Friday, June 21, 2024
HomeReview KameraUlasan Asus Zenfone 11 Ultra: Ponsel ROG Terbaru

Ulasan Asus Zenfone 11 Ultra: Ponsel ROG Terbaru

Asus

Pengenalan Asus Zenfone 11 Ultra

Dalam beberapa tahun terakhir, Asus telah membuat niche tersendiri di dunia smartphone, jika boleh dikatakan demikian. Lini Zenfone telah berfokus pada smartphone Android flagship yang kecil dan kuat sejak Zenfone 8, dan ide tersebut disempurnakan dengan Zenfone 10 tahun lalu.

Lalu, sekarang kita melihat gambaran yang sangat berbeda dan pergeseran fokus yang disebutkan sebelumnya. Muncullah Zenfone 11 Ultra. Ini merupakan pergeseran dari ide “kompak” dan petualangan ke wilayah “ultra” bagi Asus.

Ponsel ini besar, padat dengan fitur perangkat keras dan perangkat lunak, dan berpotensi dapat memenuhi kebutuhan semua penggemar Asus yang menginginkan ponsel layar besar tetapi, entah mengapa, tidak menyukai seri ROG. Hari ini kita akan mengetahui seberapa baik upaya pertama Asus untuk memberikan kita flagship Ultra.

Apa yang Baru di Asus Zenfone 11 Ultra?

  • Layar LTPO 6,78 inci, 120Hz (144Hz), 2.500 nits puncak kecerahan
  • Kamera telefoto 32MP dengan zoom optik 3x baru
  • Baterai 5.500mAh dengan pengisian cepat kabel 65W dan dukungan pengisian nirkabel
  • Konfigurasi memori dasar 12/256GB
  • Chipset Snapdragon 8 Gen 3
  • Pengalaman AI

Desain & Warna Asus Zenfone 11 Ultra

Dalam kontras yang mencolok dengan model Zenfone sebelumnya, Zenfone 11 Ultra mengambil halaman dari buku ROG. Ponsel ini substansial dan jauh dari jejak kaki kompak pendahulunya, dengan layar datar 6,78 inci dan punggung kaca yang sedikit melengkung.

Bagian belakang berwarna biru muda atau abu-abu dengan tekstur kaca buram dan garis-garis mengkilap yang melintang, menciptakan pola yang keren. Tonjolan kamera sangat menonjol dari badan dan menampung tiga kamera serta lampu LED.

Satu hal yang patut disebutkan adalah Asus memutuskan untuk menempatkan hampir semua port di bagian bawah, ada port USB-C di sebelah kiri, baki SIM, dan di sebelahnya adalah speaker. Jack audio 3,5 mm melengkapi gambaran. Dan gambarnya cukup sibuk. Tidak ada apa-apa di sisi kiri ponsel dan di bagian atas juga.

Secara keseluruhan, ini adalah desain yang bersih, tetapi terlalu mirip dengan ROG Phone 8 Pro. Tonjolan kamera, bentuk dan ukuran keseluruhan, layar, tata letak tombol—semuanya identik antara kedua ponsel ini. Yang menimbulkan pertanyaan: mengapa kita membutuhkan versi non-gaming ROG yang disebut Zenfone Ultra? Tapi lebih lanjut tentang itu nanti.

Layar Asus Zenfone 11 Ultra

Panel OLED di dalam Zenfone 11 Ultra sangat bagus! Tidak ada keraguan tentang itu. Ini sangat terang (sebenarnya, saat ini berada di puncak tes kecerahan kami sendiri), dapat melakukan refresh rate dinamis 1-120Hz (plus 144Hz di mode game), dan juga cukup akurat warnanya.

Layar 6,78 inci memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel, menghasilkan sekitar 388 PPI kepadatan piksel, yang tidak terlalu tinggi, tetapi gambarnya masih cukup tajam dan detail.

Ada beberapa pengaturan untuk menyesuaikan gambar Anda dengan baik. Anda dapat memilih dari pengaturan warna Optimal, Natural, Cinematic, dan Standard, menyesuaikan warna melalui slider, dan juga mengontrol suhu warna. Ada opsi bagus seperti Always-On, Lift to Check Phone (membangunkan ponsel saat Anda mengangkatnya), Night Light, Smart Screen (tetap menjaga layar tetap aktif saat Anda melihatnya), dan lainnya.

Kamera Asus Zenfone 11 Ultra

Tiga kamera dengan bangga menempati tonjolan kamera Zenfone 11 Ultra. Dalam hal kamera, Zenfone 11 Ultra menggunakan sensor utama 50MP, sensor ultrawide 13MP, dan kamera telefoto baru 32MP dengan zoom optik 3x.

Kualitas foto yang diambil dengan kamera utama Zenfone 11 Ultra… tidak berubah. Apa maksud kami? Ini adalah sensor dan algoritme yang sama yang digunakan dalam iterasi Zenfone sebelumnya, dan meskipun kamera ini dapat melakukan tugasnya, Zenfone 11 Ultra jauh dari kompetisi dan “kamera” ponsel terbaru.

Kinerja low-light adalah campuran, ponsel secara otomatis beralih ke Mode Malam saat mendeteksi cahaya tidak cukup. Anda dapat mendapatkan hasil yang layak jika Anda memiliki tangan yang stabil, tetapi secara keseluruhan, Zenfone 11 Ultra tidak berada di level smartphone lain dalam hal foto malam hari.

Kualitas zoom 3x juga agak mengecewakan, dengan tonalitas yang berbeda dari dua kamera lainnya dan kecenderungan untuk overexpose gambar. Rentang dinamis juga tidak terlalu baik.

Secara keseluruhan, kamera Zenfone 11 Ultra tidak terlalu mengesankan, terutama jika dibandingkan dengan kompetisi saat ini.

Performa & Benchmark Asus Zenfone 11 Ultra

Asus tahu bagaimana membangun ponsel yang kuat, dan semua keahlian dari divisi ROG telah diterapkan pada Zenfone 11 Ultra. Ponsel ini hanya meluncur melalui tugas sehari-hari, dan juga memuncaki grafik performa kami tanpa berkeringat.

Ini sebagian karena Snapdragon 8 Gen 3, tetapi pendinginannya juga cukup solid, karena Zenfone 11 Ultra dapat mempertahankan performa tinggi yang berkelanjutan. Ada versi dengan 12GB RAM dan satu dengan 16GB, jadi Anda tidak akan merasa terjepit di departemen RAM.

Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami