Wednesday, May 22, 2024
HomeBerita KameraSnapdragon 8s Gen 3: Chipset Terbaru Qualcomm Dengan Generative AI

Snapdragon 8s Gen 3: Chipset Terbaru Qualcomm Dengan Generative AI

Dengan terobosan baru dalam teknologi chipset, Qualcomm mengumumkan peluncuran Snapdragon 8s Gen 3, chipset ini merupakan produk unggulan terbaru dari perusahaan yang dilengkapi dengan beberapa kemampuan kecerdasan buatan (AI) di perangkat.

Snapdragon 8s Gen 3 hadir sebagai versi yang lebih terjangkau dari chip flagship Snapdragon 8 Gen 3 yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu dan berada di atas Snapdragon 8 Gen 2, chipset flagship perusahaan dari tahun 2022.

Ketersediaan Snapdragon 8s Gen 3

Perusahaan menyatakan bahwa platform mobile Snapdragon 8s Gen 3 akan tersedia di smartphone dari perusahaan-perusahaan seperti Honor, iQoo Redmi, Realme, dan Xiaomi.

Qualcomm juga mengungkapkan bahwa ponsel pertama yang akan ditenagai dengan chipset terbaru akan tersedia dalam beberapa waktu ke depan bulan ini, namun tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut mengenai ponsel tersebut atau spesifikasinya.

Spesifikasi Snapdragon 8s Gen 3

Snapdragon 8s Gen 3 yang baru diumumkan merupakan chipset octa-core 4nm dengan inti Prime (Cortex-X4) berkecepatan 3.0GHz, empat inti ‘performance’ dengan kecepatan clock puncak 2.8GHz, dan tiga inti ‘efficiency’ berkecepatan 2.0GHz.

GPU Adreno di dalam chipset ini menawarkan dukungan untuk gaming HDR bersama dengan real-time hardware-accelerated ray tracing dalam permainan yang didukung. Chipset ini juga mendukung hingga 24GB memori LPDDR5x dengan kecepatan hingga 4200MHz dan penyimpanan UFS 4.0.

Dukungan untuk lebih dari 30 model AI generative on-device

Qualcomm juga menonjolkan kemampuan AI dari chip Snapdragon 8s Gen 3, yang menawarkan dukungan untuk model AI generative on-device dengan hingga 10 miliar parameter. Chip ini mendukung lebih dari 30 model bahasa besar (LLMs) dan model visi besar (LVMs) saat diluncurkan, termasuk Gemini Nano, Llama 2, dan Baichuan-7B.

Perusahaan menyatakan bahwa asisten AI generative on-device akan dapat menghasilkan konten dari input tertulis, lisan, atau gambar, sedangkan alat ekspansi foto dapat menghasilkan gambar di luar bingkai gambar menggunakan AI.

Smartphone yang dilengkapi dengan Snapdragon 8s Gen 3 akan dapat mengambil gambar dengan resolusi 200 megapiksel, dan chipset ini dilengkapi dengan triple 18-bit ISP setup. Chip ini juga mendukung deteksi wajah berbasis AI yang diaktifkan melalui ISP yang selalu menyala melalui Qualcomm Sensing Hub.

Kualitas Video yang Ditingkatkan

Teknologi Qualcomm Low Light Vision (LLV) juga disebutkan dapat meningkatkan kualitas video yang diambil dalam lingkungan redup. Snapdragon 8s Gen 3 mendukung layar 4K dan Quad-HD+ pada 60Hz dan 144Hz, secara berurutan.

Chipset ini juga mendukung kamera always-sensing ultra-low power yang diklaim terisolasi dari hardware ponsel lainnya dan memungkinkan ponsel untuk melakukan pembukaan wajah yang cepat. Chipset baru ini menampilkan sistem Modem-RF 5G Snapdragon X70 (sebuah langkah lebih rendah dari saudaranya yang lebih premium) dan mendukung jaringan 5G mmWave dan Sub-6.

Chipset ini menawarkan dukungan Dual-Sim Dual Active (DSDA) untuk jaringan 5G dan 4G dan memiliki kecepatan download puncak hingga 5Gbps dan kecepatan upload hingga 3.5Gbps.

Konektivitas Mobile yang Cepat

Sistem konektivitas mobile Qualcomm FastConnect 7800 pada Snapdragon 8s Gen 3 menawarkan kecepatan download hingga 5.8Gbps melalui jaringan Wi-Fi 7. Chip ini juga mendukung konektivitas Bluetooth 5.4 melalui antena Bluetooth ganda, bersama dengan dukungan untuk Snapdragon Sound, audio Bluetooth LE, siaran Auracast, dan codec audio aptX dari Qualcomm.

Dengan kombinasi kemampuan AI yang kuat dan koneksi mobile yang cepat, Snapdragon 8s Gen 3 menjanjikan pengalaman yang ditingkatkan bagi pengguna smartphone di seluruh dunia.

Table Spesifikasi Snapdragon 8s Gen 3

SpesifikasiDetail
ProsesorOcta-core 4nm: Prime core (Cortex-X4) @ 3.0GHz
Empat inti ‘performance’ @ 2.8GHz
Tiga inti ‘efficiency’ @ 2.0GHz
GPUAdreno GPU dengan dukungan untuk gaming HDR
MemoriHingga 24GB LPDDR5x @ 4200MHz
PenyimpananUFS 4.0
Dukungan AILebih dari 30 model AI generatif on-device
Dukungan untuk model bahasa besar (LLMs) dan model visi besar (LVMs)
KameraKemampuan untuk mengambil gambar hingga 200 megapiksel
Triple 18-bit ISP setup
Fitur KameraDeteksi wajah berbasis AI
Low Light Vision (LLV) untuk meningkatkan kualitas video
LayarMendukung layar 4K dan Quad-HD+ pada 60Hz dan 144Hz
KonektivitasSnapdragon X70 5G Modem-RF system
Mendukung mmWave dan Sub-6 5G networks
Dual-Sim Dual Active (DSDA) untuk 5G dan 4G
Kecepatan download hingga 5Gbps dan upload hingga 3.5Gbps
FastConnect 7800Kecepatan download hingga 5.8Gbps melalui Wi-Fi 7
Mendukung Bluetooth 5.4 dan aptX audio codecs

Kesimpulan

Peluncuran Snapdragon 8s Gen 3 menandai langkah maju dalam inovasi chipset, dengan peningkatan signifikan dalam kemampuan AI di perangkat. Dengan fitur-fitur canggihnya dan ketersediaan di berbagai merek smartphone, chipset ini memiliki potensi untuk mengubah cara pengguna berinteraksi dengan teknologi mereka sehari-hari.

FAQs (Frequently Asked Questions)

  1. Apakah Snapdragon 8s Gen 3 lebih baik dari pendahulunya?
    • Ya, Snapdragon 8s Gen 3 menawarkan sejumlah peningkatan kinerja dan fitur baru dibandingkan dengan chipset generasi sebelumnya.
  2. Apakah Snapdragon 8s Gen 3 dapat digunakan untuk gaming?
    • Tentu saja! Chipset ini dilengkapi dengan GPU Adreno yang mendukung gaming HDR dan ray tracing hardware-accelerated real-time.
  3. Kapan kita bisa mengharapkan smartphone dengan Snapdragon 8s Gen 3?
    • Qualcomm menyatakan bahwa smartphone pertama yang menggunakan chipset ini akan tersedia dalam waktu dekat, tetapi detail lebih lanjut tentang peluncuran akan diumumkan oleh masing-masing merek.
  4. Berapa banyak model AI yang didukung oleh Snapdragon 8s Gen 3?
    • Snapdragon 8s Gen 3 mendukung lebih dari 30 model AI generatif on-device, termasuk model bahasa dan visi besar.
  5. Apakah Snapdragon 8s Gen 3 cocok untuk penggunaan sehari-hari?
    • Ya, chipset ini dirancang untuk memberikan kinerja yang unggul dan pengalaman pengguna yang mulus dalam penggunaan sehari-hari.
Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami