Fujifilm Rilis Kamera Instan Fujifim Instax Mini 40

Fujifim Instax Mini 40
Fujifim Instax Mini 40

Seperti yang dirumorkan kemarin, Fujifilm secara resmi merilis Instax Mini 40 bergaya retro sebagai kamera instan terbarunya. Instax Mini 40 hampir sama dengan Mini 11 dalam bodi yang berbeda. Fitur yang akan Anda dapatkan adalah lensa setara 35mm, eksposur otomatis, lampu kilat built-in, dan cermin untuk selfie. Harga Instax Mini 40 sekitar harga $100 dan akan tersedia pada akhir April 2021.

Review hands-on singkat diambil dari situs dpreview.com.

Desain Bodi Instax Mini 40

Desain Mini 40 terinspirasi kamera retro, lengkap dengan detail perak dan kulit hitam tiruan. Kulit imitasi plastik bertekstur memberikan rasa aman untuk mencengkeram dengan nyaman, seperti pendahulunya Instax Mini 90. Dan meski terasa agak seperti plastik, tidak ada yang terasa murahan.

Dari segi ukuran dan berat, Mini 40 seperti juga sebagian besar model Instax Mini lainnya yang cukup ringan dan kompak. Mungkin agak sedikit lebih tebal daripada Instax Mini 70.

Lensa Kamera & Flash

Fujifilm Instax Mini 40 telah menggunakan lensa setara 35mm yang bisa keluar masuk. Lensa dengan aperture F12.7 seperti apada Mini 11. Menekan tombol abu-abu pada bagian kanan bawah bodi akan memanjangkan lensa dan mengaktifkan kamera. Untuk mematikan kamera, cukup dorong kembali lensa.

Kamera ini sepenuhnya otomatis dalam penggunaan built-in flash yang selalu menyala, dan eksposur pencahayaan disesuaikan oleh kamera melalui kecepatan shutter antara 1/2 – 1/250 detik. Kisaran lampu kilat maksimum adalah 2,7m/8,85 kaki dan waktu recycle adalah sekitar 6,5 detik.

Tidak perlu mengatur atau menyesuaikan fokus dengan Mini 40 karena panjang fokus-nya tetap tetap antara 0,3 m hingga tak terbatas.

Ergonomis Kamera

Kamera dapat dioperasikan dalam orientasi vertikal. Jendela bidik atau viewfinder memang tidak akan sebesar DSLR atau mirrorless, tetapi sebenarnya cukup fungsional untuk kamera instan yang memang tidak membutuhkan handling yang lebih. Bisa dikatakan sama dengan Instax Mini lainnya.

Pegangan belakang untuk jempol (tumb-rest) ditempatkan dengan baik dan memungkinkan Anda memegang kamera dengan satu tangan tanpa merasa kawatir jatuh. Di bawahnya terdapat pintu masuk untuk film, termasuk counter angka yang menunjukkan sisa jepretan yang tersisa pada satu pak film.

Seperti Mini yang lain, seri 40 ini menawarkan mode selfie atau close-up yang dapat diaktifkan dengan menarik bagian depan lensa ke luar. Menggunakan mode ini seharusnya meningkatkan ketajaman karena lensanya memang untuk jarak dekat.

Baterai dan Film

Kamera ini bekerja dengan dua baterai AA yang bisa memberikan daya yang cukup untuk 100 foto, atau setara 10 roll film Instax Mini. Perlu diingat, semakin sedikit daya baterai Anda, semakin lama waktu yang dibutuhkan flash untuk memulai pemotretan berikutnya.

Film Instax Mini dijual dalam kemasan tunggal dan ganda, serta kemasan curah yang lebih besar termasuk yang memiliki 60 dan 100 eksposur.

Galeri Foto Fujifilm Instax Mini 40

Leave a Reply