web stats

Perbandingan Kamera Sony RX1 Dan Leica M, Dua Kamera Bersensor Full Frame

Kami tidak sedang mengobarkan perang antar merk .. cuman ingin menunjukkan perbandingan kamera mahal dengan spesifikasi dan keunikan masing-masing dan range harga yang jauh berbeda (dan jauh juga dari jangkauan kita hehe) .. ternyata memiliki hasil yang cukup signifikan berbanding terbalik terhadap harga. Test dilakukan oleh lab DxOMark.

Bagi yang belum tahu kamera apaan sih itu Sony RX1 dan Leica M kok jarang terdengar. Kamera ini harganya ribuan dollar, jelas kelasnnya adalah niche buat orang-orang yang bingung ngabisin duit. Sony RX1 adalah kamera kompak pertama (fixed, tidak bisa diganti lensanya) dengan sensor Full Frame, harganya dikisaran USD $2800. Sedangkan Leica M adalah kamera rangefinder (bukan DSLR) yang juga pertama menggunakan sensor Full Frame, harganya dikisaran USD $7000 body only.

Dengan harga selisih sekitar USD $4000, Sony RX1 memiliki hasil test yang jauh lebih bagus. Secara overall score selisih 9 poin. Color depth, dynamic range dan iso performance Sony RX1 leading atas Leica M.

Sekali lagi ini tidak sedang promosi merk atau produk Sony atau menghancurkan merk Leica (siapa kami :D ?), hanya ingin menunjukkan beberapa poin kesimpulan yang bisa diambil dari perbandingan kamera ini :

  • Sering disebutkan harga berbanding lurus dengan kualitas suatu produk, tapi ternyata tidak selalu seperti itu. Oleh karenanya bisa jadi kamera yg kita miliki lebih murah, tapi tidak selalu hasilnya akan lebih buruk.
  • Kamera semahal apapun selalu ada market-nya, bahkan untuk kamera yang tidak memiliki auto fokus (semua rangefinder, baik digital maupun analog, tidak memiliki AF). Jadi nyinyir tidak akan ada gunanya.
  • Kamera sudah menjadi identitas. Leica M adalah salah satu produk klasik yang mungkin orang yang memakainya tidak peduli hasil test-test di atas, tetapi cukup bisa menggunakannya sebagai the way of life.

 


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *