Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap

Wedding Photography, foto prewed, foto pernikahan, foto wedding

Foto Pernikahan
Wedding Photography, copyright : Pexels

Foto pernikahan atau wedding photography adalah jenis fotografi yang menangkap gambar upacara pernikahan dan resepsi, mengabadikan orang-orang dan peristiwa seputar pernikahan tersebut. Fotografi pernikahan sering melibatkan pengambilan foto kelompok pengantin, pengantin wanita dan pria, dan tamu-tamu mereka.

Fotografi pernikahan dapat mencakup pengambilan foto pada saat lamaran, pertunangan, dan hari pernikahan itu sendiri, termasuk tempat resepsi dan dekorasi.

Keterampilan juga mencakup mulai dari fotografi potret hingga foto jurnalistik. Teknik yang digunakan seorang fotografer dapat bervariasi berdasarkan gaya wedding photography mereka. Misal potret keluarga formal, momen candid yang hanya terjadi sekali dan terlihat natural, atau potret kreatif dengan berbagai gaya unik.

Tantangan Dalam Wedding Fotografi

Meskipun foto wedding mungkin menghadirkan beberapa tantangan, ia juga bisa menjadi jenis fotografi yang sangat memuaskan ketika melihat hasilnya. Keterampilan sang fotografer, kemampuan teknis, dan stamina fisik semuanya akan diuji dalam wedding photography, menjadikannya pengalaman yang benar-benar bermanfaat.

Perlu dipahami kerumitan dan pentingnya wedding photography, yang bisa jadi menakutkan sekaligus membosankan bagi sebagian orang, tetapi sangat memikat bagi yang lain.

Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap
Wedding Photography, copyright: Pexels

Foto pernikahan menawarkan peluang besar untuk berkreasi, dan mereka yang bertahan dalam learning-curve yang dibutuhkan sering kali menghasilkan hasil yang benar-benar menakjubkan. Meskipun ada aturan dan best-practice, ada juga ruang untuk kreativitas.

Untuk menjadi fotografer pernikahan yang sukses, Anda setidaknya harus menjadi ahli dalam berbagai bidang, mulai dari cara menggunakan kamera hingga cara memasarkan bisnis. Yang pertama tentunya wajib karena itu sangat menentukan, yang kedua mungkin bisa sambil jalan.

Salah satu tantangan terberat adalah Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk menangkap semua kejadian penting pada saat prosesi pernikahan.

Cara Memulai sebagai Fotografer Pernikahan

Empat cara awal untuk memulai sebagai fotografer wedding:

  1. Cara terbaik untuk memulai wedding photography adalah dengan menghubungi event organizer pernikahan lokal dan menawarkan layanan fotografi Anda.
  2. Kedua bisa dengan membuat situs web untuk memamerkan karya Anda dan mempromosikan layanan foto wedding Anda. Sangat perlu untuk menginvestasikan waktu untuk mempelajari fotografi dan membangun portofolio foto pernikahan.
  3. Ketiga, cara mudah lain adalah mengembangkan keterampilan Anda dengan mencari pasangan yang akan menikah yang tidak mampu menyewa seorang fotografer profesional, ini bisa menjadi kesempatan belajar foto pernikahan yang bagus. Meski tidak dibayar secara profesional, anggap ini sebagai langkah investasi awal.
  4. Keempat, bagi fotografer yang benar-benar pemula, disarankan untuk terlebih dahulu bekerja sebagai penembak kedua untuk fotografer pernikahan yang berpengalaman, sebagai langkah awal untuk mempelajari seluk-beluknya.

Memperoleh pengalaman dalam bisnis fotografi dapat menjadi berharga, tentunya tetap memperhitungkan jangan sampai kenangan berharga orang-orang dengan foto pernikahan menjadi buruk dengan hasil foto yang jelek karena kurangnya pengalaman.

Sebagai fotografer pernikahan wiraswasta, Anda harus memiliki banyak keahlian, termasuk sebagai pemasar, perancang situs web, akuntan, dan pebisnis. Artinya Anda harus berpengetahuan luas dan memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai aspek fotografi pernikahan. Namun, menjadi seorang fotografer yang ahli dan kompeten masih merupakan bagian terpenting dan nomer satu dari pekerjaan Anda.

Aspek bisnis dari foto pernikahan akan dibahas detail di artikel terpisah. Di sini kita coba aspek teknisnya.

Perlengkapan Penting Fotografi Pernikahan

Selain aspek bisnis yang lebih penting adalah Anda memerlukan beberapa perlengkapan untuk melakukan wedding photography.

Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap
Peralatan foto pernikahan, copyright: Pexels

Pertama Anda memerlukan perlengkapan wedding photography yang terjangkau untuk memulai. Jangan terlalu stres memikirkan peralatan yang mahal. Penting untuk memiliki peralatan yang tepat, tetapi jika tidak mampu membelinya, jangan biarkan hal itu menghentikan Anda mencapai tujuan.

KeduapPengetahuan tentang perlengkapan fotografi pernikahan sangat penting. Memiliki banyak peralatan sekaligus tetapi tidak Anda kuasai pada saat hari H maka tidak akan ada gunanya. Mulailah dengan dasar-dasar dan secara bertahap tambahkan ke koleksi Anda saat Anda mendapatkan pengalaman. Jangan biarkan diri Anda terjebak dengan presepsi yang belum tentu benar.

Ketiga, Anda memerlukan perlengkapan wedding photography yang dapat Anda bawa dengan mudah. Fotografi pernikahan telah berevolusi dari potret tradisional menjadi seni foto jurnalistik yang natural, karena itu lebih diutamakan peralatan yang ringan dan lebih cepat sekarang, memungkinkan kita berada di mana saja dan mengabadikan segalanya.

Kit Wedding Fotografi Dasar

  • Bodi Kamera (sebaiknya dengan slot kartu ganda)
  • Lensa (mungkin 24-70mm, atau mungkin 35mm dan 85mm)
  • Flash dan flash trigger (pemula harus bisa memotret di ruang resepsi yang gelap)
  • Dudukan lampu (Kecuali Anda memotret semuanya dengan flash bouncing yang tidak selalu menjadi pilihan)
  • Cara membawa perlengkapan Anda seperti tali kamera atau holster dan tas kamera
  • Kit aksesori dengan baterai cadangan, pengisi daya, kartu memori, kain lensa, dan polarizer
  • Cadangan atau duplikat apa pun yang mungkin rusak! Kamera lain, flash, dll

Saat Anda sudah lebih berpengalaman dan nyaman dengan peralatan yang dimiliki, serta memiliki modal yang cukup, inilah saat yang tepat menambah perlengkapan Anda. Banyak fotografer memotret resepsi dengan pengaturan 3 atau 4 lampu, yang membutuhkan lampu tambahan, dudukan lampu yang lebih kokoh, dan banyak baterai cadangan.

Saat gaya dan kreativitas pribadi Anda berkembang, Anda bisa menambahkan pengubah cahaya atau lensa khusus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Semakin bertambahnya pengalaman dan service yang ditawarkan, Anda suatu saat juga akan memerlukan komputer dengan monitor, untuk melakukan editing, perangkat lunak, pembaca kartu, hard drive atau penyimpanan cloud, dan banyak lagi. Tapi mulailah dengan yang sederhana tapi tepat manfaatnya.

Beberapa Tips Dasar Wedding Photography

Anda telah mengemasi tas kamera Anda, pasangan telah mempekerjakan Anda untuk mengabadikan momen terpenting mereka, dan Anda telah menemukan sesuatu antara praktis dan profesional untuk dikenakan ke pesta pernikahan. Sekarang apa? Inilah saatnya Anda memotret acara pernikahan.

Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap

Kenali seluk beluk sebuah acara resepsi pernikahan. Jika Anda baru mengenal pernikahan, luangkan waktu untuk mempelajari tentang apa yang terjadi selama itu. Buatlah daftar bidikan yang mungkin bisa dibuat sebelum acara dimulai, penting untuk memahami alur acara pernikahan.

Pertama dan terpenting, ini adalah bisnis jasa. Meskipun Anda mungkin seorang seniman, Anda juga ada di acaraitu untuk melayani klien Anda. Pastikan Anda memberi mereka layanan terbaik. Sederhana adalah yang terbaik, tidak terlalu muluk-muluk, lakukan dengan tetap tenang dan fokus. Terutama ketika Anda seorang pemula.

Momen Pernikahan Yang Tidak Boleh Dilewatkan Fotografer

Saat Anda melihat banyaknya daftar momen pernikahan jangan panik. Ingatlah bahwa ini hanyalah beberapa bidikan spesifik di antara banyak bidikan lainnya. Selama Anda mengabadikan momen-momen penting ini, Anda dapat bersantai dan berkreasi dengan yang lainnya.

Dianjurkan untuk mengingat daftar moment pernikahan di kepala Anda, misal dengan melihat di youtube, sampai benar-benar terbiasa dengan pernikahan dan mengantisipasi momen sebelum itu terjadi. Kemudian bayangkan Anda akan memotret semua momen itu.

Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap
Moment foto pernikahan, copyright: Pexels

Sebagai seorang fotografer pernikahan, ada beberapa momen penting yang harus diabadikan. Momen-momen ini dapat diprediksi dan, dengan pemikiran dan persiapan, mudah diantisipasi. Anda perlu menyiapkan panggung untuk foto pernikahan menakjubkan yang akan memukau dan melampaui harapan klien.

  • Momen mengharukan bersama orang tua
  • Pengantin wanita berjalan menyusuri lorong
  • Emosi dan kelembutan selama ijab qobul atau sumpah pernikahan
  • Ciuman pertama
  • Keluar setelah upacara
  • Kelompok orang-orang penting bagi pasangan
  • Potret pasangan
  • Tarian, ritual, tradisi
  • Pidato
  • Apa pun yang paling penting spesifik bagi pasangan

Tanyakan kepada calon pasangan apa yang paling mereka sukai dan apa prioritas mereka. Jika Anda mengetahui keinginan mereka, akan mudah untuk memenuhinya.

Penting untuk menetapkan ekspektasi sebelumnya. Jika Anda membagikan karya Anda di situs web atau media sosial, pasangan tersebut akan mengetahui gaya Anda, yang akan menentukan ekspektasi terkait jenis foto yang dapat mereka terima.

Saat memprediksi momen, selalu berada di depan posisi yang Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda pasti dapat menangkap bidikan yang sempurna.

  • Perhatikan di mana pengantin wanita akan berjalan menuju pelaminan. Posisikan diri Anda sesuai sehingga Anda bisa mendapatkan bidikan terbaiknya.
  • Selanjutnya, Anda dapat berbalik dan menangkap mempelai pria karena dia kewalahan oleh betapa cantiknya mempelai wanita.
  • Selalu pikirkan di mana pasangan itu akan berada? Apa yang akan terjadi? Dan dari sudut mana yang terbaik untuk memotretnya?
  • Anda perlu memeriksa tempat sebelum pernikahan untuk memastikan bahwa rencana Anda akan berhasil dan membuat penyesuaian yang diperlukan.
  • Beberapa tempat memiliki batasan ke mana Anda bisa pergi bebas selama upacara pernikahan, yang mungkin mengharuskan Anda mengubah rencana dan mendapatkan lensa yang lebih tele.

Pilih untuk menerima batasan-batasan tersebut dan sesuaikan ekspektasi Anda. Anda tidak bisa berada di mana-mana sekaligus, jadi fokuslah pada kualitas daripada kuantitas. Kecuali Anda bekerja dengan rekan satu tim.

Jika Anda memiliki rekan fotografer lain saat melakukan foto pernikahan, Anda bisa mendapatkan liputan dua kali lebih banyak. Ini sangat membantu jika Anda ingin mengabadikan momen candid dan bidikan berpose. Tentunya hal ini ada biaya tambahan tertentu.

Fotografer Kedua Untuk Foto Detail Pernikahan

Perlu membuat rencana dan menetapkan tanggung jawab fotografer kedua berdasarkan tingkat keahlian mereka. Idealnya, Anda dapat memercayai dan mengandalkan mereka untuk menangkap apa yang Anda tugaskan kepada mereka, yang akan membebaskan Anda untuk melakukan hal lain.

Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap
Partner Fotografer, copyright: Pexels

Jika Anda tidak yakin dengan keandalan penembak kedua Anda, Anda dapat memberi mereka tugas yang kurang penting. Alternatifnya, Anda dapat memberi mereka tugas yang tidak terlalu membuat stres, seperti pengambilan gambar detail atau ornamen pernikahan.

Beberapa fotografer berspesialisasi dalam bidikan detail sementara yang lain menolak untuk memotretnya.

Bidikan detail dapat membantu menciptakan narasi visual untuk hari pernikahan Anda. Semua detail kecil, mulai dari undangan dan bunga hingga kue pernikahan dan mobil bulan madu, bersatu untuk menceritakan kisah cinta mereka. Setiap detail penting di hari besar Anda.

Fotografer lain memahami bahwa berfokus pada detail aksesoris juga akan membantu mereka mempublikasikan pernikahan mereka secara online, yang akan menghasilkan backlink dan hubungan dengan vendor lain yang sangat berharga.

Jika bidikan detail pernikahan penting bagi pasangan client Anda dan cukup punya waktu, akan bermanfaat untuk memotretnya.

Jika memang pasangan client tidak terlalu peduli dengan detailnya, maka tidak perlu khawatir. Saat Anda merencanakan wedding photography, pastikan untuk memberikan waktu untuk mengabadikan detail penting di sela-sela waktu utama.

Detail lainnya, seperti bunga di tangan pengiring pengantin, dapat dibidik di lokasi dengan mudah.

Detail upacara perlu memberikan jeda waktu antara saat selesai sesi foto khusus dengan pasangan dan saat upacara dimulai. Ini memberi pasangan waktu untuk menyegarkan diri dan juga memungkinkan kami memotret detailnya.

Detail Resepsi dimana perencana pernikahan akan membuat ruang resepsi dibatasi selama jam istirahat, di sini memungkinkan fotografer memotret detail dari ornamen resepsi.

Setelah Anda selesai mengambil foto keluarga, Anda bisa meminta penembak kedua mengabadikan momen candid.

Meningkatkan Skill Sebagai Fotografer Pernikahan

Dimana sumber belajar wedding photography? Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar fotografi sebelum menjadi lebih kreatif. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu mengembangkan keterampilan penting. Seperti di situs rumorkamera.com ini ada beberapa tips teknis fotografi dasar hingga advance.

Paling mudah adalah belajar dengan menonton video YouTube atau mengikuti kursus online. Semua hal itu bisa dilakukan. Tapi, untuk menjadi seorang ahli, Anda memerlukan dua hal: mindset berkembang dan sangat-sangat banyak melakukan latihan.

Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap
Berlatih dan berlatih mengambil foto, copyright: Pexels

“It’s more important for a photographer to have very good shoes, than to have a very good camera.”

— Sebastiao Salgado

Kata Sebastiao Salgado, bagi fotografer lebih penting untuk memiliki sepatu bagus, daripada kamera yang bagus. Ini seperti mengatakan bahwa latihan terus menerus bagi seorang fotografer lebih penting daripada kamera yang diupgrade terus menerus.

Jika ingin memilih seorang guru wedding photography, carilah seseorang dengan bakat alami dan pengalaman beberapa tahun. Kemudian, percayalah pada kemampuan Anda sendiri untuk belajar dan berhasil.

Terakhir dan sekali lagi luangkan waktu untuk berlatih, dan Anda akan meningkatkan keterampilan Anda.

Misal jika tujuan yang Anda tetapkan adalah mempelajari cara memahami lighting atau lamput kilat. Anda harus memotret berbagai skenario pencahayaan dan mempraktikkan berbagai teknik, terus dan terus. Sampai pada akhirnya, Anda akan menyempurnakan teknik lampu kilat di luar kamera dan meningkatkan nilai pekerjaan Anda.

8 Keterampilan Wedding Photography

Ada beberapa keterampilan fotografi dasar yang dapat Anda pelajari dan praktikkan untuk menyempurnakan hasil foto Anda. Dengan meluangkan waktu untuk mempelajari keterampilan ini dan mempraktikkannya, Anda dapat membawa fotografi Anda ke level yang semakin lebih baik.

  • Memahami kamera dan pengaturan kamera Anda. Kapan Anda menginginkan aperture kecil vs besar atau shutter cepat vs lambat?
  • Melihat pencahayaan. Apa warnanya? Apakah lembut atau keras dan seberapa kuat itu?
  • Mengetahui detail pernikahan dan harapan tentang jenis foto apa yang akan diambil.
  • Melihat dan memprediksi momen. Kapan puncak tawa seseorang? Bisakah Anda mengantisipasi senyuman itu?
  • Bekerjasama dengan klien dan melihat keindahan yang berbeda dan unik.
  • Tetap tenang ketika orang-orang mulai menuntut.
  • Mendapatkan foto grup yang solid, bersih dan konsisten.
  • Detail framing yang tidak merusak komposisi.
Wedding Photography Panduan Teknik dan Bisnis Lengkap

Keterampilan di atas bisa mempengaruhi gaya wedding photography yang dipilih, mulai dari pemotretan tradisional dan terencana hingga foto jurnalistik murni. Ada juga berbagai gaya pengeditan, gaya berpose, dan banyak lagi. Pada akhirnya, Anda akan memilih gaya wedding photography yang paling meningkatkan kreativitas Anda.

Jika Anda bersemangat membuat foto dengan vibes tertentu, maka mulailah dengan langsung mengabadikannya. Sementara itu, jika Anda menyukai detail dan aspek editorial pernikahan, Anda perlu membuat portofolio yang mencerminkan hal itu.

Jika Anda mencari gaya wedding photography yang penuh petualangan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan seorang fotografer yang berspesialisasi dalam hal itu. Saya telah menemukan bahwa pasangan petualang cenderung sangat menghargai jenis fotografi ini, dan ini dapat menghasilkan beberapa gambar yang benar-benar menakjubkan.

Menentukan Harga Wedding Photography

Saat pertama kali memulai, Anda mungkin memberi harga layanan wedding photography Anda secara kompetitif untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dan membangun portofolio Anda. Namun, pada akhirnya Anda ingin mengenakan biaya yang cukup untuk menutupi pengeluaran Anda dan membayar gaji pegawai jika ada.

Dalam hal wedding photography, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan harga terbaik. Pertama, Anda perlu menghitung biaya menjalankan bisnis, yang mencakup hal-hal seperti peralatan, perangkat lunak, dan pengeluaran lain yang diperlukan.

Kemudian, perlu menambahkan gaji yang Anda inginkan ke angka itu. Terakhir, bagi dengan jumlah acara pernikahan yang ingin atau mampu Anda foto.

Perlu diingat bahwa mungkin ada faktor lain yang berperan saat menentukan harga final, seperti lama pernikahan atau jumlah tamu.

Lebih detail akan di bahas di artikel lain yaitu aspek bisnis dalam foto pernikahan.

Tambahan Dalam Paket Wedding Fotografi

Beberapa aspek yang bisa dipikirkan untuk paket foto pernikahan yang menjadi opsi bagi client. Pilihan paket pernikahan Anda akan menentukan jenis pasangan yang Anda tarik. Cek juga apa yang ditawarkan pesaing Anda dan mempertimbangkan bagaimana penawaran Anda berbeda untuk menarik klien yang tepat.

Misal kebanyakan orang lebih suka file digital saat ini. Meskipun Anda dapat membebankan biaya untuk mereka, mungkin yang terbaik adalah memasukkannya ke dalam harga awal Anda.

Menawarkan file digital kepada pasangan Anda dapat mengurangi keuntungan dari penjualan cetakan dan produk, tetapi jika Anda mempermudah prosesnya, mereka akan senang dan merekomendasikan jasa Anda.

Dengan galeri digital menyediakan cara mudah bagi pasangan dan tamu untuk memesan cetakan, menambah kenyamanan dan berpotensi meningkatkan penjualan.

Di dunia yang ideal, orang akan memperlakukan satu sama lain dengan tingkat rasa hormat dan pertimbangan yang sama seperti yang mereka harapkan. Namun, kenyataannya berbeda. Untuk menghindari hal ini, yang terbaik adalah memiliki kontrak tertulis.

Buat kontrak Anda sebagai bentuk komunikasi yang jelas dan ringkas. Anda bisa menentukan apa yang termasuk, apa yang tidak termasuk, dan apa harapan masing-masing pihak.

Summary Foto Pernikahan

Saat Anda menguasai elemen wedding photography ini, mereka akan menjadi kebiasaan. Kemudian Anda dapat memperluas keahlian Anda dan melepaskan kreativitas Anda, baik dari sisi aspek bisnis maupun sebagai fotografer profesional.

Fotografi pernikahan adalah bidang yang menantang dan bermanfaat. Seperti halnya industri apa pun, ada tantangan yang harus diatasi dan hal-hal yang harus diperhatikan, tetapi ada juga banyak hal yang membuat Anda jatuh cinta dan menjadikannya sebagai passion.

Reference

%d bloggers like this: