Monday, April 22, 2024
HomeBerita KameraTough TG-7 vs Semua Kamera: Apakah Ini yang Paling Tangguh?

Tough TG-7 vs Semua Kamera: Apakah Ini yang Paling Tangguh?

OM System Tough TG-7

OM System baru-baru ini mengumumkan versi terbaru dari kamera tangguh andalannya Tough TG-7. Fitur inti dari TG-7 ini tidak banyak berubah dibandingkan dengan beberapa model sebelumnya, dan sebenarnya tidak perlu berubah karena kamera-kamera tersebut telah laris manis di pasaran.

Sensor 12 Megapixel-nya lebih besar daripada kebanyakan kamera kompak, dan lensa F2.0-4.9 setara 25-100mm efektif untuk pemotretan dalam kondisi cahaya rendah dan di bawah air. TG-7 juga mampu merekam video 4K/30p menggunakan seluruh lebar sensor.

Kemampuan tangguh dari TG-7 ini masih belum terkalahkan di kelasnya, begitu pula dengan jumlah aksesori tambahan yang tersedia (seperti yang akan kami jelaskan di bawah).

Kamera ini tahan air hingga kedalaman 15 meter (50 kaki), tahan banting dari ketinggian hingga 2.1 meter (6.9 kaki), tahan beku hingga suhu -10°C (14°F), tahan tekan hingga 100kg (220lb) kekuatan, dan tahan debu sesuai dengan standar IP6X. Jadi, apa yang baru?

Penambahan Fitur Terbaru

Beberapa fitur terbaru yang patut disoraki adalah pegangan yang lebih ‘grippier’ (mencengkeram), konektor USB-C (untuk pengisian daya namun bukan tenaga), layar TFT 3″ dengan warna yang lebih akurat, mode interval dan time-lapse, serta dukungan untuk remote nirkabel tahan cuaca RM-WR1.

Dukungan untuk video vertikal juga telah ditambahkan. Dua jempol untuk kamera ini karena tersedia soket USB-C yang bisa digunakan untuk mengisi daya kamera. Port micro HDMI juga ada di bagian bawah.

TG-7 juga menawarkan mode adegan ‘konstruksi’ baru yang dapat secara otomatis menghapus debu dari foto, mencerahkan foto yang gelap, mengambil panorama jahit, dan mengambil foto blueprint atau papan tulis.

Sistem Sensor Lapangan

TG-7 dapat merekam banyak data saat Anda berada di luar ruangan yang dapat dihubungkan dengan foto-foto Anda. Kamera ini dilengkapi dengan GPS, kompas, barometer, dan termometer bawaan yang, saat dipasangkan dengan aplikasi O.I.Share, memungkinkan Anda melihat semua data tersebut pada peta.

Ia dapat melacak rute yang diambil dan mengaitkan setiap foto dengan lokasi tertentu, beserta dengan ketinggian, suhu, dan data lainnya yang tersedia. Anda juga dapat mengakses semua data sensor tanpa perlu mengambil foto.

Ketika kamera mati, cukup tekan tombol info, dan Anda akan mendapatkan semua jenis informasi tersebut. Ingat bahwa penggunaan GPS yang sering akan dengan cepat menguras daya baterai kamera Anda. Waktu, suhu, kompas, ketinggian, dan koordinat GPS dapat dilihat dengan menekan tombol Info.

Aksesori Tough TG-7

Seperti pendahulunya, TG-7 memiliki sejumlah besar aksesori. Ada lensa konversi telephoto (TCON-T01) dan fisheye (FCON-T01/FCON-02). Seperti kamera itu sendiri, keduanya tahan terhadap elemen.

OM System menawarkan cincin cahaya (LG-1) yang menggunakan lampu LED bawaan kamera dan penghambat kilat yang dapat disesuaikan (FD-1) untuk fotografi makro. Dua item ini tidak tahan cuaca.

OM System juga memiliki opsi untuk penyelam serius. PT-059 adalah casing bawah air yang sesuai dan dapat membawa TG-7 hingga kedalaman 45 meter (hampir 150 kaki). Casing ini mendukung banyak aksesori, termasuk kilat eksternal, lensa makro dan ultra-wide, bobot, dan lainnya.

Harga Tough TG-7

OM System telah menetapkan harga TG-7 ini sebesar $549 atau sekitar 8.5 juta rupiah, yang merupakan kenaikan $100 dibandingkan dengan Harga Eceran Tertinggi (MSRP) TG-6 saat diluncurkan. Kamera ini akan tersedia dalam warna merah atau hitam ketika mulai dipasarkan dalam beberapa minggu ke depan.

Table Spesifikasi Tough TG-7

ParameterSpesifikasi
Sensor Gambar12 Megapixel
LensaF2.0-4.9 setara 25-100mm
Kemampuan Video4K/30p
Ketahanan– Tahan Air: 15m (50ft)
– Tahan Banting: 2.1m (6.9 ft)
– Tahan Beku: -10°C (14°F)
– Tahan Tekan: 100kg (220lb)
– Tahan Debu: IP6X
Fitur Terbaru– Pegangan yang lebih ‘grippier’
– Konektor USB-C untuk pengisian daya
– Layar TFT 3″ dengan warna yang lebih akurat
– Mode interval dan time-lapse
– Dukungan untuk remote nirkabel tahan cuaca RM-WR1
– Mode adegan ‘konstruksi’ baru
Harga$549
WarnaMerah atau Hitam
Sistem Sensor Lapangan– GPS, kompas, barometer, dan termometer
– Konektivitas dengan aplikasi O.I.Share

Kesimpulan

OM System Tough TG-7 adalah kamera yang tangguh dan kokoh dengan fitur-fitur canggih. Dirancang untuk tahan air, benturan, suhu rendah, tekanan, dan debu, kamera ini ideal untuk petualangan di luar ruangan. Dilengkapi dengan sistem sensor lapangan, pengguna dapat melacak rute dan melihat data terkait foto-foto mereka.

Dengan banyak aksesori tambahan yang tersedia, kamera ini sangat fleksibel untuk para fotografer dan videografer yang mencari kombinasi antara ketangguhan dan kreativitas. Namun, pertimbangkan baik-baik apakah Anda memerlukan semua fitur dan ketahanan yang ditawarkan oleh TG-7 atau apakah ada alternatif yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Gallery TG-7

FAQs (Pertanyaan Umum)

  1. Apakah OM System akan merilis TG-7 dalam warna lain selain merah dan hitam?
    Sayangnya, saat ini hanya ada dua pilihan warna, yaitu merah dan hitam.
  2. Bagaimana daya tahan baterai TG-7 saat menggunakan GPS secara terus-menerus?
    Penggunaan GPS yang terus-menerus dapat menguras baterai dengan cepat, jadi pastikan untuk membawa charger cadangan jika Anda berencana untuk menggunakannya sepanjang hari.
  3. Apakah aksesori TG-7 tahan cuaca seperti kamera itu sendiri?
    Sebagian besar aksesori TG-7 tahan terhadap elemen, tetapi beberapa seperti cincin cahaya dan penghambat kilat tidak tahan cuaca.
  4. Bagaimana cara mengakses data sensor tanpa mengambil foto?
    Dengan kamera mati, cukup tekan tombol info untuk mengakses data sensor seperti waktu, suhu, kompas, ketinggian, dan koordinat GPS.
  5. Apakah TG-7 dapat digunakan untuk fotografi bawah air tanpa perlu rumah bawah air tambahan?
    Tidak, untuk fotografi bawah air yang serius,
Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami