Apa Itu Still Life Photography ? Sebuah Penjelasan Detail

Vas Bunga dan Jendela, Credit :  Noah Näf @noahdavis
Vas Bunga dan Jendela, Credit : Noah Näf@noahdavis

Bagaimana agar membuat portofolio fotografi Anda semakin luas dan menarik ? Cobalah still life photography, salah satu jenis fotografi yang akan mengembangkan keterampilan teknis Anda sekaligus menambah wawasan konsep fotografi.

Dengan konsep yang baik dan eksekusi teknis yang sempurna, akan membawa Anda ke dalam dunia fotografi still life dengan sukses. Anda perlu menemukan banyak ide, cara atau gaya baru untuk membuat foto benda mati yang Anda ambil, tampak menarik dan lebih hidup.

Salah satunya dengan bereksperimen banyak-banyak, mulai dengan pengaturan, pencahayaan dan komposisi yang berbeda. Fotografer still life dapat meniupkan nyawa hidup ke subjek foto mereka.

Banyak yang bertanya terkait fotografi still life, antara lain :

  • Apa itu still life photography ?
  • Bagaimana fotografi still life bisa tingkatkan skill fotografi ?
  • Foto apa saja yang masuk dalam kategori still life ?
  • Ide apa saja untuk foto still life ?
  • Apa saja peralatan yang dibutuhkan ?
  • Tips untuk mengambil foto still life

Tertarik ? Artikel ini adalah tempat yang tepat, di sini kita akan belajar still life photography dengan literatur yang sangat lengkap. Untuk teknis yang lebih detail mungkin akan dibahas di artikel yang terpisah.

Still Life Photography Adalah …

Kita sebenarnya sudah sering melihat senirupa berupa lukisan-lukisan yang menggambarkan sekeranjang buah-buahan atau bunga dalam vas. Itu adalah contoh klasik dari still life. Tetapi mengapa disebut hidup, benda diam yang hidup ?

Buah-buahan sebagai foto still life, credit : Ergita Sela@gitsela
Buah-buahan sebagai foto still life, credit : Ergita Sela@gitsela

Singkatnya, still life secara umum adalah sebuah karya seni yang berfokus pada subjek benda mati. Biasanya, subjeknya adalah barang biasa dan banyak dijumpai sehari-hari, mencakup benda buatan manusia (seperti vas, barang pakaian dan produk-produk) dan juga benda alami (seperti tanaman, makanan, batu dan kerang).

Di dalam still life Anda memiliki kebebasan untuk mengatur objek dengan cara apa pun yang Anda inginkan. Beda dengan makhluk hidup atau alam yang tentu lebih sulit untuk diatur dalam komposisi.

Fotografi still life mengikuti filosofi yang sama. Banyak penekanan diberikan pada penataan barang, pencahayaan dan komposisi dalam frame. Ini salah satu jenis fotografi yang membuat kita banyak bereksperimen dan bisa menjadikan kita fotografer yang lebih baik.

Jadi still life photography adalah jenis fotografi yang menggambarkan benda mati yang akan tampak lebih hidup dengan teknik komposisi dan pencahayaan yang menarik.

Fotografi jenis ini memberi fotografer banyak kebebasan dalam menata elemen dalam komposisi dibandingkan dengan jenis fotografi lainnya. Coba bandingkan dengan fotografi landscape atau street photography. Pencahayaan dan framing adalah aspek penting dari komposisi fotografi still life.

Ide fotografi still life yang populer antara lain termasuk benda berjenis bunga, makanan, ruang meja, alat tulis, vas, alat masak dll. Umumnya still life tidak terlalu dekat dengan subjek dan tidak terlalu jauh, tetapi pada sudut yang sangat sedang.

Meningkatkan Ketrampilan Fotografi

Sekali lagi still life photography membuat kita sangat mudah untuk bereksperimen, seperti yang telah disebutkan di atas. Misalnya dibandingkan dengan fotografi potret dan lanskap, yang mengharuskan kita berurusan dengan model langsung atau harus mencari lokasi yang menarik untuk mendapatkan foto yang bagus.

Meningkatkan skill dan insting komposisi, credit : Chris Lawton @chrislawton
Meningkatkan skill dan insting komposisi, credit : Chris Lawton @chrislawton

Sementara mengambil foto still life membuat kita bisa melakukan komposisi semenarik yang Anda inginkan menggunakan benda-benda umum yang Anda miliki atau temukan di sekitar.

Lakukan adjustment komposisi dan pencahayaan untuk melihat mana yang berhasil baik dan apa yang tidak. Jadi, begitu paham cara membuat foto still life yang hebat, secara langsung kita memperoleh ketrampilan membuat komposisi foto yang lebih baik dalam situasi atau jenis fotografi apa pun.

Still life photography tidak saja terkait teknik komposisi dan pencahayaan, tetapi juga menampilkan keahlian dan bakat artistik Anda. Bagaimana merubah benda-benda biasa menjadi karya seni yang menarik berupa foto still life.

Jenis-Jenis Foto Still Life

Fotografi still life mencakup berbagai subkategori yang secara umum membutuhkan cara pengambilan foto yang berbeda. Meskipun foto still life termasuk salah satu jenis fotografi benda buatan manusia, tetapi kadang yang difoto bisa jadi bukan buatan manusia tapi dari benda-benda alami. Berikut ini beberapa di antaranya:

Still Life Di Atas Meja

Fotografi di atas meja adalah jenis still life photography yang paling umum. Dan kebanyakan orang akan memikirkan “foto di atas meja” ini ketika mendengar tentang fotografi still life. Kategori ini adalah tentang bagaimana memotret objek yang cukup muat di atas sebuah meja.

Still life di atas meja paling banyak dilakukan, credit : Jason Abdilla @jabdilla_creative
Still life di atas meja paling banyak dilakukan, credit : Jason Abdilla @jabdilla_creative

Objek foto dapat berupa apa saja yang diinginkan oleh fotografer, asalkan bisa menjadi sebuah foto menarik dan hidup. Ini adalah genre paling simpel dari still life.

Fotografi Produk

Contoh lain adalah fotografi produk. Ya karena umumnya produk yang difoto adalah benda mati, maka bisa dimasukkan dalam kategori still life. Namun tujuan utamanya adalah untuk memamerkan suatu produk semenarik mungkin dengan tujuan agar dikenali baik oleh konsumen dan ujung-ujungnya dibeli.

Foto-foto produk biasanya fokus pada gambar produk yang jelas tanpa gangguan, misalnya dengan background polos putih atau hitam. Harapannya konsumen akan fokus ke produk. Tetapi tak jarang juga melibatkan elemen lain misalnya alam.

Sebaliknya, foto still life yang orisinil biasanya lebih didorong secara artistik dan menawarkan lebih banyak peluang untuk berkreasi.

Fotografi Makanan

Fotografi makanan adalah sub kategori lain dari foto still life yang terkait juga dengan fotografi produk jika itu bersifat komersil. Karena tujuan utama adalah menggambarkan makanan agar bisa menarik pembeli.

Fotografi makanan termasuk still life, Credit : Jose Tebar @josetebar
Fotografi makanan termasuk still life, credit : Jose Tebar @josetebar

Jika dibandingkan dengan fotografi produk, fotografi makanan memiliki kekhususuan dalam hal tampilan aksesoris pendukung disekitar makanan itu sendiri. Sering melibatkan peralatan makan atau peralatan memasak di sekitar subjek makanan.

Found Object Photography

Foto ini berisi objek atau benda yang ditemukan, dan dapat dianggap sebagai cabang fotografi still life. Foto benda-benda yang ditemukan biasanya dilakukan modifikasi terlebih dahulu dan menempatkannya dalam konteks yang tidak biasa.

Benda temuan bisa jadi foto still life unik, credit : Ante Hamersmit @ante_kante
Benda temuan bisa jadi foto still life unik, credit : Ante Hamersmit @ante_kante

Misalnya foto kaleng-kaleng bekas berwarna-warni yang disusun sedemikian rupa sehingga artistik dan menarik.

Foto kategori ini membuat penonton berpikir tentang subjek benda-benda unik tersebut dengan cara yang berbeda. Oleh karenanya itu disebut still life, benda diam yang hidup.

Ide dan Konsep Still Life

Bagaimana sudah paham apa itu still life photography ? Sekarang kita siap untuk memulai mencari inspirasi dan beberapa ide untuk membuat.

Semua Jenis Benda

Pertama pada dasarnya semua objek bisa jadi still life yang bagus, tidak harus dengan subjek klise seperti buah dalam mangkuk. Ada banyak contoh fotografi still life yang hebat yang menggunakan objek yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan.

Beberapa ide receh misalnya dedaunan, alat makanan, es lilin, buku-buku dan lain sebagainya, jangan tahut untuk mencoba kreatif. Benda tersebut akan terasa hidup jika difoto dan diperlakukan spesial.

Benda-benda Tua Lebih Menarik

Semakin usang, semakin baik. Objek-objek ini sering menawarkan tekstur menarik dengan permukaan karat, retak dan mengelupas atau tanda-tanda kerusakan yang membuat orang bertanya-tanya kehidupan apa yang telah mereka lalui.

Apakah itu buku-buku tua yang berdebu, sepatu butut, koleksi tas tua, lihatlah barang-barang lama yang menarik yang mau Anda buang.

Bikin Komposisi Flat Lay

Gaya ini adalah dengan mengatur benda yang akan difoto di atas meja atau permukaan datar lainnya dan memotretnya dari atas. Sebenarnya mirip dengan penjelasan di atas yaitu still life di atas meja, hanya saja bedanya foto di ambil dari atas.

Jenis komposisi ini sangat sederhana dan mudah karena semua benda berada pada satu bidang. Anda dapat memposisikan segala sesuatu tepat di tempat yang Anda inginkan.

Ambil Foto Low Key

Coba ambil beberapa foto dengan cara fotografi low key, yang merupakan pemrotetan adegan dalam kondisi gelap dan menekankan cahaya pada area tertentu. Letakkan subyek dalam beberapa pose sehingga mendapatkan intensitas cahaya pada beberapa areanya.

Foto low key bisa menempatkan semua perhatian pemirsa pada subjek karena tidak ada hal lain selain warna hitam pekat sebagai latar belakangnya.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Pada dasarnya still life photography adalah jenis foto yang tidak butuh banyak alat untuk memulai. Pertama cukup gunakan kamera yang ada dan meja yang diletakkan dekat jendela, yang merupakan sumber cahaya alami terbaik (pada waktu siang tentunya).

Foto still life menggunakan cahaya alami, credit : Maria Ionova @marusyaionova
Foto still life menggunakan cahaya alami, credit : Maria Ionova @marusyaionova

Karena penataan komposisi objek adalah bagian terpenting, lakukan eksperimen atau percobaan dengan pengaturan menggunakan alat yang ada. Untuk itu tidak perlu kamera yang mahal. Kecuali Anda mulai bergerak ke arah profesional.

Pencahayaan Foto Still Life

Pencahayaan merupakan faktor penting dalam fotografi still life. Jika obyek foto adalah obyek biasa maka pencahayaan adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan suasana hati atau menambah ketertarikan pada foto Anda.

Sumber ini bisa didapat dari reflektor cahaya, pertama karena harganya terjangkau dan/atau bisa dibuat dari benda sekitar. Fungsi utama reflektor adalah meratakan intensitas cahaya pada subyek, meningkatkan detail tekstur dll.

Kedua yang banyak juga dipakai adalah lampi flash eksternal, atau strobo. Karena kita tidak selalu tergantung pada sumber cahaya lingkungan luar seperti cahaya dari jendela. Jika terlalu mahal bisa juga pakai lampu kilat built-in dikombinaskan dengan softbox.

Dengan softbox caya dapat diredakan, dilembutkan dan diratakan keseluruh permukaan subyek. Selain itu juga bisa membantu mengarahkan cahaya ke arah yang Anda inginkan.

Lensa Untuk Still Life

Pada umumnya tidak membutuhkan lensa khusus yang mahal. Lensa yang dipilih juga tidak perlu terlalu wide atau tele. Karena dalam fotografi still life, subjek biasanya berada di dekat kita dan tidak memakan banyak ruang.

Sudut pandang foto still life, credit : Nicolas Hoizey @nhoizey
Sudut pandang foto still life, credit : Nicolas Hoizey @nhoizey

Lensa close up dan lensa makro mungkin pilihan baik karena akan membantu Anda menjadi kreatif dengan perspektif jarak yang dekat.

Sementara lensa tele bisa saja digunakan, tetapi tentunya jarak pengambilan foto harus disesuaikan. Dengan menggunakan lensa tele bisa fokus pada bagian tertentu pada subjek foto dan blur bagian lainnya.

Tips Fotografi Still Life

Kiat-kiat singkat ini mencoba membantu Anda menghindari kesalahan-kesalahan yang umumnya sering dilakukan.

Rencanakan Sesi Foto

Still life photography dengan peralatan studio, credit : Alex Simpson @m_simpsan
Still life photography dengan peralatan studio, credit : Alex Simpson @m_simpsan

Fotografi still life menawarkan banyak sekali kebebasan dan jika Anda tidak punya rencana, mudah kehilangan arah. Lakukan analisa terlebih dahulu, diskusi, desain terhadap foto still life yang akan diambil.

Pikirkan tentang objek yang akan Anda gunakan, beberapa cara berbeda untuk mengaturnya, jenis pencahayaan apa yang akan digunakan dan waktu yang tepat pengambilan foto.

Gunakan Tripod

Dengan tripod tangan Anda akan bebas dan bisa mengatur komposisi obyek dan melakukan adjustment pencahayaan dengan lebih mudah. Selain itu untuk beberapa teknik foto still life membutuhkan shutter speed yang lama sehingga butuh penyangga kamera agar stabil dan tidak goyang.

Memilih Latar Belakang

Dengan latar belakang yang tepat, bisa membuat perhatian fokus hanya ke subyek foto. Misalnya warna polos butuh atau hitam pekat, menjamin pemirsa foto tidak melewatkan sedikitpun subyek utama. Gunakan barang-barang di sekitar yang mudah didapat untuk latar belakang, misalnya kain selimut polos, meja dan tembok putih dsb.

Kesimpulan

Dengan artikel ini sekarang Anda telah tahu apa itu still life photography, bagaimana ia bisa meningkatkan keterampilan fotografi, jenis-jenisnya dan beberapa teknik yang akan membantu Anda sukses dalam hal itu.

Setelah ini mulailah mengambil foto still life dan lakukan banyak eksperimen untuk mendapatkan hasil terbaik yang benar-benar bisa Anda banggakan. Jika artikel ini bermanfaat mohon share dan refer ke rumorkamera.com ini.

Foto yang tampil disini diambil dari situs unsplash.com dan merupakan foto-foto yang bisa dipublikasikan dengan bebas dan gratis.

%d bloggers like this: