Ini 5 Kamera Terbaik 2015 Kategori DSLR dan Mirrorless Seharga 7 – 11 Juta

Sony A6000, Panasonic G7, Olympus E-M10 II, Fujifilm X-T10, Canon 100D (Depan)

Sony A6000, Panasonic G7, Olympus E-M10 II, Fujifilm X-T10, Canon 100D (Depan)

Sony A6000, Panasonic G7, Olympus E-M10 II, Fujifilm X-T10, Canon 100D (Belakang)

Sony A6000, Panasonic G7, Olympus E-M10 II, Fujifilm X-T10, Canon 100D (Belakang)

Melanjutkan pilihan 5 kamera terbaik 2015 kategori DSLR dan mirrorless kali ini akan membahas yang kisaran 7 juta sampai dengan 11 juta Rupiah. Harapannya bisa jadi panduan terbaik untuk memilih kamera idaman dengan budget yang pas.

Review ini berdasar DPReview.com sehingga dijamin hasilnya akurat. Kami mencoba menyajikan kesimpulan akhirnya dan perbandingan harganya agar lebih mudah untuk memutuskan. Kategori ini masuk level menengah kebawah, antara entry-level pemula dan menenngah ke atas.

5 Kamera Terbaik 2015 DSLR – Mirrorless Harga 7 – 11 Juta

Kamera DSLR dan mirrorless dijadikan satu karena memiliki kesamaan lensa yang dapat diganti-ganti dan kontrol manual yang cukup banyak. Lima buah kamera DSLR dan mirrorless pilihan tersebut adalah

  1. Sony A6000
  2. Panasonic Lumix G7
  3. Olympus E-M10 II
  4. Fujifilm X-E2
  5. Canon 100D

Sony A6000 Terbaik Keseluruhan

Harga Sony A6000, Image Credit: Sony

Harga Sony A6000, Image Credit: Sony

PRESS RELEASE A6000

Secara keseluruhan A6000 adalah yang terbaik dikelasnya. Sejalan dengan itu, kinerja AF juga menjadi salah satu yang terbaik, kualitas hasil foto yang sangat baik, kualitas video yang solid dengan fitur AF tanpa masalah hunting, EVF cukup bagus kendati resolusi lebih rendah dari NEX-6, kesemuanya dikemas ke dalam bodi yang kompak dan menarik bagi antusias.

Meski lensa kit zoom tidak begitu mengesankan, daya tariknya berasal dari kemampuannya di segala aspek dengan nilai di atas rata-rata. Jika Anda ingin melacak anak yang aktif bergerak tak menentu, dengan kemampuasn 11fps,  A6000 bisa dipasangkan dengan lensa prime cepat.

Jika Anda memaksimalkan skill untuk kategori fotografi yang lebih luas, misalnya foto burung, sport dan action, A6000 dilengkapi lensa yang tepat dengan mudah menjadi kamera yang dapat diatur secara maksimal menggunakan kontrol manual.

Atau bahkan jika Anda hanya ingin menjadikannya kamera traveling, A6000 sangat ringan tidak memberatkan. Fitur Wi-Fi dan NFC membantu untuk komunikasi/transfer foto ke perangkat lain.

Sedikit kekurangan adalah kamera ini terbuat dari material plastik jadi tidak tahan banting. LCD juga tidak touchscreen seperti pesaing terdekatnya, Lumix G7.

LAZADA


 

Panasonic Lumix G7 Terbaik untuk Video

Panasonic Lumix G7, Image Credit : Panasonic

Panasonic Lumix G7, Image Credit : Panasonic

PRESS RELEASE G7

Panasonic G7 adalah salah satu yang paling mudah digunakan, sangat ergonomis, dengan kemampuan video 4K yang masih jarang dimiliki dikelasnya. Kualitas hasil foto sangat baik dan kinerja AF yang instan berkat teknologi Depth-from-Defocus, dengan fitur-fitur yang mudah digunakan seperti deteksi wajah, dan pelacakan obyek foto bergerak.

Kamera G7 dilengkap EVF dengan resolusi tinggi dan responsif, membuat proses pengambilan foto sangat menyenangkan, detail seperti optical, penuh informasi dan hasil yang didapat mendekati seperti yang dibidik. Kontrol manual yang disediakan sangat lengkap dengan twin-control dial.

Apakah Anda seorang fotografer pemula, atau pembuat film (videografer) pemula, Lumix G7 menawarkan tools yang sangat banyak dan fitur yang membantu untuk mendapatkan rekaman foto/video terbaik. Tidak seperti Samsung NX500, satu-satunya kamera lain berkemampuan 4K di harga yang sama, ada sedikit crop factor pada hasil rekaman G7.

Kekurangannya  adalah tidak adanya jack headphone sebagai aksesoris tambahan untuk merekam video, juga sedikit isu pada shutter mekaniknya yang menimbulkan vibrasi pada 1/100s.


 

Olympus E-M10 II Fitur yang Solid

Kamera Olympus E-M10 Mark II, Image Credit : Olympus

Kamera Olympus E-M10 Mark II, Image Credit : Olympus

PRESS RELEAS E-M10 II

Olympus E-M10 II adalah kamera yang bagus disemua aspek, dengan fitur-fitur canggih dan solid. Inti dari daya tariknya berasal dari banyaknya manual kontrol (twin dial control), jendela bidik yang baik dan hasil foto JPEG yang sangat baik, yang membuatnya (bersama dengan Fujifilm X-T10) menjadi kamera yang benar-benar memuaskan untuk setiap fotografer antusias.

Fitur lain yang juga sangat memuaskan adalah AF yang makin cepat dan 5-axis image stabilization baik untuk foto maupun video yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik-bulat dari Fujifilm. Dan fitur bantuan fokus sangat membantu dalam fotografi makro dan landscape.

Kekurangannya adalah sistem menu yang kurang user-frendly dan lag pada saat mengambil foto dengan mode burst.

LAZADA


 

Fujifilm X-T10 Retro dan Modern

 

Fujifilm X-T10 Black Silver

Fujifilm X-T10 Black Silver

PRESS RELEASE X-T10

Kamera ini selevel dengan E-M10, memiliki ergonomik yang sangat baik sehingga enak digunakan. Hasil foto dengan kualitas sangat baik dan EVF dengan resolusi tinggi. Desainn retronya membuatnya tampak elegan dan sangat disukasi dikalangan fotografer antuasis.

Meski tidak weather-sealed seperti X-T1, bodi kamera ini sangat solid dan ringan dengan segudang manual kontrol yang dapat di-custom fungsinya. Sistem AF cukup cepat dan bisa diandalkan untuk sebagian besar kondisi saat pemotretan.

Kekurangannya adalah resolusi hanya 16MP, kualitas video yang standar, tidak ada fitur touchscreen pada layar LCD-nya dan AF tracking yang kurang bisa diandalkan.

LAZADA


 

Canon 100D DSLR Terkompak

Kamera Terbaru Canon EOS 100D, Image Credit CNET

PRESS RELEASE 100D

Canon 100D merupakan DSLR terkecil di pasaran saat ini. Ukurannya mampu menyamai kamera mirrorless sehingga cukup ringan dan mudah dibawa kemana-mana dibandingkan DSLR lainnya. Kamera ini dilengkapi LCD layar sentuh, optical viewfinder yang secara umum dirasa lebih responsif dibandingkan dengan EVF kamera-kamera mirrorless.

Kekurangannya adalah kemampuan AF terbatas, terutama untuk obyek yang bergerak. Agar mengeherankan juga karena biasanya DSLR cukup baik di AF tracking. Sayang LCD tidak bisa diputar, kontrol dial cuma sat dan tidak ada fitur Wi-Fi.

LAZADA


 


Lazada Indonesia

5 Comments

  1. Ahmad

    11 Desember 2015 at 7:21 am

    Ada toh “DSLR mirrorlesss”? Barangkali yang dimaksud Bung RK aadalah “DSLR dan mirrorless”? :)

    • rumorkamera

      11 Desember 2015 at 8:34 am

      @ahmad : wah benar juga, sudah diperbaiki. thanks!

  2. Tasyaindah

    29 Juli 2016 at 5:27 pm

    Hallo aku pemula atau lebih enak disebut orang awam kamera, yang umumnya pakai kamera hp..
    akhir akhir ini tertarik banget sama kamera untuk dokumentasi video maupun foto momment2 keluarga tentunya pingin hasil bagus tanpa harus diedit sana-sini..
    banyak di instagram berjamur Fujifilm Xa-2, tapi nonton banyak review di youtube kalau kwalitasnya gak sebaik kepopularitasannya di Indonesia sekarang..
    mohon pencerahannya dengan budget sekitar 6-7 juta rupiah, kamera apa yang sesuai ?

  3. Pingback: 5 Kamera Terbaik DSLR – Mirrorless Harga 7 – 11 Juta - GARUDA GADGET

  4. Pingback: 5 Kamera Terbaik DSLR – Mirrorless Harga 7 – 11 Juta - GARUDA GADGET (Toko Jual Beli Laptop dan Kamera di Kota Malang)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *