Nikon Anggap Trend Kamera Mirrorless Retro Lebay

large_nikon

Ini adalah pendapat Nikon terbaru tentang tren kamera mirrorless dengan desain klasik dan sensor besar adalah trend sesaat dan terlalu dilebih-lebihkan atau kalau bahasa kita adalah lebay.

Dalam sebuah wawancara, Nikon Manager Mr Nobuaki Sasakaki mengatakan kepada DC.watch bahwa secara umum mereka tetap membela sistem Nikon 1 mereka. Mereka terus mengatakan bahwa ukuran sensor yang besar di kamera mirrorless tidak terlalu penting. Dan dia juga mengatakan bahwa desain tren klasik kamera mirrorless dari produsen lain tidak lebih dari trend sesaat.

Kita tentu dapat memahami hal ini dengan mudah, karena memang banyak pernyataan dari Nikon bahwa mereka akan tetap fokus di pasar DSLR. Dan pernyataan di atas di penghujung 2013 ini tentu akan membawa konsekuensi logis bahwa Nikon sepertinya tidak akan banyak mengeluarkan produk mirrorless di 2014.

Saya pribadi menganggap Nikon akan semakin kehilangan momentum jika mereka tetap underestimate pasar mirrorless. Sebuah risiko yang terlalu tinggi untuk sebuah perusahaan yang menghasilkan sebagian besar uang mereka dari pasar fotografi digital! Seharusnya Nikon bisa belajar dari RIM/Blackberry bagaimana dampaknya jika terlambat mengantisipasi pasar smartphone, atau belajar dari kecepatan Google dalam merespon Apple sehingga melahirkan Android yang mampu  mendominasi. Tapi kita tidak akan pernah tahu sampai beberapa tahun kedepan.

Leave a Reply