Cara Membersihkan Layar HP dan Tips Merawatnya

Cara Membersihkan Layar HP dan Tips Merawatnya

Bagaimana cara membersihkan layar HP dan merawatnya ? Handphone dengan layar sentuh memang sangat rentan terhadap kotoran, itu karena layar tersebut telah menjadi pusat untuk berbagai aktifitas yang dilakukan di ponsel tersebut, Anda menekannya, menyentuhnya, dll.

Jika tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin layar akan makin terlihat kusam dan tidak sedap dipandang, bahkan mungkin Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi tertentu, karena terhalang oleh kotoran yang ada. Untuk itu sebaiknya selalu bersihkan ponsel Anda agar penampilan ponsel tersebut kembali baik.

Tips atau Cara Membersihkan Layar HP

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk membersihkan sebuah handphone.

1. Matikan layar

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membersihkan layar ponsel adalah dengan mematikan handphone tersebut, hal ini baik, agar tidak ada aplikasi yang jalan secara tidak sengaja karena tersentuh ketika layar dibersihkan, atau agar tidak ada air pembersih yang masuk saat handphone menyala. Selain itu, hal ini juga akan membuat Anda dapat melihat dengan detail, berbagai macam kotoran yang melekat pada ponsel terebut.

2. Siapkan air bersih

Berikutnya yang harus Anda siapkan adalah air bersih, Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih kaca jendela atau kaca mata, untuk membersihkan layar HP terebut. Hindari menggunakan cairan pembersih lainnya yang tidak diperuntukkan untuk perangkat gadget atau elektronik, guna menghindari berbagai macam hal yang dapat merusak layar itu sendiri.

3. Cari lap yang baik

Berikutnya adalah cari lap yang baik, sebaiknya gunakan lap dari bahan microfiber, bahan seperti ini lembut dan pastinya tidak akan menggores layar HP Anda. Jika Anda tidak memilikinya tidak ada salahnya jika menggunakan kain handuk atau kain katun, karena kedua bahan ini sama lembutnya dan dapat membersihkan layar ponsel dengan baik.

Cara membersihkannya juga mudah, setelah layar ponsel dimatikan, Anda dapt mencelupkan kain pembersih ke dalam cairan pembersih, dan bersihkan dengan menggosok layar. Setelah dirasa bersih, gunakan lap yang kering dari bahan yang sama untuk mengeringkan layar handphonetersebut. Dengan demikian layar handphone akan konclong dan akan membuat Anda nyaman menggunakannya.

Tips menjaga ponsel tetap bersih

Ada juga tips untuk menjaga agar layar ponsel tetap bersih dan juga mulus, caranya adalah dengan :

1. Menggunakan antigores

Untuk dapat menjaga layar ponsel dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakan anti gores untuk membuat layar tidak mudah tergores. Saat ini ada beberapa handphone yang langsung menggunakan anti gores namun ada juga beberapa yang tidak menggunakan lapisan anti gores, sehingga membuat Anda harus membeli secara terpisah lapisan anti gores.

2. Selalu menjaga kebersihan tangan

Anda juga harus selalu menjaga kebersihan tangan ketika menggunakan ponsel. Jika tangan Anda dalam kondisi kotor, sebaiknya cuci tangan dan lap agar kering, setelah itu Anda dapat menggunakan ponsel terebut.

Tangan yang kotor, akan membuat layar kotor karena noda-noda yang menempel, ini juga yang membuat daya tampil layar kurang maksimal, dan Anda pun pasti tidak akan nyaman menggunakannya untuk berbagai aktifitas mobile.

3. Simpan ponsel di tempat yang semestinya

Berikutnya adalah simpan ponsel di tempat yang benar. Sediakan sebuah tempat untuk menyimpan ponsel agar tidak mudah kena kotoran dan tidak mudah terkena benda lainnya yang dapat merusak ponsel itu sendiri. Paling mudah adalah di lemari dengan lokasi yang tinggi yang jauh dari jangkauan anak-anak.

Dengan merawat layar ponsel, diharapkan akan membuat ponsel tergaja dengan baik, dan Anda dapat menggunakan berbagai  macam aplikasi dengan lebih leluasa. Seperti diketahui layar handphone adalah sarana utama bahkan satu-satunya untuk menggunakan berbagai macam aplikasi yang ada di handphone itu sendiri. Demikian ulasan mengenai cara membersihkan layar HP, semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *