Monday, April 22, 2024
HomeBerita KameraReview Google Pixel 8 Pro: Ketika Fotografi dan AI Bersatu!

Review Google Pixel 8 Pro: Ketika Fotografi dan AI Bersatu!

Google Pixel 8 Pro telah tiba, dan kali ini, Google membawa sejumlah pembaruan menarik ke dalam ponsel andalannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang Google Pixel 8 Pro, mulai dari spesifikasi hingga desain, serta fitur-fitur canggih yang diusungnya. Mari kita mulai dengan melihat apa yang membuat Google Pixel 8 Pro berbeda.

Spesifikasi Google Pixel 8 Pro

Ketika kita berbicara tentang spesifikasi, Google Pixel 8 Pro menawarkan sejumlah pembaruan yang patut diperhatikan. Layar OLED LTPO 6,7 inci yang lebih cerah, chip sistem Tensor G3 baru, dan “sistem kamera belakang pro-level sepenuhnya yang ditingkatkan” adalah beberapa hal yang menonjol.

Sementara kapasitas baterai hampir sama dengan tahun sebelumnya, kecepatan pengisian telah ditingkatkan dari 23 menjadi 30 watt. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang sering mengandalkan pengisian cepat.

Desain dan Warna Google Pixel 8 Pro

Google mempertahankan bahasa desainnya yang khas pada Google Pixel 8 Pro. Strip kamera di bagian belakang dengan jelas membedakannya dari ponsel merek lain. Dalam kata lain, ponsel terbaru dari Google ini tetap mempertahankan tampilan yang sama seperti pendahulunya, Pixel 7 Pro.

Salah satu perbedaan minor adalah peralihan ke lapisan mat di bagian belakang Gorilla Glass Victus 2 yang tidak berbingkai. Ini dipadukan dengan bingkai yang disesuaikan dengan warna yang terbuat dari aluminium daur ulang 100%. Pixel 8 Pro lebih ringan daripada pesaing seperti iPhone 15 Pro Max atau Galaxy S23 Ultra.

Anda memiliki tiga pilihan warna untuk Pixel 8 Pro: Bay – biru muda yang ceria, Porcelain – warna beige yang ringan yang sudah kita kenal dari Pixel Tablet, dan Obsidian – warna yang paling mendekati hitam tahun ini.

Fitur Unik Google Pixel 8 Pro

Google telah menyematkan beberapa fitur unik pada Pixel 8 Pro yang patut diperhatikan. Salah satu yang paling menarik adalah termometer inframerah yang terletak di bagian belakang ponsel, tepat di bawah lampu LED. Termometer ini dapat mengukur suhu benda dari jarak sekitar 5 cm atau 2 inci.

Ponsel ini juga tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68, mirip dengan sebagian besar ponsel di kelasnya. Jika ponsel ini rusak, Google telah bermitra dengan iFixit untuk menyediakan suku cadang, alat, dan panduan kepada siapa pun yang ingin memperbaiki Pixel 8 Pro mereka sendiri.

Kamera Google Pixel 8 Pro

Kamera selalu menjadi salah satu keunggulan ponsel Pixel, dan Pixel 8 Pro tidak terkecuali. Kamera utama 50MP yang sama seperti tahun lalu, tetapi dengan sensitivitas cahaya 21% lebih baik, fokus cahaya rendah yang lebih cepat, dan teknologi Dual Exposure untuk meningkatkan video yang diambil dalam situasi yang lebih sulit.

Kamera ultrawide 48MP mengumpulkan cahaya 105% lebih banyak dan fokus 30% lebih dekat untuk pengambilan gambar Macro Focus yang lebih baik. Lensa telefoto 48MP mendapatkan peningkatan sensitivitas cahaya sebesar 56% dan memberikan zoom optik 5x. Sensor pemotongan zoom kualitas optik 10x juga menjadi pilihan. Kamera selfie 10,5MP kini dilengkapi dengan autofokus, yang sangat bagus.

Namun, yang benar-benar menarik adalah inklusi fitur pengeditan gambar dan video yang ditenagai oleh kecerdasan buatan seperti Magic Editor, Best Take, dan Audio Magic Eraser. Semua fitur ini akan tersedia pada Pixel 8 Pro ketika diluncurkan nanti pada bulan Oktober. Kemudian pada bulan Desember, Google akan merilis pembaruan yang akan menambahkan Zoom Enhance dan Video Boost dengan Night Sight.

  • Magic Editor: Fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan generatif untuk mengedit gambar secara tingkat lanjut. Anda dapat memindahkan, mengubah ukuran, atau menghapus objek atau orang dalam gambar. Mengganti langit juga menjadi pilihan jika Anda merasa demikian.
  • Best Take: Ini adalah fitur yang dirancang khusus untuk pengambilan foto grup, dengan tujuan mendapatkan foto di mana semua orang terlihat sempurna. Untuk berhasil, Anda memerlukan beberapa pengambilan dari adegan yang sama. Best Take kemudian menganalisis semua pengambilan yang tersedia dan memungkinkan Anda mengganti wajah apa pun dengan wajah dari bingkai yang berbeda.
  • Audio Magic Eraser: Fitur ini memisahkan berbagai jenis suara, seperti kebisingan, musik, dan bicara. Anda dapat mengatur volume masing-masing secara individu.
  • Zoom Enhance: Hadir pada bulan Desember 2023, fitur ini memberikan peningkatan zoom yang biasanya Anda lihat dalam film. Ini secara cerdas mempertajam detail dalam gambar menggunakan kecerdasan buatan generatif.
  • Video Boost: Juga dijadwalkan untuk diluncurkan pada bulan Desember 2023, ini adalah jenis pemrosesan video baru dari Google. Jika diaktifkan, ini akan mengunggah video Anda ke server Google untuk diproses. Kami tidak yakin berapa lama proses optimasi ini akan memakan waktu, tetapi hasilnya seharusnya adalah kisaran dinamis yang lebih baik, warna, dan detail dalam kondisi cahaya apa pun. Menggunakan Video Boost dalam cahaya rendah juga mengaktifkan Night Sight untuk Video agar video cahaya rendah menjadi lebih terang dan jelas.

Kinerja Google Pixel 8 Pro

Ada chip Tensor G3 baru di dalam Pixel 8 Pro, dipadukan dengan 12GB RAM. Chip Tensor selalu lebih dikenal dengan kecepatan pemrosesan mentah yang biasanya kalah dengan Snapdragon terbaik dari Qualcomm dan chip seri A dari Apple.

Tetapi seri Tensor dioptimalkan untuk melakukan tugas-tugas kecerdasan buatan lebih cepat, dan dengan Tensor G3, Google bertujuan untuk membawa lebih banyak komputasi kecerdasan buatan yang diperlukan di perangkat, termasuk kecerdasan buatan generatif, daripada mengandalkan komputasi di cloud.

Chip ini juga dilengkapi dengan generasi terbaru dari CPU ARM, GPU yang ditingkatkan, dan ISP serta DSP Gambar yang baru.

Layar Google Pixel 8

Layar Pixel 8 Pro mengesankan dengan sebutan “Super Actua Display”. Ini adalah nama mewah untuk layar OLED LTPO 6,7 inci yang dimiliki oleh Pixel 8 Pro. Layar ini mendukung refresh rate variabel 1-120Hz, sementara kecerahan 1600 nits HDR/2400 puncak memungkinkannya menampilkan gambar Ultra HDR bahkan di bawah sinar matahari langsung.

Di bawah layar terdapat pembaca sidik jari yang, sekali lagi, tidak dapat saya uji selama waktu singkat bersama dengan Pixel 8 Pro. Namun, saya berharap ini lebih cepat dan lebih andal daripada yang ada di model Pixel sebelumnya. Pengenalan wajah juga tersedia.

Termometer Google Pixel 8 Pro

Ini adalah ciri yang unik, tetapi mungkin memiliki kegunaan tertentu dalam beberapa situasi. Di bagian belakang Pixel 8 Pro, tepat di bawah lampu kilat LED, terdapat termometer inframerah. Ini dapat mengukur suhu benda dari jarak sekitar 5 cm atau 2 inci.

Sensor ini bekerja paling baik dalam rentang -20 C hingga 150 C (-5F hingga 302F) dan mencapai puncak pada 200C (392F). Hal ini cocok untuk memeriksa suhu permukaan, makanan, atau minuman, meskipun penting untuk memilih pengaturan jenis objek yang tepat untuk mendapatkan pembacaan yang akurat.

Pengukuran suhu tubuh belum menjadi pilihan saat ini – persetujuan FDA yang tertunda diperkirakan akan memungkinkan hal itu.

Versi Android Google Pixel 8 Pro

Android 14 adalah yang paling baru dalam permainan ini dengan Pixel 8 Pro. Rilis Android terbaru membawa sejumlah fitur baru dan menarik, termasuk lebih banyak opsi penyesuaian dan dukungan untuk foto Ultra HDR.

  • Wallpaper Kecerdasan Buatan Generatif: Fitur ini menggambar wallpaper yang sepenuhnya baru dan unik mengikuti sejumlah instruksi teks. Tidak ada keterampilan seni yang diperlukan! Sayangnya, Anda tidak memiliki kebebasan sepenuhnya. Ada jumlah terbatas dari adegan, gaya, objek, dan bahan yang dapat Anda campur, dan masukan teks tidak dapat berbentuk bebas. Namun, ini cukup menyenangkan untuk dimainkan.
  • Foto Ultra HDR: Dengan memanfaatkan kemampuan HDR dari ponsel saat ini, foto Ultra HDR berisi informasi ekstra yang memungkinkan sorotan yang lebih terang dan realistis ditampilkan. Gambar seharusnya muncul seperti JPG reguler pada perangkat yang mungkin tidak dapat menampilkan data tambahan dengan baik, yang menjaga kompatibilitas yang luas.

Dukungan Android Google Pixel 8 Pro

Google berjanji akan mendukung seri Pixel 8 selama 7 tahun ke depan, sebuah angka yang memimpin industri dan lompatan besar dari 3-5 tahun yang biasanya dijanjikan. Ini berarti Pixel 8 Pro akan menerima pembaruan sistem operasi Android, patch keamanan, dan pembaruan fitur sepanjang tahun 2030. Kami berharap semua produsen ponsel Android lainnya akan memperhatikan dan mengikuti jejak ini.

Baterai Google Pixel 8 Pro

Google mengatakan Pixel 8 Pro dapat bertahan lebih dari 24 jam antara pengisian – tidak buruk, tetapi tidak luar biasa mengingat kapasitas baterai 5050mAh ponsel. Kapasitasnya hampir identik dengan yang ditawarkan oleh ponsel Android kelas atas lainnya, termasuk Galaxy S23 Ultra dan Pixel 7 Pro tahun lalu.

Mengaktifkan Extreme Battery Saver meningkatkan jumlahnya hingga 72 jam, tetapi mode ini mengurangi kinerja dan fungsionalitas ponsel, jadi gunakan hanya jika Anda benar-benar perlu. Kecepatan pengisian juga telah ditingkatkan, setidaknya dalam teori. Pixel 8 Pro mengisi daya hingga 30W – peningkatan dari 23W pada Pixel 7 Pro.

Secara praktis, Google mengatakan 8 Pro dapat mencapai dari 1 hingga 50% dalam sekitar 30 menit, yang membingungkan ketika materi pemasaran untuk Pixel 7 Pro mengklaim hal yang sama. Sebuah kabel pengisian disertakan dalam kotak, tetapi tidak ada charger yang disertakan.

Pengisian nirkabel mencapai 23W, tetapi hanya ketika Pixel 8 Pro dipasangkan dengan Google Pixel Stand (generasi kedua). Anda akan mendapatkan hingga 12W dengan pengisi daya Qi yang mendukung EPP (Profil Daya Diperpanjang). Seperti yang diharapkan, pengisian nirkabel terbalik juga tersedia.

Kompetitor dan Harapan Google Pixel 8 Pro

Dengan ukuran layar yang besar, sejumlah fitur kamera yang luas, dan harga awal $999, Pixel 8 Pro bersaing dengan pesaing seperti Galaxy S23 Ultra dan iPhone 15 Pro Max. Kedua ponsel ini bagus dengan basis penggemar yang setia, jadi menarik pembeli untuk bergabung dengan tim Google bisa menjadi tantangan yang cukup besar.

Namun, ponsel terbaik Google ini menawarkan serangkaian fitur, spesifikasi, dan tambahan eksklusif yang mengesankan dengan harga yang kompetitif. Ini berada dalam posisi yang baik untuk berakhir di keranjang belanja banyak pembeli musim liburan ini – selama tidak ada gangguan perangkat lunak atau masalah perangkat keras yang merusak peluncuran ponsel Pixel terbaru ini.

Tentu saja, masih terlalu dini untuk memberikan penilaian akhir, tetapi semua hal yang dipertimbangkan, Pixel 8 Pro terlihat seperti ponsel Android yang solid dengan sejumlah kualitas unik yang bisa menarik perhatian siapa saja yang sudah memasuki ekosistem Google atau mencari sesuatu yang berbeda.

Harga

Ada empat pilihan penyimpanan Pixel 8 Pro yang bisa Anda pilih. Model dasar 128GB mungkin yang paling murah, dengan harga $999, tetapi kami akan merekomendasikan untuk mengeluarkan tambahan $60 dan mendapatkan varian 256GB. Opsi 512GB dan 1TB juga tersedia dengan harga masing-masing $1179 dan $1399.

Gallery

Table Spesifikasi Pixel 8 Pro

SpesifikasiDetail
LayarOLED 6.7 inci dengan refresh rate variabel 1-120Hz, kecerahan 1600 nits HDR/2400 peak
ChipsetTensor G3 dengan CPU ARM, GPU ditingkatkan, ISP, dan DSP Gambar baru
Penyimpanan128GB (model dasar), 256GB, 512GB, dan 1TB
Kamera Utama50MP dengan peningkatan sensitivitas cahaya 21%, fokus cepat dalam cahaya rendah, dan Dual Exposure tech
Kamera Ultrawide48MP dengan peningkatan sensitivitas cahaya 56% dan fokus lebih dekat untuk foto Macro Focus
Kamera Telefoto48MP dengan peningkatan sensitivitas cahaya 56%, zoom optik 5x, dan sensor-crop zoom optik 10x
Kamera Selfie10.5MP dengan autofocus
Fitur Kamera AIMagic Editor, Best Take, Audio Magic Eraser, Zoom Enhance, Video Boost
TermometerInframerah untuk mengukur suhu benda
Sistem OperasiAndroid 14 dengan dukungan selama 7 tahun
Baterai5050mAh dengan pengisian cepat 30W
Tahan Air dan DebuIP68 (kedalaman 1,5 meter selama 30 menit)
Pengisian NirkabelHingga 23W dengan Google Pixel Stand (gen 2), Hingga 12W dengan pengisi daya Qi EPP
Warna PilihanBay, Porcelain, Obsidian

Kesimpulan

Google Pixel 8 Pro membawa sejumlah pembaruan yang menarik, mulai dari spesifikasi yang ditingkatkan hingga fitur-fitur unik seperti termometer inframerah dan pengeditan gambar AI. Dengan dukungan Android yang diperpanjang hingga 7 tahun, ponsel ini menjanjikan pengalaman Android yang berkelanjutan.

Meskipun memiliki pesaing tangguh, Pixel 8 Pro memiliki potensi untuk menjadi salah satu pilihan teratas di pasar ponsel. Jika Anda mencari ponsel Android yang penuh fitur dengan harga yang wajar, Google Pixel 8 Pro adalah nilai yang patut dipertimbangkan.

FAQ

  1. Berapa harga awal Google Pixel 8 Pro?
    Google Pixel 8 Pro memiliki harga awal $999.
  2. Apakah Pixel 8 Pro tahan air?
    Ya, Pixel 8 Pro memiliki sertifikasi IP68, yang berarti tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.
  3. Apa yang membuat layar Pixel 8 Pro istimewa?
    Layar Pixel 8 Pro mendukung refresh rate variabel 1-120Hz dan memiliki kecerahan 1600 nits HDR/2400 puncak, memungkinkan tampilan gambar Ultra HDR yang cerah bahkan di bawah sinar matahari langsung.
  4. Apa yang membuat kamera Pixel 8 Pro istimewa?
    Pixel 8 Pro dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Magic Editor, Best Take, dan Audio Magic Eraser yang ditenagai oleh kecerdasan buatan. Ini memungkinkan pengeditan gambar dan video yang tingkat lanjut.
  5. Berapa lama dukungan Android untuk Pixel 8 Pro?
    Google berjanji akan mendukung seri Pixel 8 selama 7 tahun ke depan, termasuk pembaruan sistem operasi Android, patch keamanan, dan pembaruan fitur hingga tahun 2030.
Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami