabkan konslet yang berakibat kepada mati total.
  • Jika ingin menambahkan maksimal kekeringan, jemur handphone Anda kemudian tunggu sekitar 2 sampai 3 hari agar bagian dalam handphone benar-benar kering, dan ketika sudah kering, cobalah untuk menyalakan kembali atau dimulai dengan melakukan pengisian baterai.
  • Jika ketiga tips di atas masih juga tidak membuat fungsi handphone kembali normal, sebaiknya Anda melakukan servis kepada ahlinya kemudian mungkin ada beberapa komponen yang mesti dirubah dan diganti dengan yang baru.

Cara Mengantisipasi Agar HP Tidak Kena Air

Ketika handphone kena air, memang kadang kalanya solusi di atas bisa teratasi untuk Anda, tetapi terkadang ada beberapa komponen yang tidak berfungsi dengan baik, misal microphone yang rusak, atau touchscreen yang tidak responsif, atau speaker tidak bisa mengeluarkan suara, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, alangkah sebaiknya Anda mengantisipasi hp agar tidak mendapatkan kejadian terkena air, beberapa tipsnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Biasakan untuk menggunakan hardcase pada handphone guna untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diduga. Memang tidak bisa melindungi sepenuhnya, tetapi setidaknya bisa menanggulangi resiko yang lebih besar.
  2. Biasakan untuk menyimpan handphone pada tempat yang jauh dari air atau gelas yang berisi air dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak Anda inginkan tentunya.
  3. Jangan melakukan kebiasaan membawa handphone ke kamar mandi, atau ketika berenang, karena hal ini seperti Anda membawa diri ke kandang harimau. Sebaiknya simpan pada tempat yang aman dan selamat dari mudahnya terkena air.
  4. Jika hujan terjadi, sebaiknya Anda bungkus rapi handphone dengan kantong plastik untuk mengantisipasi agar tidak terkena air hujan yang menyebabkan konslet pada bagian dalam handphone.

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengatasi hp kena air, dengan adanya solusi tersebut semoga bisa menjadi referensi berguna untuk Anda ketika kejadian tersebut berlangsung, serta beberapa tips untuk menghindari kejadian tersebut harus perlu Anda ingat juga guna utnuk mengantisipasi kejadian yang memang kita tidak inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *