Bagaimana Cara Menjadikan Android Sebagai Modem di PC atau Laptop

Bagaimana Cara Menjadikan Android Sebagai Modem di PC atau Laptop

Dengan perkembangan zaman saat ini, handphone tidak hanya digunakan sebagai alat telekomunikasi saja, akan tetapi juga dapat dijadikan sebagai modem, terutama HP Android yang sangat banyak pemakainya. Cara menjadikan android sebagai modem tidak terlalu sulit. Anda dapat mengikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan berikut ini.

Saat ini rata-rata HP Android sudah difasilitasi dengan dukungan jaringan HSDPA atau LTE, ini akan membuat koneksi internet menjadi semakin cepat dibandingkan teknologi 3G. Dengan rata-rata kecepatan internet sekitar 7,2 Mbps, hingga 42 Mbps, kebutuhan internet di laptop atau PC juga akan semakin mudah terpenuhi. Selain itu Anda juga dapat melakukan share Wi-Fi untuk dapat memberi akses internet ke beberapa laptop sekaligus.

Menjadikan Andoid sebagai modem PC (via USB)

Untuk menjadikan sebuah handphone Android sebagai modem untuk PC caranya mudah sekali, berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan.

Pertama-tama pastikan handphone Android Anda mempunyai layanan USB tethering (maksudnya menghubungkan handphone ke PC dengan kabel USB). Aplikasi ini yang akan menyambungkan internet dari HP ke PC. Sebagian besar Android seharusnya sudah memiliki fasilitas ini.

Kedua tentu perlu disiapkan kabel USB, untuk menghubungkan ponsel dengan PC. Umumnya setiap handphone Android sudah disertai kabel USB. Dan terakhir pastikan handphone memiliki akses internet melalui paket data GSM.

Cara menggunakan handphone sebagai modem di PC sebagai berikut.

  1. Hubungkan handphone ke PC dengan kabel USB.
  2. Masuk ke menu utama Android
  3. Pilih menu Settings, setelah itu masuk ke bagian “Wireless & Networks” , kemudian masuk ke bagian “Tethering & Portable Hotspot”.
  4. Centang pilihan “USB Tethering” untuk memulai hubungan handphone ke PC. Secara otomatis, jika belum ada driver akan diinstall driver yang dibutuhkan.
  5. Setelah selesai seharusnya PC sudah bisa digunakan untuk internet.

Menjadikan Android sebagai Wi-fi Hotspot

Selain dapat dijadikan sebagai modem untuk PC, ponsel pintar ini juga dapat Anda gunakan untuk hotspot laptop. Anda juga dapat membaginya ke beberapa laptop sekaligus. Cara menjalankankan atau menggunakannya juga tidak terlalu sulit.

Secara umum handphone Android sudah memiliki fitur Wi-Fi dan mendukung fasilitas hotspot ini. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke menu utama Android
  2. Pilih menu  “Settings”, setelah itu masuk ke bagian “Wireless & Networks” kemudian pilih “Tethering & Portable Hotspot”.
  3. Centang pilihan “Portable Wi-Fi Hotspot”
  4. Pilih “Configure Wi-Fi Hotspot”, isi nama SSID dan password dan simpan
  5. Di laptop yang akan menggunakan hotstpot tersebut pilih “Network”, kemudian pilih nama SSID yang tadi diset, klik “Connect” dan masukakn password.
  6. Setelah terkoneksi, seharusnya laptop sudah bisa terhubung ke internet.

Tidak menggunakan password memang tidak menjadi masalah, hanya saja jika sinyal ini tersebar, dan ada orang lain yang menggunakan, maka bisa jadi tidak kita ketahui. Dengan menggunakan kata kunci atau password, hanya ada orang-orang tertentu yang dipercaya yang akan mendapatkan sinyal terebut, dan yang lain tidak. Selain laptop, handphone lain juga bisa terkoneksi ke Wi-Fi hotspot di atas.

Demikian selesai sudah ulasan mengenai cara menjadikan android sebagai modem, semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *