Monday, April 22, 2024
HomeReview KameraReview Nikon Z8: Perbandingan dan Fitur Unggulnya

Review Nikon Z8: Perbandingan dan Fitur Unggulnya

Review Nikon Z8
Review Nikon Z8

Jika Anda seorang pecinta fotografi atau videografi, Anda mungkin sudah tidak sabar untuk mengetahui tentang perbandingan antara Nikon Z8 dengan Z9, serta fitur-fitur unggul yang ditawarkan oleh kamera terbaru ini. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail mengenai review Nikon Z8, kamera yang pasti akan memukau para fotografer dan videografer.

Fitur Spesifikasi Nikon Z8

Desain dan Dimensi

Nikon Z8 hadir dengan desain yang lebih ringkas daripada Z9, tetapi masih menghadirkan tampilan yang kokoh. Bodynya terbuat dari magnesium alloy dan serat karbon, membuatnya tahan terhadap kondisi cuaca yang ekstrem.

Namun, walaupun sedikit lebih kecil dari Z9, Z8 tetap memiliki bobot yang cukup berat, memberikan kesan solid saat digenggam.

Sensor CMOS Berkualitas Tinggi

Di jantung Nikon Z8 terdapat sensor CMOS beresolusi 45.7MP. Sensor ini memiliki jalur pembacaan paralel, satu untuk gambar atau video, dan yang lainnya untuk menyediakan tampilan melalui viewfinder dengan lag minimal (low-lag sensor).

Hal ini memungkinkan Z8 mencapai tingkat pemotretan 20fps dengan format RAW, serta 30fps dalam mode full-frame, 60fps dalam mode APS-C, dan bahkan 120fps dalam mode JPEG 11MP.

Selain itu, Z8 juga mendukung pemotretan dalam format 10-bit HEIF jika Anda ingin mengambil gambar HDR.

Opsi Pemotretan Pre-Burst

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Nikon Z8 adalah opsi pemotretan pre-burst. Anda dapat mulai mengambil gambar saat tombol shutter ditekan setengah, kemudian merekam hingga satu detik gambar saat tombol shutter ditekan sepenuhnya.

Fitur ini tersedia dalam mode JPEG 30, 60, dan 120fps. Z8 memiliki buffer yang sama dengan Z9, sehingga mampu merekam lebih dari 1000 gambar JPEG atau Raw terkompresi HE* dalam kecepatan 20fps.

Kemampuan Video

Dalam hal video, Nikon Z8 mampu merekam video 8K/30p dalam format ProRes 422 HQ, H.265, atau H.264, serta 8K/60p dalam format N-Raw. Anda juga dapat merekam video 4K hingga 120fps (subsampled) atau menggunakan oversampled footage dari rekaman 8K hingga 60p.

Satu-satunya perbedaan utama dari Z9 dan Z8 adalah bahwa Z8 hanya dapat merekam hingga 90 menit, sedangkan Z9 dapat merekam hingga 125 menit, mungkin karena masalah panas.

Mode Deteksi Subjek Khusus

Z8 memiliki mode deteksi subjek khusus untuk pesawat terbang. Mode ini terpisah dari mode deteksi kendaraan umum, yang meningkatkan akurasi pelacakan subjek. Nikon juga akan membawa fitur ini ke Z9 dalam pembaruan firmware di masa depan.

Selain itu, Nikon juga akan menambahkan mode deteksi burung yang terpisah ke Z8 pada awal tahun 2024.

Baterai Grip Opsional

Bagi pengguna yang khawatir tentang daya tahan baterai EN-EL15c yang mungkin masih terlalu kecil, Nikon akan menyediakan baterai grip opsional yang memungkinkan penggunaan dua baterai EN-EL15s.

Namun, baterai grip ini akan menggantikan baterai internal, sehingga totalnya Anda akan memiliki dua baterai, bukan tiga. Sehingga jika ingin menggunakan baterai internal harus dilepas dulu baterai grip ini.

Perbandingan dengan Pesaing

Dengan harga sekitar USD $4000 (sekitar 63 juta rupiah), Nikon Z8 bersaing langsung dengan Canon EOS R5, dan tidak terlihat buruk dibandingkan dengan pesaingnya. Meskipun spesifikasinya mirip dengan EOS R5, Z8 memiliki keunggulan dalam beberapa aspek, termasuk kecepatan pemotretan yang lebih tinggi, pengalaman melihat melalui viewfinder yang lebih nyata, dan kemampuan autofokus yang sangat baik.

Review Nikon Z8 ini juga menunjukkan ia unggul dalam hal rekaman video dengan waktu rekaman yang lebih lama dan beragam mode dan codec.

Impresi Review Nikon Z8

Pertama-tama, kita harus mengakui bahwa Nikon Z8 adalah kamera yang sangat mengesankan. Z8 menawarkan spesifikasi yang luar biasa tanpa kejutan yang kadang tidak diinginkan, seperti rolling shutter saat menggunakan mode e-shutter atau penurunan kecepatan baca 12-bit saat memotret dalam mode burst. Kamera ini bebas dari masalah-masalah itu.

Nikon Z8 membuktikan bahwa ia dapat melebihi spesifikasinya dengan memberikan pengalaman viewfinder yang responsif, meskipun resolusi panel EVF yang tampaknya biasa-biasa saja.

Namun, walaupun Z8 memiliki kemampuan yang luar biasa dan harga yang sangat bersaing, sayangnya kamera ini dijual USD $700 lebih mahal daripada Nikon D850 saat diluncurkan.

Salah satu hal yang pasti adalah sistem pengenalan subjek Z8 sudah jauh lebih canggih, yang memungkinkan Anda berkonsentrasi pada hal-hal lain. Terutama bagi fotografer pernikahan, fitur ini akan sangat berguna. Tidak perlu memikirkan lagi AF yang gagal.

Kita tidak bisa terlalu berharap ada perbaikan signifikan dalam kualitas gambar dibandingkan dengan kamera-kamera sebelumnya dengan sensor yang satu family. Sensor CMOS Stacked 45.7MP pada Z8 sebenarnya merupakan evolusi dari chip BSI yang ada di D850, jadi perbaikan dalam kualitas gambar kemungkinan besar akan datang dari kemampuan menggunakan lensa Z-mount yang lebih baru.

Kamera ini juga menawarkan sinkronisasi VR antara bodi dan lensa yang dapat memberikan keuntungan hingga 6.0EV stop. Ini membantu menghasilkan lebih banyak detail dalam kondisi berbagai pencahayaan.

Bagi fotografer yang fokus pada subjek seperti hewan atau pernikahan, Nikon Z8 menawarkan kecepatan pemotretan yang lebih tinggi, akurasi yang lebih baik, dan opsi seperti pre-burst untuk mendapatkan momen yang krusial.

Wedding fotografer dan acara yang diharapkan untuk merekam video serta gambar akan menemukan Z8 sebagai alat yang sangat mendukung. Bahkan jika Anda tidak menggunakan mode video paling canggih, Z8 memiliki sejumlah penyempurnaan, seperti port HDMI berukuran penuh dan opsi untuk merekam footage Log 10-bit yang fleksibel secara internal, yang sebelumnya tidak tersedia pada model-model Nikon yang lebih kecil.

Kesimpulannya impresi awal tentang Nikon Z8 adalah bahwa kamera ini sangat mengesankan. Meskipun kemungkinan ada beberapa kekhawatiran mengenai penggunaan format kartu memori yang tidak sesuai dan resolusi viewfinder oleh mereka yang belum menggunakan secara langsung, Z8 tetap merupakan kamera yang sangat powerful.

Kualitas gambar dari Z8 sejauh ini memadai dan mampu bersaing dengan pesaingnya dalam segmen kamera cepat dan beresolusi tinggi. Kemampuan autofocusnya yang cepat dan tajam membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk berbagai situasi pemotretan. Dengan kamera ini, Anda dapat berkonsentrasi pada momen-momen penting dalam fotografi Anda.

Kelebihan Review Nikon Z8

  1. Kualitas Gambar yang Luar Biasa: Z8 memiliki kualitas gambar yang sangat baik dalam hal resolusi dan rentang dinamis.
  2. Autofokus Cepat, Sederhana, dan Efektif: Kamera ini menawarkan sistem autofokus yang cepat dan efektif untuk sebagian besar jenis subjek.
  3. Kecepatan Burst seperti Kamera Pro Terbaru: Kecepatan burst kamera ini setara dengan kamera pro terbaru dalam urusan pemotretan berkecepatan tinggi.
  4. Viewfinder dengan Lag yang Sangat Rendah: Viewfinder Z8 memiliki lag yang sangat rendah, sehingga cocok untuk pemotretan aksi.
  5. Ergonomi yang Matang: Kamera ini dirancang dengan baik, sehingga nyaman digunakan.
  6. Beragam Mode Video dengan Rolling Shutter Terkendali: Nikon Z8 menawarkan berbagai mode video dengan rolling shutter yang terkendali.
  7. Banyak Opsi Alat dan Kodek untuk Videografer: Kamera ini dilengkapi dengan berbagai alat dan pilihan kodek yang memadai untuk videografer.
  8. Port HDMI Berukuran Penuh: Terdapat port HDMI berukuran penuh, memberikan fleksibilitas dalam penggunaan perangkat luar.

Kekurangan

  1. Ukuran Besar dan Berat: Nikon Z8 tergolong besar dan berat jika dibandingkan dengan pesaingnya.
  2. Viewfinder dengan Resolusi yang Relatif Rendah: Resolusi viewfinder kamera ini relatif rendah jika dibandingkan dengan pesaing sekelasnya.
  3. Variabilitas dalam Efektivitas Mode Deteksi Autofokus: Terdapat variasi dalam efektivitas mode deteksi autofocus.
  4. Tampak Mahal Hingga Anda Melihat Seberapa Banyak Anda Dapatkan dari Z9: Harga Z8 mungkin terasa mahal hingga Anda memahami seberapa banyak fitur dari Z9 yang Anda dapatkan.
  5. Pengguna Burung Harus Menunggu Firmware Update Tahun 2024: Fitur deteksi burung yang dibangun dalam mode deteksi hewan mungkin kurang efektif untuk pengguna yang memotret burung.

Table Spesifikasi Nikon Z8

SpesifikasiDetail
SensorCMOS bertumpuk 45,7MP
Kecepatan Foto– RAW Hingga 20fps
– JPEG berukuran penuh 30fps
– Hingga 120fps untuk hasil bidikan 11MP
Fokus OtomatisAF pengenalan subjek dan Pelacakan 3D
Stabilisasi Gambar– Synchro VR, stabilisasi dalam bodi dan dalam lensa
– dengan nilai hingga 6EV
Video– 8K/60p dalam N-Raw
– 4.1K dalam ProRes Raw
– 8K/30p atau upto 4K/60p dari 8K
Pilihan CodecProRes 422 HQ, H265, H.264
Pengambilan GambarN-Log atau HLG
ViewfinderEVF 3,68 juta titik dengan low-lag sensor
LayarLayar 2,1 juta titik pada engsel dua arah
Slot PenyimpananSatu CFexpress Tipe B, Satu slot SD UHS II
PortPort USB-C ganda

Gallery Nikon Z8

Penutup

Nikon Z8 adalah kamera yang patut diperhitungkan bagi para fotografer dan videografer yang mencari kamera berkualitas tinggi dengan fitur-fitur unggul. Dengan sensor CMOS berkualitas tinggi, kemampuan video luar biasa, dan mode deteksi subjek khusus, Z8 menawarkan berbagai fitur yang akan memuaskan para pengguna yang menuntut.

Kami harus memberikan pujian kepada Nikon atas kemampuan menyelaraskan Z8 dengan persaingan yang ada, dan kamera ini tentu akan menjadi pilihan menarik bagi fotografer dan videografer yang mencari kombinasi performa dan kualitas.

Pertanyaan Umum (FAQ)

  1. Apakah Nikon Z8 memiliki fitur anti debu saat mengganti lensa?
    Ya, Nikon Z8 memiliki mekanisme pelindung shutter yang dapat diatur untuk menutup saat kamera dimatikan, mencegah debu masuk saat mengganti lensa.
  2. Bagaimana performa viewfinder Nikon Z8?
    Meskipun spesifikasinya tidak terlalu tinggi, viewfinder Nikon Z8 memberikan pengalaman yang sangat baik dengan lag minimal, sehingga tampilannya terasa nyata.
  3. Berapa lama waktu rekaman video maksimal pada Nikon Z8?
    Nikon Z8 dapat merekam video hingga 90 menit, sedikit lebih pendek daripada Z9.
  4. Apakah Nikon Z8 memiliki mode deteksi subjek khusus untuk pesawat terbang?
    Ya, Nikon Z8 memiliki mode deteksi subjek khusus untuk pesawat terbang, yang meningkatkan akurasi pelacakan.
  5. Apakah baterai grip opsional untuk Nikon Z8 tersedia?
    Ya, Nikon menyediakan baterai grip opsional yang memungkinkan penggunaan dua baterai EN-EL15s, memberikan daya tahan baterai yang lebih baik.
Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami