Strategi Kamera Digital Panasonic Tahun 2014

Strategi Kamera Digital Panasonic Tahun 2014Panasonic tengah mengatur strategi dalam menghadapi tahun 2014, didapat dari berita Nikei, roadmap ini bisa menggambarkan kira-kira produk apa saja yang akan mereka keluarkan tahun 2014. Tentunya cukup menarik melihat strategi kompetitor lainnya seperti apa.

Panasonic akan meluncurkan lima buah kamera kompak baru (fixed lense). Jauh lebih sedikit dari yang dirilis pada tahun 2013 (hampir setengahnya).  Kamera-kamera kompak ini akan memiliki harga dikisaran USD $290 atau lebih, dan berfokus pada lensa dengan zoom tinggi. Seperti yang sudah sering kita bahas, bahwa pasar kamera kompak/poket tergerus oleh keberadaan smartphone. Untuk itu pabrikan harus membuat diferensiasi, yaitu dengan fokus ke hal-hal yg tidak ada di smartphone, misalnya kualitas gambar lebih tinggi dengan sensor besar dan lensa zoom.

Tetapi fokus utama perusahaan akan tetap berada di pasar kamera mirrorless dengan lensa dapat dipertukarkan.  Panasonic juga akan meluncurkan kamera yang mampu merekam video 4K berdefinisi tinggi dan modular (rumor GH4). Mereka juga bekerja keras untuk meningkatkan penjualan lensa. Atas lesunya pasar kamera kompak dan masih tingginya permintaan DSLR dibanding mirrorless, Panasonic mengantisipasi tahun kerugian kedua berturut-turut di bisnis kamera digital di tahun fiskal 2013 terakhir. Penjualan global kamera digital diperkirakan menyusut lebih dari 2 juta unit pada tahun fiskal ini atau menjadi sekitar 4 juta saja.

Jadi Panasonic akan fokus membuat terobosan di pasar amatir dan pro high-end yang memiliki margin lebih besar (lebih menguntungkan). Di sisi lain juga terus fokus kamera mirrorless entry-level seperti GM1 yang sangat mungil. Krisis ekonomi secara alami memperlambat pertumbuhan pasar kamera digital dan memukul hampir semua perusahaan tanpa kecuali.

Leave a Reply