Ini Cara Agar Android Tidak Lemot yang Perlu Kita Diketahui

Ini Cara Agar Android Tidak Lemot yang Perlu Kita Diketahui

Image Credit : Flickr

Image Credit : Flickr

Cara agar android tidak lemot merupakan salah satu bagian bahasan yang dicari banyak orang sebagai pengguna handphone android. Perihal tersebut memang kadang kalanya membuat kita sebagai pemakai terasa menyulitkan dan menghambat aktifitas di handphone. Beberapa tips sederhana hadir untuk Anda untuk mengatasi masalah android yang lemot, tetapi sebelum itu Anda harus memperhatikan indikasi apa yang menyebabkan aplikasi pada handphone Anda menjadi lemot.

Indikasi yang membuat android pada handphone Anda lemot

Sebelum kepada penyelesaian, sebaiknya Anda lakukan beberapa indikasi terlebih dahulu agar terdeteksi permasalahan tersebut ada di bagian mana yang menyebabkan android menjadi lemot.

  • Periksa pada bagian setelan (setting) handphone Anda kemudian cari bagan mengenai aplikasi kemudian periksa apakah memory Anda sudah terlalu banyak yang sudah terpakai atau tidak. Karena hal ini adalah salah satu penyebab android menjadi lemot.
  • Kemudian cek pada bagian gallery Anda, apakah sudah terlalu banyak foto, gambar, ataupun video sehingga penyebab tersebut berasal pada bagian gallery.
  • Periksa bagian media sosial yang Anda miliki di handphone pada bagian aplikasi settingan, disana Anda akan melihat tulisan cache dan bisa diprediksi hal tersebut penyebab lemot pada android, karena rata-rata dari kebiasaan utama selain terlalu banyak penggunaan aplikasi yang memenuhi memory, cache merupakan salah satu faktor yang menjadikan android menjadi lemot. Cache ini terjadi dikarenakan seringnya Anda menggunakan fasilitas suatu aplikasi sehingga memenuhi memory bukan dari banyaknya foto atau video melainkan dari cache yang telah Anda gunakan.

Solusi untuk menyelesaikan masalah lemot pada android handphone Anda

Jika Anda sudah mendapatkan indikasi tersebut maka solusinya adalah sebagai berikut ini:

  1. Download aplikasi yang membantu untuk mempercepat akselerasi android Anda, banyak sekali pilihannya, tergantung Anda mau memilih yang mana. Hal ini sangat membantu untuk mengatasi masalah cache pada handphone Anda sehingga ketika terdeteksi, aplikasi ini akan menampilkan total cache pada android kemudian bertanya apakah akan di hapus atau tidak. Jika ingin selesai masalahnya segera tekan “ya”
  2. Jika permasalahan terdapat pada galerry sebaiknya Anda masukkan data yang terdapat pada handphone ke suatu memory tertentu yang bisa disimpan dengan baik kemudian setelah dipindahkan sebaiknya Anda menghapus bagian galerry pada handphone dan lihatlah pergerakkan androidnya, pasti akan lebih baik dan cepat seperti sedia kala.
  3. Jika Anda ingin mengatasi masalah yang lebih simple, Anda bisa melakukan sebuah settingan “reset ulang” hal ini akan membawa kepada handphone kembali kepada awal Anda membeli handphone tersebut. Memang lebih mudah tetapi sayangnya semua aplikasi yang telah Anda download dan gunakan, serta pendataan akan hilang semua. Tetapi hal ini bisa di kondisikan dengan cara memindahkan dahulu pendataan Anda ke tempat lain seperti memory ataupun komputer dan laptop lalu Anda bisa lakukan reset ulang tanpa harus kehilangan data minimal foto dan dokumen lainnya.
  4. Download beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mempercepat kinerja android dan selalu udgrade software semua aplikasi sehingga kecepatan akan terus stabil. Perihal ini sangat banyak di bagian playstore karena banyak sekali yang telah membuat program terebut guna untuk menyelesaikan permasalahan pada android pada handphone Anda.

Demikian ulasan singkat mengenai cara agar android tidak lemot, semoga menjadi informasi yang berguna dan manfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *