Tahun 2014 Olympus Makin Seriusi Kamera Mirrorless OMD

Mr Yukihiko dari Olympus Imaging Development Division

Mr Yukihiko dari Olympus Imaging Development Division

Mr Yukihiko dari Olympus Imaging Development Division dalam satu kesempatan diwawancarai oleh DC.watch dan mengungkapkan cukup banyak hal. Ada beberapa hal yang menarik, termasuk gambaran pasar kamera mirrorless saat ini dan juga apa yang akan dikembangkan Olympus di masa depan.

Dalam sebuah studi pasar kamera di seluruh dunia, kamera DSLR dan kamera Mirrorless mengalamami penurunan penjualan sebesar 15%. Tetapi sistem kamera mirrorless sendiri tetap expand, ada perluasan market. Secara total dari semua merk, penjualan tumbuh baik untuk lensa dan maupun kamera.

Dari jajaran produk Olympus, ternyata kelas level menengah (mid-end) dari seri PEN tidak terjual seperti yang ditargetkan di pasar Amerika Serikat dan Eropa, tapi E-M5 dijual sangat baik di Eropa. Tetapi seri PEN dan OMD tetap terjual dengan sangat baik di negara-negara Asia. Memang daerah Amerika terutama Amerika Utara terkesan sangat anti dengan kamera mirrorless, di daerah tersebut kamera DSLR masih sangat merajai, ini tentu menjadi PR bagi pabrikan yang fokus di mirrorless.

Berdasarkan data itu, Manajer Yukihiko yakin bahwa E-M1 akan menjual lebih baik di Uni Eropa dan AS dibandingkan kamera MFT sebelumnya dari seri PEN. Sehingga fokus Olympus di masa depan adalah pada pengembangan produk kamera mirrorless OMD. Dari rumor sebelumnya, perhatikan, ada banyak pembicaraan tentang OMD dan tidak ada sama sekali yang  berbicara tentang PEN. Ini mungkin bukti marketing Olympus bertaruh pada kamera OMD (dan kurang pada PEN) untuk meningkatkan penjualan mereka pada tahun 2014.

Leave a Reply