Panasonic Berencana Berhenti Produksi Kamera Kompak Murah Dan Fokus Mirrorless

Pabrik Panasonic di Xiamen, Image Credit : Panasonic

Pabrik Panasonic di Xiamen, Image Credit : Panasonic

Situs Jepang Asahi (via Digicameinfo) melaporkan bahwa Panasonic secara serius mempertimbangkan untuk benar-benar melangkah keluar dari bisnis kamera kompak low-end. Pabrik Cina Panasonic di Xiamen yang memproduksi kamera kompak Panasonic akan dikonversi untuk memproduksi kamera dan komponen kamera untuk produsen lain juga.

Ini adalah bagian dari strategi Panasonic untuk fokus di pasar kamera mirrorless yang lebih menjanjikan. Model kamera terbaru kelas high-end diharapkan akan dirilis pada tahun 2014. Seperti diketahui bahwa kamera kompak semakin tergerus oleh kamera built-in dari smartphone yang lebih praktis dengan kualitas foto yang sama. Hal ini mengakibatkan volume penjualan terus menurun.

Sony misalnya sudah melakukan diversifikasi model kamera kompak dengan merilis genre baru yaitu “kamera bodyless” atau “kamera lensa” yang bisa digunakan juga bersamaan dengan smartphone. Kita tunggu juga langkah dari pabrikan lainnya seperti Nikon atau Canon, sangat menarik untuk mengetahui strategi masing-masing. (43r)

Leave a Reply