[RK4] UPDATED: Kamera Panasonic GH4 Akan Support Video 4K Dan Modular

[RK4] UPDATED: Kamera Panasonic GH4 Akan Support Video 4K Dan Modular

Salah satu sumber yang baik dari 43Rumors.com mengatakan tentang sesuatu hal yang sangat menarik tentang kamera Panasonic GH4 berikutnya. Kamera yang masuk dalam sistem mirrorless MFT ini akan mendukung fitur peremakaman video berformat resolusi 4K (di atas Full HD). Dari prototype yang dia lihat kamera tersebut memiliki desain modular parsial. Artinya bahwa beberapa komponen dari kamera dapat diubah dan diupgrade.

Sebagai informasi, 4K adalah istilah umum untuk perangkat layar atau konten yang memiliki resolusi horizontal hingga 4000 piksel. Beberapa resolusi 4K ada di bidang televisi digital dan sinematografi digital. Jadi siapa saja yang akan mengambil kamera ini, tentu harus memiliki perangkat yang support untuk menampilkan video 4K.

Perbandingan Resolusi 4K, Image Credit Wikipedia

Perbandingan Resolusi 4K, Image Credit Wikipedia

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa kamera GH 4K ini masih belum memiliki tanggal pengumuman yang pasti, tetapi kemungkinan besar akan diumumkan pada musim semi 2014. Panasonic juga mengatakan berulang kali di berbagai kesempatan, bahwa mereka akan fokus pada pasar pro, setelah mereka mulai meninggalkan market pasar kamera poket low-end.

Beberapa waktu lalu memang beredar spesifikasi dari kamera Panasonic GH4, meski belum ada konfirmasi atau crosscheck dari sumber lain :

  • Sensor 16MP
  • Maksimum Shutter 1/8000 (Lumix GM1 1/16000s)
  • Layar 1mil dot OLED
  • Viewfinder  3.000 + dot, 21mm OLED
  • Time code
  • 200mbps mp4 All-i/100mbps IPB
  • Video 4k/30p
  • Output 4:2:2 10/8bit
  • Adaptor 3G-SDI dan XLR
  • Harga: €2799 ~ $3785

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa kamera tersebut akan sedikit lebih besar, meski memiliki lebar seperti GH4. Panasonic akan menempatkan semua teknologi terbaik yang mereka miliki di kamera tersebut, bersaing dengan Canon EOS C300 tetapi dengan harga 1/5-nya.

Update: Panasonic Jepang merilis sebuah file pdf (download disini) menggambarkan fitur dari sensor 4K Four Thirds baru dengan 16,4 Megapixel! Panasonic mengklaim bahwa ini akan menjadi sensor dnegan noise terendah di pasaran. Dan ini bukanlah sensor organik yang sedang mereka kembangkan bersama dengan Fuji, yang kemungkinan baru akan diluncurkan ke pasar tahun 2015.

Key Features Sensor MFT 4K, Image Credit : Panasonic

Key Features Sensor MFT 4K, Image Credit : Panasonic

1 Comment

  1. Pingback: Strategi Kamera Digital Panasonic Tahun 2014 - Rumor Kamera

Leave a Reply