Nikon Fokus Ke DSLR Dan Tidak Peduli Sistem Mirrorless

Nikon Fokus Ke DSLR Dan Tidak Peduli Sistem Mirrorless

Nikon fokus ke DSLR dan masih mengabaikan pentingnya pasar mirrorless. Menurut Nikon DSLR masih akan ada untuk keunggulan fitur-fitur bagi profesional. Hal tersebut terungkap dalam wawancara terhadap manajer Nikon Jaspers oleh Amateur Photographer. Perwakilan Nikon tersebut mengatakan bahwa jangan meremehkan sistem Nikon 1. Mengapa ? Karena seri tersebut ternyata cukup laris dan Nikon belum mampu memenuhi semua permintaan untuk Nikon 1 V3.

Ia juga menegaskan bahwa sistem Mirrorless masih pada skala yang sangat kecil dibandingkan untuk ukuran pasar global kamera digital. Kamera DSLR menawarkan keunggulan dibandingkan mirrorles atau kamera kompak lainnya dalam hal kecepatan AF, tracking dan ‘keandalan siklus hidup’.

Saya tidak tahu apakah keputusan Nikon ini tepat, mengingat Canon sendiri sebagai pesaing terkuat mereka di pasar DSLR sedang mempertimbangkan sistem mount baru untuk kamera sistem Mirrorless. Dalam banyak hal memang DSLR masih sangat kuat, tetapi tidak ada sistem yang abadi dalam hal teknologi, karena semua pasti akan digantikan dengan yang lebih baik. Semoga Nikon tidak terlambat untuk itu.

Update:

Agak sedikit berbeda dengan berita di atas, Toshiaki Akagi dari Nikon dalam sebuah wawancara, memberi harapan untuk serius menggarap Nikon mirrorless dalam waktu dekat. Kurang lebih dia mengatakan:

Kami tidak ingin menyangkal kemungkinan kamera mirrorless dengan sensor besar masa depan. Jadi itu mungkin jika ada permintaan yang cukup, kita mungkin akan memproduksi jenis lain dari mirrorless dengan sensor yang lebih besar. Ini adalah salah satu solusi.

Selain itu poin dari wawancara adalah Nikon akan merilis Video 4k ke seri DSLR mereka. Juga kita bisa mengharapkan beberapa lensa DX baru. Nikon masih mempelajari permintaan untuk pengganti seri pri mereka seperti D300s dan D3X (body seperti D4S dengan megapixel sensor lebih tinggi).

Leave a Reply