DSLR Pentax K-3 III 26MP Ricoh Akhirnya Hadir

pentax-k-3-iii
pentax-k-3-iii

Ricoh secara resmi telah meluncurkan kamera DSLR Pentax K-3 III bersensor APS-C 26MP dengan sejumlah pembaruan signifikan dibandingkan Pentax K-3 II sebelumnya.

Kamera ini dibangun dengan sensor BSI-CMOS 26MP yang distabilkan dan melihat sebagian besar komponen penting didesain ulang atau diganti seluruhnya. Mekanisme shutter baru memungkinkannya membidik hingga 12 fps (11 dengan fokus otomatis kontinu), dengan lebih sedikit blackout viewfinder saat frame sedang diambil.

Sistem stabilisasi dalam bodi sekarang diklaim bisa mendapatkan 5,5 stop, merupakan yang paling banyak untuk kamera K-mount. Kamera ini mendapatkan mode panning khusus sehingga sistem mampu mendeteksi panning secara otomatis.

Selain itu terdapat modul SAFOX 13 AF yang benar-benar baru dengan cakupan bingkai lebih luas daripada K-3 II yang ada. Fitur ini menawarkan 101 titik AF, 25 di antaranya adalah tipe cross. Ricoh mengatakan algoritma prediksi AF kamera telah direvisi dan K-3 III mendapatkan sistem pengenalan subjek yang telah dilatih oleh machine learning untuk meningkatkan kinerja pelacakan AF.

Jendela bidik K-3 III juga baru, dan menawarkan pembesaran 1.05x, tertinggi yang pernah ada pada kamera DSLR APS-C. Pentaprisma terpasang di jalur optik, yang memungkinkan lebih banyak informasi ditampilkan dan memungkinkan desain yang 10% lebih terang dari model yang ada. K-3 III juga mendapatkan kontrol layar sentuh untuk berbagai fungsi.

DSLR Pentax K-3 III memiliki fitur seperti Pixel Shift Resolution dan Anti-Aliasing Filter Simulation, masing-masing untuk memaksimalkan detail gambar dan menghindari efek moiré. Kamera ini juga menawarkan perekaman video 4K hingga 30p, dan mampu menggunakan stabilisasi mekanis dalam bodi untuk memberikan stabilisasi 3 axis.

Pentax K-3 III akan hadir dalam warna hitam dan perak. Keduanya tersedia mulai akhir April 2021 dengan harga sekitar USD $2000. Kit termasuk pegangan baterai, tali kulit eksklusif dan baterai kedua akan dijual dengan harga $2300.

Spesifikasi Pentax K-3 III

  • Sensor CMOS АРЅ-C resolusi tinggi 25.7MP
  • Рrіmе V Іmаgе еngіnе baru dengan ассеlеrаtоr unіt
  • Sеnѕоr-ѕhіft ѕhаkе rеduсtіоn ІВІЅ 5-ахіѕ, dengaan kompensasi 5,5 stop
  • Sensor 101 АF, dengan сеntеr wеіghtеd 25 сrоѕѕ ѕеnѕоrѕ, uр to -4 ЕV
  • Bodi yang ergonomis dan menarik
  • Rеаr tоuсh LСD ѕсrееn
  • LСD dengan fосuѕ реаkіng, fасе dесtіоn, touch АF
  • Video 4К dan Full НD
  • ISO rаngе dari 100-1600000
  • Duаl ЅD Саrd ѕlоt: Ѕlоt 1 UЅН-ІІ, Ѕlоt 2 UНЅ-І
  • Simulator filter AA menghilangkan false color & moiré
  • LСD ѕсrееn yang sangat bagus
  • Performa low-light dan pencahayaan malam yang sangat baik
  • Getaran ultrasonik “DR II” untuk membersihkan sensor
  • Koneksi Wi-Fi atau bluetooth
  • Duаl ЅD Саrd ѕlоt: Ѕlоt 1 UЅН-ІІ, Ѕlоt 2 UНЅ-І

Gambar Pentax K-3 III

Press Release & Review Pentax K-3 III

Review Singkat Pentax K-3 III

Review singkat Pentax K-3 II yang kami ambil dari beberapa website fotografi terpercaya.

Kamera Pentax K-3 III mengulangi ergonomi model K-3 yang terkenal cukup bagus dan sering mendapat review positif. K-3 III tidak terlalu menyimpang dari pola pendahulunya, konstruksi bodi magnesium aloy membuatnya terkesan padat dan kokoh. Dan, tentu saja, ia menawarkan kamera Pentax anti cuaca ekstensif yang dapat dihandalkan.

Pentax K-3 III melakukan iterasi dan pengembangan pada konsep ‘Fungsi Dial’ pada K-1 II. Terlihat dengan adanya tombol dial ekstra ke bagian atas kamera, tepat di depan tombol dial putar belakang, yang dapat digunakan untuk mengakses fungsi kamera dengan cepat di luar tombol dial utama untuk kontrol eksposur dasar.

Fitur jendela bidik optik yang belum pernah terlihat sebelumnya pada kamera format APS-C. Gambar viewfinder terasa sangat cerah seperti full frame. Dibandingkan dengan Pentax K-1 selama pengujian K-3 III belum bisa membedakan antara kedua kamera tersebut.

K-3 III tidak memiliki built-in flash, tidak terdapat fitur GPS, tidak ada layar yang bisa diputar. Keputusan terhadap layar yang tidak bisa diputar ini sulit dipahami. Banyak pengguna sering menghadapi kondisi yang membutuhkan perspektif berbeda sangat frustasi dengan ketiadaan fitur ini di K-3. Sisi positifnya desainnya jadi lebih simpel dan bersih.

Selain itu inovasi lain adalah diadopsinya kabel USB-C. Gambar dengan sangat cepat bisa ditransfer ke komputer melalui kabel USB-C sambil mengisi baterai kamera. Port tersebut juga dapat digunakan sebagai sumber daya. Jadi jika Anda kehabisan baterai di lapangan, jangan kawatir Pentax K-3 III ini bisa menjadi power bank yang kuat.

Kembali ke layar, meski tidak dapat di-flip layar sentuhnya bekerja lebih baik dari yang diharapkan. Sistem menu baru dapat dioperasikan secara sempurna. Di mode liveview, titik fokus bisa disetel langsung dan saat melihat gambar, Anda terbiasa menggesek dan mencubit sangat responsif, seperti di smartphone.

Warna layar K-e III sangat cerah dan kaya kontras. Sistem menu baru tidak lagi diatur secara vertikal dan memiliki tiga tingkat navigasi yang mengarah ke target dengan lebih singkat. Selain itu, desain layar yang lengkap telah dikerjakan ulang dan terlihat jauh lebih modern daripada yang lama.

Kelebihan Pentax K-3 III

  • Bodi ergonomis seperti pendahulunya
  • Tambahan fungsi tombol dial tambahan
  • Optical viewfinder yang luas, terasa seperti full frame
  • Layar cerah, touch-screen sangat responsif seperti handphone
  • Transfer gambar dengan USB-C sangat cepat
  • Sistem menu lebih mudah dan cepat dengan touch-screen

Kekurangan Pentax K-3 III

  • Layar LCD fixed tidak bisa diflip atau diputar
  • Tidak ada fitur built-in flash, tidak ada GPS
  • Harga cukup mahal mendekati Full Frame

Kesimpulan Akhir

Dengan K-3 III, Pentax menetapkan evolusi dalam jajaran kameranya. Dengan ini, pembaruan teknis dan fitur utama yang lama tertunda telah dibuat sehingga banyak Pentaxian mungkin akan puas.

Namun, di satu sisi kamera ini adalah DSLR yang sangat baik, di sisi lain, banyak fotografer lanskap yang akan merindukan layar LCD yang bisa diputar, serta tidak adanya GPS untuk tagging lokasi. Fotografer wild-life, di sisi lain mungkin akan sangat senang dengan kamera ini, berkat sistem AF baru dan kartu memori yang cepat. Selain itu K-3 III juga akan membuat tertari fotografer wedding spesifikasi low-light-nya yang bagus.

Dalam hal kualitas gambar, K-3 III tidak perlu kawatir, di area inilah kamera ini benar-benar paling menonjol.

Leave a Reply