Pilih Kamera DSLR Atau Mirrorless, Mana Yang Lebih Baik ?

imageDulu kita mudah mengatakan kamera interchangeable-lens sebagai kamera DSLR, tetapi sekarang tidak bisa. Mengapa? Ya karena kamera yang bisa diganti lensanya tidak saja jenis DSLR, tetapi juga kamera jenis baru yang dinamakan mirrorless. Apa itu mirrorless? Artikel yang merujuk dari Tomsguide.com ini sedikit banyak akan membahasnya.

Jika Anda ingin naik kelas dari kamera smartphone atau point-and-shoot (kamera kompak) ke kamera yang lensanya dapat diganti-ganti, Anda memiliki dua pilihan utama: kamera DSLR atau kamera mirrorless. Kedua jenis kamera tersebut pada dasarnya melakukan hal yang sama, tetapi masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan yang nanti akan mempengaruhi keputusan dalam membelinya.

Apa itu DSLR dan Mirrorless

Kamera SLR (Single lens reflex) merupakan jenis kamera yang telah ada selama lebih dari seratus tahun. Seperti pendahulunya yang berbasis film, DSLR (Digital SLR) masih menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder (jendela bidik) sehingga kita akan melihat persis apa yang dilihat kamera secara optikal. Bila kita mengambil gambar, cermin tersebut akan naik dengan cepat, shutter (rana) di depan sensor gambar terbuka, dan cahaya akan mengenai sensor sehingga bisa dilakukan pengambilan gambar. Setelah itu cermin dengan cepat akan kembali ke posisi semula untuk menampilkan objek di viewfinder.

Sedangkan kamera mirrorless, seperti namanya, tidak perlu cermin. Cahaya akan melewati lensa dan langsung jatuh tepat ke sensor gambar, seperti dalam kamera kompak dan smartphone. Gambar obyek akan ditampilkan pada layar LCD atau elektronik vewfinder setelah itu baru menekan tombol shutter dan gambar/foto tersimpan.

Jadi kamera mana yang harus Anda pilih? Berikut daftar pertimbangan yang bisa digunakan untuk menentukan pilihan kamera yang tepat.

Ukuran dan Berat

Badan kamera DSLR secara umum relatif lebih besar, karena mereka harus memiliki ruang untuk cermin dan mekanisme shutter. Tetapi kondisi terakhir DSLR sudah cukup kecil, yang terkecil dan teringan yang tersedia adalah Canon EOS 100D, yang beratnya sekitar 600gram, dengan lensa zoom kit terpasang. Tetapi harganya sepertinya agak mahal untuk kamera entri-level (pemula). Sebuah model yang lebih ekonomis, Canon EOS 700D dengan berat 710 gram. Sebuah model dengan level di atasnya lagi seperti Nikon D7100 hampir dua kali lebih berat yaitu 1,2 kg atau lebih, tergantung pada lensa yang digunakan.

Sementara kamera mirrorless tidak memiliki cermin dan mekanik shutter, sehingga bodi kamera mirrorless bisa lebih kecil dari DSLR, dan memiliki konstruksi yang sederhana. Sebuah kamera mirrorless khas seperti Olympus PEN-EPL5 beratnya hanya kurang dari 450 gram termasuk lensa. Sementara kamera mirrorless terkecil Panasonic Lumix GM1 hanya seberat 204 gram dan berukuran persis kamera kompak sehingga benar-benar bisa dikantongi.

Disini Anda harus mengetahui kebutuhan, apakah bisa menerima beban yang lebih berat, karena biasanya setelah sekian lama orang akan malas membawa kamera yang berat. Atau justru ingin kamera yang mudah dibawa kemana saja tanpa khawatir membebani.

Kemampuan dan Akurasi Fokus

Kamera DSLR menggunakan mekanisme cermin untuk mengalihkan cahaya ke sensor khusus yang digunakan dalam proses yang disebut Phase Detect Auto Focus (PDAF). Sensor mengukur konvergensi dari dua berkas cahaya untuk dengan cepat mengkondisikan lensa ke dalam fokus.

Sementara karena tidak memiliki cermin, kebanyakan kamera mirrorless harus menggunakan teknik yang relatif lebih lambat, yang disebut Contrast Detect Auto Focus (CDAF) – metode yang sama yang digunakan oleh kamera point-and-shoot dan kamera di smartphone. Sensor gambar menangkap satu bagian kecil dari gambar yg di sedang dibidik, melakukan tes seberapa tajam itu, dan kemudian refokus lensa dan tes lagi sampai mendapatkan fokus yang paling tepat. Deteksi kontras sangat lambat dalam cahaya rendah dan dengan subyek bergerak, karena gerakan objek yang cepat membingungkan kamera.

Tetapi Kamera mirrorless terbaru, seperti Olympus OM-D EM-1, memiliki prosesor yang lebih cepat yang dapat mendeteksi kontras lebih cepat, sehingga mereka bisa fokus secepat DSLR, meski untuk foto sport CDAF belum bisa menyamai PDAF. Bahkan model kamera mirrorless yang baru akhir-akhir ini memiliki teknologi yang menggunakan satu sensor untuk menggabungkan kedua teknik auto fokus PDAF dan CDAF. Tapi masih belum jelas seberapa baik model-model baru tersebut dibanding DSLR.

Kualitas Viewfinder

Sisi positif dari viewfinder DSLR adalah bahwa Anda dapat melihat gambar secara optikal langsung, biasanya lebih jernih, responsif dan lebih cerah dibandingkan elektronik. Sementara kamera mirrorless harus menangkap preview gambar pada layar LCD dan atau elektronik viewfinder (EVF). Untuk LCD kadang di siang hari yang cerah agak susah untuk dilihat. Tetapi EFV generasi sekarang sudah jauh baik, responsif, cerah dan keuntungannya adalah preview gambar yang tampil sama dengan yang akan disimpan nantinya dan banyak informasi yang bisa ditampilkan seperti historgram.

Tidak semua kamera mirrorless memiliki EVF, hanya sebagian di kelas high-end seperti Panasonic GX7, Panasonic GH3, Fujifilm X-E1, X-Pro1, Sony NEX-7, Sony A-7 dan A-7R. Semakin lama diyakini teknologi EVF akan semakin baik, sehingga akan mampu menyamai kejernihan optical viewfinder dengan ukuran dan kebutuhan ruang yang jauh lebih kecil.

Image Stabilization

Semua kamera modern memasukkan fitur stabilisasi gambar, di mana akan mengurangi blur pada foto (umumnya pada kecepatan rana lambat) yang disebabkan tangan yang bergoyang saat memegang kamera. Baik kamera DSLR maupun mirrorless, melakukan ini dengan teknik menggeser sebagian kecil bagian dari optik lensa, teknik lainnya adalah menggeser sensor gambar utama.

Beberapa kamera mirrorless dapat menggeser kedua elemen lensa dan sensor gambar – kombinasi yang dapat lebih efektif daripada salah satu dari metode ini saja. Yang paling baru dalam teknologi ini adalah 5-Azis Image stabilization yang ditanam Olympus pertama kali di OM-D E-M5, yang memperhitungkan pergerakan sensor pada sumbu Z selain X dan Y. Hasilnya hingga 2 stop lebih baik saat menggunakan tangan.

Kualitas Gambar

Kamera mirrorless awalnya menawarkan gambar berkualitas lebih rendah daripada DSLR, dengan lebih banyak noise (graininess) dan warna yang lebih buruk, karena generasi pertama menggunakan sensor gambar yang lebih kecil yang menangkap cahaya kurang. Namun produsen kamera mirrorless telah menemukan cara untuk mengurangi noise, menggunakan sensor yang lebih baik (dan juga lebih besar) dan prosesor gambar yang lebih baik, dan sekarang tidak ada perbedaan nyata dalam kualitas gambar dalam kebanyakan model konsumer.

DSLR high-end menggunakan sensor yang sangat besar yang disebut “full frame” sensor yang telah memberikan mereka keunggulan high end. Baru-baru ini Sony mengenalkan kamera mirrorless dengan sensor full-frame, yaitu A7 dan A7R, hal ini menjadi langkah penting dalam menutup kesenjangan kualitas dan bahkan kinerja antara DSLR dan mirrorless.

Gambar dan Video Playback

Ketika datang untuk menampilkan gambar yang baru saja ditangkap, kedua jenis kamera dapat menggunakan layar LCD atau output HDMI ke televisi Anda. Meskipun body kamera mirrorless lebih kecil, sebagian besar memiliki ukuran layar LCD yang sama yaitu 3-inch, yang umum ditemukan di DSLR.

Lensa dan Aksesoris

Jika Anda ingin membeli kamera dengan lensa dapat dipertukarkan, artinya Anda membeli ekosistem seluruh lensa, dan juga aksesoris lainnya yang cocok. Anda tidak dapat menggunakan lensa Micro Four Thirds (MFT) pada body kamera DSLR body. Jadi, ketika memilih kamera, perlu mempertimbangkan berbagai lensa yang tersedia untuk sistem.

Memilih DSLR memberi akses ke sejumlah besar jenis lensa – dari sejumlah produsen – mulai dari yang murah hingga untuk profesional dan mahal. Sebaliknya, kebanyakan model mirrorless hanya memiliki sedikit pilihan lensa dari produsen kamera. Satu-satunya lensa untuk kamera Sony Alpha NEX berasal dari Sony itu sendiri, misalnya. Namun, Sony baru saja mengumumkan lima lensa baru untuk kamera mirrorless full-frame baru, yang sangat memperluas jangkauan lensa yang tersedia.

Sistem mirrorless dari produsen seperti Pentax (Q kamera) dan Samsung (seri NX) memiliki lensa paling sedikit, karena perusahaan-perusahaan ini memilih untuk membuat sistem mirrorless sendiri-sendiri. Sistem Micro Four Thirds memiliki pilihan terluas karena mereka adalah pionir dan dibentuk oleh beberapa perusahaan – Olympus dan Panasonic membuat kamera, dan lensa dibuat oleh Olympus, Panasonic, Sigma, Tamron dan lain-lain.

Anda dapat membeli adapter untuk menggunakan lensa DSLR pada kamera mirrorless. Tapi akan mengubah zoom (focal length) berdasarkan crop factor, dan juga akan menonaktifkan fitur seperti autofocus.

Kesimpulan

Jadi, kamera jenis apa yang terbaik secara keseluruhan, kamera DSLR atau mirrorless? Tidak ada. Semua benar-benar tergantung pada prioritas Anda. Jika kualitas gambar atas dan kecepatan yang paling penting bagi Anda, misalnya untuk sport, terlepas dari berat body, memilih DSLR untuk kinerja yang unggul dan dukungan luas jenis lensa.

Tapi secara umum kamera mirrorless memiliki pilihan lensa yang lebih dari cukup untuk kebanyakan situasi pemotretan, dan kecepatan fokus yang sudah sangat baik. Oleh karena itu, kamera mirrorless adalah pilihan terbaik jika Anda ingin membawa kamera kemana-mana dan tidak ingin terbebani sepanjang jalan.


Lazada Indonesia

181 Comments

  1. rully

    1 Februari 2014 at 3:03 pm

    sekedar perbaikan info:

    canon 100d paling kecil? setau saya paling kecil itu olympus e-420, lensa pun lebih kecil

    dan mirorless juga menggunakan meknik shutter, hanya beberapa mirorless yang menggunakan elektronik shutter

    • rumorkamera

      2 Februari 2014 at 10:18 pm

      thanks rully buat koreksinya. untuk mirrorless memang umumnya masih menggunakan mekanik shutter (nanti akan saya perbaiki artikelnya), sedangkan utk DSLR terkecil silahkan dicek di http://camerasize.com/compare/#206,448 .. terlihat 100D lebih ringan, ukuran memang mirip. selain itu e-420 sensor lebih kecil dan sudah tidak diproduksi lagi oleh Olympus.

    • FIRMAN HIDAYAT

      13 April 2015 at 12:27 pm

      Daftar Harga Lensa Special Discond Forr Canon
      ☎HUB:085310120333 PIN:2B3DAE4E
      Canon EF-S 55-250mm f/4-5.6 IS II Rp. 1.150.000
      Canon EF-S 60mm f/2.8 Macro USM Rp. 2.000.000
      Canon EF-S 17-85mm f/4-5.6 IS USM Rp. 2.300.000
      Canon EF-S 18-200mm f/3.5-5.6 IS Rp. 2.500.000
      Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5 USM Rp. 2.500.000
      Canon EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS USM Rp. 2.500.000
      Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM Rp. 3.150.000
      Canon EF 40mm f/2.8 STM Rp. 900.000
      Canon EF 75-300mm f/4-5.6 III USM Rp. 950.000
      Canon EF 50mm f/2.5 Compact Macro Rp. 1.450.000
      Canon EF 50mm f/1.4 USM Rp. 1.600.000
      Canon EF 85mm f/1.8 USM Rp. 1.650.000
      Canon EF 100mm f/2 USM Rp. 2.000.000
      Canon EF 135mm f/2.8 SoftFocus Rp. 2.100.000
      Canon EF 28mm f/1.8 USM Rp. 2.150.000
      Canon EF 20mm f/2.8 USM Rp. 2.150.000
      Canon EF 100mm f/2.8 Macro USM Rp. 2.400.000
      Canon EF 70-300mm f/4-5.6 IS USM Rp. 2.350.000
      Canon EF 28mm f/2.8 IS USM Rp. 2.500.000
      Canon EF 17-40mm f/4L USM Rp. 2.900.000
      Untuk Harga Dan Tipe Barang Buka Link: http://tokocentralkamera.blogspot.com/
      CARA PEMESANAN:
      Nama # Alamat + Kode POS # JENIS/TIPE KAMERA # NO.HP.NO KTP.( Jasa Pengiriman lewat JNE/TIKI ).
      Kirim Ke:……………..[HP]☎:0853-1012-0333 [PIN]:2B3DAE4E.✉
      CARA TRANSAKSI:

      *Barang akan Kami kirim setelah pembayaran diselesaikan Ke REK.BENDAHARA KEUANGAN
      TOKO KAMI

      *karna sudah banyak kasus yang mengatakan booking tapi pada akhirnya nggak jadi / Batal,
      akhirnya kami yang diRugikan,
      BARANG SELALU READY STOCK untuk semua MEREK KAMERA DSLR DAN LENSA ?

      *Jika anda Tidak Puas / tidak sesuai dengan Keinginan, Barang Bisa di Kembalikan & Uang Kembali
      100% TanpaH adanya Potongan..

      *Pembayaran DP atau JAMINAN melalui via Transfer di BNI / BRI / BANK MUALAT

      *Barang di kirim melalui via TIKI / JNE
      Status pengiriman bisa di cek langsung di website TIKI/JNE
      JIKA BERMINAT SILAHKAN SMS/CALL (☎085310120333 )
      INVITE PIN BB : 2B3DAE4E
      Melayani pengiriman ke seluruh indonesia melalui jasa TIKI/JNE

      ########### DI JAMIN 100% PASTI SAMPAI KE KOTA TUJUAN/ALAMAT KONSUMEN ###########

  2. Kamera Terbaru

    5 Februari 2014 at 1:32 am

    Seperti saya lebih suka dengan kamera DSLR gan…

    • rumorkamera

      5 Februari 2014 at 11:56 am

      monggo gan, setiap orang punya selera dan kebutuhannya masing-masing :)

  3. junaedi

    14 Februari 2014 at 7:47 am

    klw saya pilih yang murah mas (mirrorless)…tinggal pasang beling eropa (carlzeiss,helios,leica…soligor) dll ….hasil jg tidak mengecewakan malah lebih bagus imho ^.^v hehehehehehee….tp semua kembali ke orangnya “the man behind of the gun” maaf kalau salah.

    • rumorkamera

      21 Februari 2014 at 12:33 am

      sepakat, yang penting sebenarnya, apapun kamera yang kita pakai. kita moto dan moto :)

  4. joecgp

    19 Februari 2014 at 11:54 am

    saya lagi pengen fuji s4500 karena rentang zoom nya, bagaimana menurut rekan2 fotografi, sudah cukup baguskah ? sekarang saya pake nikon d3100.. makasih semua

    • rumorkamera

      21 Februari 2014 at 12:35 am

      wah jadi turun ya dari DSLR ke prosumer. kalau sebagai kamera cadangan oke tuh, artinya yg DSLR tetap digunakan juga. karena meski zoom tinggi, tetapi kamera prosumer sensornya sangat kecil, sehingga ketika di kondisi low-light, noise-nya sangat mengganggu. saran saya yg DSLR tetap dipertahankan utk kondisi2 low-light.

  5. Pingback: Tips Singkat Merawat Kamera DSLR dan Mirrorless - Rumor Kamera

  6. afdillah

    15 Mei 2014 at 10:25 am

    kemampuan mirrorless kalo diadu ama dslr dalam kondisi low light, mana yang menang gan?

    • rumorkamera

      15 Mei 2014 at 3:51 pm

      untuk kamera mirrorless dengan sensor APS-C, misal Fuji X, Sony Alpha/NEX atau Leica XT akan sama kok (bahkan dibeberapa test bisa mengalahkan DSLR) … karena ukuran sensornya sama. sedangkan untuk Pansonic/Olympus/Nikon karena pakai ukuran sensor lebih kecil, bisa dibilang kalah kalau low-light. tapi kalah ini kalau dilihat detail per pixel loh ya. kalau dilihat sekilas sih bakalan mirip. semuanya udah dukung ISO 25600, artinya di ISO 3200 udah cukup bagus.

      • mar.ksweetfeed

        24 Januari 2015 at 10:48 am

        Mas, mau tanya. Kalau saya suka banget fotografi gara2 instagram. Nah, untuk kebutuhan kamera apa yang bagus untuk gambar yang saya upload ke instagram seperti para artis instagram yang terkenal itu.
        Saya tertarik beli kamera (sekarang saya foto pakai smartphone android, minim kualitas bgt), yang harganya terjangkau di kantong sekitar 5-7jutaan, yg kualitasnya ke noisy ma bagus kalau di low light.

        Thanks.

        • mar.ksweetfeed

          24 Januari 2015 at 10:49 am

          maaf kualitasnya gak noisy :p

          • mar.ksweetfeed

            24 Januari 2015 at 10:54 am

            maaf salah ketik lagi. bisa dihapus yang 1 itu . LoL
            maklum pemula bgt. kamera yg free noise dan bisa ganti2 lensa juga

        • Aditya pratama

          2 Februari 2015 at 1:51 am

          Halo gan sorry bantu jawab, kebetulan instagramers juga. Hehee …
          Kalo dr pengamatan saya pribadi gan, fuji x cocok bgt buat ig karena ps yg authentic bgt menurut saya. Dan juga, rata2 iger skrg (cmiiw) rata2 pakai fuji x juga.
          Tp semua tergantung sih gan. Contoh: bpk instameet indo postnya banyak pakai samsung nx.
          Jadi ya emang ga ada yg terbaik menurut saya. Lebih baiknya, kalo emang suka sm feed seseorang, tanya aja pakek apa. Tinggal di beli dah. Hehe….

  7. yasa

    27 Mei 2014 at 9:26 am

    Mohon pertimbangan pak, antara sony a6000 dan olympus omd em10, kira2 lebih bagus yang mana? Mungkin bisa diberikan jg beberapa pertimbangannya pak. Terima kasih…

  8. yasa

    27 Mei 2014 at 10:29 am

    Selamat pagi, mohon pertimbangan antara sony a6000 dan olympus em10. Kira2 yang mana lebih bagus untuk daily user, mungkin dengan beberapa pertimbangan kalau bisa pak… Dan juga apakah ada lensa sony atau olympus yg manual zoom? Mungkin yang 18-105 sd 18-200. Karena saya baca dari beberapa ulasan, lensa dgn power zoom menghabiskan banyak battery. Terima kasih pak.

    • rumorkamera

      27 Mei 2014 at 1:52 pm

      keduanya sama-sama bagus, harga mirip-mirip. EVF 1.4k, LCD dll

      Utk fitur banyakan A6000, 24 vs 16 Megapixels, continuous shooting 11fps vs 8fps, Wifi+NFC vs Wifi aja, sama2 video full HD, tapi A6000 bisa 60fps vs 30fps, tracking AF lebih bagus.

      Tetapi EM10 juga unggul di single AF lebih cepat, handling ergonomis lebih bagus, 5-axis stabilizer, LCD touchscreen dan dukungan lensa yang lebih banyak. Tinggal pilih dari kelebihan dan kekurangan masing-masing.

      Hal berikut juga jadi pertimbangan, jika mengutamakan hasil gambar (free noise di high ISO), jangan ragu pilih A6000. Jika ingin investasi lensa dan ingin ketersediaan lensa yang banyak pilih EM10 karena lensa bisa pakai milik Panasonic.

      Selebihnya jika cuma ingin potret keluarga aja (bukan utk hoby fotografi), saya sarankan EM10, karena ukuran file lebih kecil.

      kapan-kapan kita coba review dua kamera ini. sementara bisa cek disini http://www.cameralabs.com/reviews/Sony_Alpha_A6000/verdict.shtml

  9. qmlg186

    1 Juni 2014 at 9:34 pm

    Saya pengen beli di antara kamera ini: Sony a6000, NEX 5T, a5000. Kira2:
    1. Untuk lensa kit bagus yg mana (dr segi ukuran, zoom, fitur lain)?
    2. Untuk LCDnya bagus yg touchscreen / untouch? Saya lihat review2 kalau LCD yg touchscreen bisa menentukan fokus objek dgn mudah (bahkan menjadi keunggulan bagi reviewer lainnya).
    3. Masalah Noise utk potret low-light objek lebih bagus yg mana?
    4. Untuk dpt merekam video full HD tanpa limit, kamera yg mana? (Kebanyakan masih dilimit)
    5. Kamera yg penggunaan baterai yg lebih lama?
    Kalau ada pilihan mirrorless yg lain, monggo2 juga (sensornya minimal yg APS-C).
    Terima kasih.

    • rumorkamera

      2 Juni 2014 at 11:03 pm

      1. lensa kit Sony yg menurut review tidak begitu bagus. mending beli 1 lensa-prime utk normal, 1 lensa zoom. berikutnya bisa ditambah yg lensa wide. utk yg lensa prime 35 mm f/1.8 ($450). utk yg zoom 55-210 f/4.5-6.3 ($350).

      2. ya jelas unggul touchscreen, tapi apakah akan sering dipakai ? itu juga menjadi pertanyaan. karena biasanya org lebih suka pakai viewfinder.

      3. pilih kamera yg terbaru, dalam hal ini A6000. sensor baru, noise performance biasanya lebih bagus.

      4. Kamera Sony kena limit semua. Lumix GH4 nolimit 4K recording, tapi harga lebih mahal, sensor juga m4/3.

      5. Baterai mirirp-mirip semua. Beli aja baterai cadangan.

      Kamera lain bisa diperhitungkan ya Fuji X-E2 sensor APSC. Atau kalau mau videonya paling bagus bahkan level broadcast/film maker ya Panasonic Lumix GH3/GH4.

      • qmlg186

        3 Juni 2014 at 11:18 am

        Mau tanya lagi:
        1. Untuk lensa Prime & zoomnya termasuk jenis lensa E-Mount/bkn?
        2. Apakah kedua lensa tsb termasuk jenis lensa normal? Saya krg suka pake lensa wide & tele.
        Terima kasih

        • rumorkamera

          6 Juni 2014 at 10:20 am

          1. keduanya jenis E-Mount khusus utk Sony NEX/Alpha
          2. keduanya normal bisa dipakai kondisi biasa. kenapa bukan kit, karena kualitas kit-nya jelek. kedua lensa tadi bagus, 35mm f/1.8 utk portrait bisa, 55-210mm bisa utk jarak yg agak jauh. wide itu 24mm, tele itu di atas 200mm. relatif juga sih.

      • qmlg186

        4 Juni 2014 at 7:05 am

        Tambahan pertanyaan: Ada alternatif lensa yg lain dgn kualitas bagus, cocok digunakan segala kegiatan foto&sehari2, lensa normal+zoom (non wide, non tele), harga murah? Trims.

  10. Pingback: Mirrorless Camera | 100line

  11. ricky

    6 Juni 2014 at 9:59 am

    Tanya pak, dengan budget 5 juta, lebih baik beli kamera jenis apa dan merk apa ya?
    Terima kasih.

    • rumorkamera

      6 Juni 2014 at 10:15 am

      tujuannya apa ? untuk dokumentasi keluarga saja atau belajar fotografi ?

      1. kalau untuk keluarga saja dan tidak butuh yang wah, pilih kamera poket yang kecil saja lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. point-and-shoot. mirrorless jarang yg harga dibawah 5 juta. kamera poket bisa Lumix ZS30/TZ40 yg punya optical zoom 20x, atau Soiny HX50V … dll banyak pilihan. mirip-mirip. pilih yg zoom-nya banyak biar bisa dipakai all-around (segala kondisi).

      2. kalau untuk belajar, pilih DSLR yang memiliki banyak control manual. sekaligus bisa digunakan utk keluarga juga. tapi ukurannya agak besar, kadang males bawa-bawa. bisa Canon 1100D atau Nikon D3200. sesuaikan dengan komunitas, biar bisa saling pinjem lensa. beli DSLR harus invest di lensa, siap-siap keluarkan dana lagi di masa depan.

  12. Indra

    12 Juni 2014 at 1:07 pm

    menurut rekan2 lebih baik canon eos m atau canon 600d?

    • rumorkamera

      13 Juni 2014 at 10:36 pm

      untuk mirrorless sebaiknya jangan EOS M, dukungan lensa sangat sedikit, AF bukanlah yg terbaik dipasaran, blm ada komitmen Canon di mirrorless. kalau mau mirrorless pilihlah Sony, Fuji, Pana atau Olympus, mereka serius di mirrorless.

      kalau pilihannya hanya dua itu, pilih 600D. jauh lebih mumpuni dari sisi fitur, dukungan lensa dll.

      • Satriyo

        6 Desember 2015 at 8:05 pm

        Kalau antara EOS M sama NEX 5 N pilih yang mana ya ?

  13. Rizqy

    18 Juni 2014 at 3:28 pm

    Kalo bedanya DSLR dengan SLT apa?

    • rumorkamera

      21 Juni 2014 at 12:47 pm

      DSLR mirror-nya bergerak, saat mode biasa, mirror ke bawah, memantulkan cahaya ke viewfinder. saat shutter ditekan, mirror ke atas, cahaya masuk ke sensor.

      kalau SLT mirror diam terus, sekian persen cahaya dipantulkan ke viefinder, sisanya dipantulkan ke sensor.

  14. fatah

    19 Juni 2014 at 8:00 am

    Gan, mohon infonya. saya mau beli samsung nx2000, menurut agan gimana. dari ulasan diatas agan tidak menyarankan mirorles samsung, mohon infonya adakah pilihan lain yang harganya kisaran nex 2000 dan kualitas mumpuni. terimakasih…

    • rumorkamera

      21 Juni 2014 at 12:55 pm

      tidak saya sarankan di artikel bukan berarti jelek. karena saya hanya sampling saja. utk mirrorless samsung bisa dibilang setara dgn yg lain. kelemahannya hanya ketersediaan lensa yang minim. saingannya Sony NEX-3N. kelebihan samsung biasanya kameranya seperti gadget, lengkap koneksi, touch dll. bagi fotografer pure, malah gak disukai.. yg disukai yg kontrol manual pakai tombol dial.

  15. Tiffany Suwandi

    27 Juni 2014 at 10:02 pm

    Mas, mohon sarannya klo fuji x-a1 dibandingkan pentax q10 lbh bagus mana ya utk pemula?
    terima kasih

    • rumorkamera

      27 Juni 2014 at 10:28 pm

      saran saya fuji x-a1, dukungan lensa lebih banyak, sensor APS-C lebih besar, hasil lebih bagus.

      • mar.ksweetfeed

        24 Januari 2015 at 12:00 pm

        Mas, dijawab ya. fuji x-a1 kalau di low light gimana? mohon saran. karena harga pas di kantong. thanks

        • rumorkamera

          25 Januari 2015 at 9:10 pm

          fuji x-a1 termasuk yang terbaik kualitas low-light-nya utk kamera kelas pemula.

  16. satria

    4 Juli 2014 at 11:36 pm

    Menurut bpak sony a7 vs canon 70d lebih bagusan mna ya….
    Trimakasih…

    • Syuaifu

      24 Juli 2014 at 9:11 pm

      Sony A7 keungulanya sudah memakai sensor fullframe tapi saat pertama dlu saya megang body tekesan agak ringkih serta rawan rusak jika digunakan sehari2. Lensa sony jga terbilang lebih mahal dibanding kompetitor, kecuali mau pake adapter dg segala konsekuensinya. Canon 70d sudah built in wifi,tapi menurut saya kualitas masih sedikit dibawah 7d. Tpi perbandinganya hrs dg sony A7, tetep kokoh dslr utk urusa body. Kalau gambar meskipun mirorrless sony A7audah mengadopsi ensor bionz x. Jadi gambarnya bisa setara kualitas dslr. Mongg dikoreksi

  17. arif a

    17 Juli 2014 at 6:52 am

    numpang nanya ni boss, saya mau beli kamera, bagusan pilih nikon d5300 ato sony a6000, buat foto sehari-hari dan luar ruangan?
    makasih

  18. bastyan

    24 Juli 2014 at 8:02 am

    permisi mas saya mau bertanya, butuh saran mirrorles olympus tipe apa untuk pemula seperti saya tetapi bisa untuk kebutuhan fotografi serius seperti studio dan video shot yang baik karena saya pengen berpindah dari DSLR ke mirrorles olympus melihat pilihan lensa dan aksesoris olympus yang banyak. mohon pencerahan kamera mirrorles olympus tipe apa dan lensa apa saja yang di cocok untuk kebutuhan saya, terimakasih.

    • rumorkamera

      15 Agustus 2014 at 8:53 pm

      budget berapa ? Olympus OMD E-M5 atau OMD E-M1 bagus, tetapi harga di atas 10 juta. Kalau yang di bawah 10 juta bisa OMD-EM10. Dengan catatan anda menginginkan desain seperti DSLR dengan built-in EVF. Jika ingin yang lebih kompak yang bisa dikantongi, pilih yang PEN E-P5. Untuk video standar saja Full HD.

  19. Ahmad

    4 Agustus 2014 at 8:24 pm

    Saya dua kali punya kamera point-and-shoot. Canon S2 IS rusak pada 4 tahun. Canon SX20 IS mulai error juga di umur 4 tahun.
    Nah, bagaimana perkiraan umur kamera DSLR dan mirrorless?
    Apakah rata-rata DSLR lebih awet daripada mirrorless?

    • rumorkamera

      15 Agustus 2014 at 9:27 pm

      sebenarnya saya blm baca penelitian tentang keawetan DSLR dan mirrorless, mana yang lebih awet. Menurut saya tergantung pemakaian, juga tergantung harganya juga. makin mahal biasanya makin awet. ane pakai lumix lx3 lebih dari 5 tahun gak ada masalah. DSLR kantor juga lebih dari 5 tahun gak ada masalah.

  20. Roky

    8 Agustus 2014 at 2:56 am

    Mau tanya soal umur pakai kamera, secara umum atau tanpa perlakuan khusus, antara mirrorless dg DSLR mana yang lebih baik dari segi umur pakai?

    • rumorkamera

      15 Agustus 2014 at 9:22 pm

      tidak begitu besar perbedaannya, sesuai harga saja semakin mahal biasanya materialnya semakin bagus. tapi perlu dicatat kalau DSLR memiliki lebih banyak komponen mekanikal (seperti OVF dan Mirror), sehingga lebih rentan mengalami degradasi fungsi. Sedangkan mirrorless full elektronik.

  21. jonathan

    10 Agustus 2014 at 10:20 pm

    Mau tanya pak, kalo antara canon 700d dan mirroless samsung NX2000 lebih recomended mana ya kalo buat belajar skalian buat fto kalo ada momment”??

    • rumorkamera

      15 Agustus 2014 at 9:24 pm

      pilih Canon 700D karena lebih reliable utk menangkap moment seperti anak-anak bergerak, sport olahraga dll. Lebih terulji, anda memiliki optical viewfinder yang sangat mudah digunakan utk tracking obyek/moment. sedangkan samsung NX2000 hanya mengandalkan LCD, tidak memiliki EVF dan kecepatan fokusnya masih dibawah Olympus/Panasonic/Fujifilm.

  22. Ahmad

    11 Agustus 2014 at 4:15 pm

    Kata teman saya, mirrorless yang mahal lebih awet daripada DSLR yang entry level :)

    • rumorkamera

      15 Agustus 2014 at 8:54 pm

      hehe, ya tentu, harga makin mahal tentu kualitas bahannya juga lebih baik sehingga lebih tahan lama. Apalagi yang weather-sealed di kisaran 10 juta sudah dapat yg mirrorless. Kalau DSLR lebih mahal lagi.

  23. Donny

    17 Agustus 2014 at 7:36 pm

    Saya mau beli kamera canon eos m mirrorless, kira” bagus tidak untuk foto” produk semisal pakaian? Atau ada saran utk kamera yang lebih baik dengan harga dibawah 4jt?

    • rumorkamera

      18 Agustus 2014 at 11:58 pm

      bagus tidaknya sebenarnya tidak murni dari kameranya. saya pakai kamera jadul lx3 untuk moto produk baju, asal cahayanya cukup dari banyak arah (entah itu cahaya lampu buatan atau cahaya dari jendela).. dijamin hasil fotonya bagus. pakai kamera canggih, kalau pencahayaannya jelek hasilnya pasti jelek. jadi perhatian utama di pencahayaan.

      utk mirrorless saya tidak sarankan ambil merk canon eos m, pertama canon tidak serius di kamera mirrorless (terbukti hanya 1 model saja selama sekian tahun), lensa cuma 2 kalo gak salah. Untuk mirrorless saran saya ambil Sony atau Panasonic atau Olympus atau Fujifilm atau Pentax. Keempat pabrikan ini punya line up model dan lensa yang sangat banyak (ini jaminan mereka serius). Pilih yang entry level utk harga paling terjankau. semoga membantu.

  24. reza

    20 Agustus 2014 at 8:00 pm

    Saya bingung antara sony a6000 atau fuji xa1,mana yang lebih bagus?

    • rumorkamera

      20 Agustus 2014 at 10:05 pm

      kalau mana yang lebih bagus, ya jelas lebih bagus A6000, karena selain lebih baru.. harga selisih sampai 2-3 juta. jadi kalau budgetnya cukup pilih A6000 .. itu jika anda memang pingin hasil dan performance tinggi. kalau cuma buat belajar awal dan dokumentasi biasa, ambil Fuji X-A1 karena harga lebih murah, sisa uangnya investasikan di lensa.

  25. Thn

    20 Agustus 2014 at 8:49 pm

    Gan, saya baru mau beli kamera, untuk foto foto kegiatan/acara/keluarga aja sih. Bukan untuk belajar serius. Kira kira cocoknya pake mirrorless / dslr? Dan apa jenis yg kira kira cocok sekali? Karena saya ingin kamera yang tidak terlalu ribet untuk dibawa kemana mana, resolusinya bagus? Thankyou gan.

    • rumorkamera

      20 Agustus 2014 at 10:13 pm

      kalau ingin gak mau ribet, jawabannya jelas mirrorless. pengalaman saya, bahkan bagi para penghobi fotografi-pun semangat bawa kamera DSLR itu di awal-awal saja. berikutnya disimpen dilemari doang.

      karena utk dokumentasi saja, tidak butuh full kontrol, pilih yang kompak. opsinya ada Panasonic GM1/ GM2(mau rilis), Pentax Q-S1 (baru rilis, sensor kecil), Fuji X-E1/X-A1 (sensor paling besar), Sony NEX-5T, Olympus E-PL1

      bingung pilih merk yang mana ? yang paling mungil itu GM1, dgn sensor dan performance paling balance, lensa paling mungil. ini pendapat pribadi saya.

      bisa juga mempertimbangkan kamera poket (lensa tidak bisa diganti)

      • Aulia Asri

        5 Desember 2015 at 12:38 am

        untuk mirrorless yg full control budget under 10jt kira2 tipe apa ya mas? soalnya dr tadi liat review2 masih bingung.
        mirrorless emang simple, tp ragu di full controlnya dan harganya lumayan menggila.
        dslr lebih ngeyakinin untuk full control tp takutnya lama2 males bawa karena body nya gede. mohon dijawab mas.

  26. Thn

    26 Agustus 2014 at 3:45 pm

    Kalau Canon 700d dengan Canon 650d, kualitas paling bagus yg mana? Yg lebih banyak kelebihan yg mana?

  27. Isyh

    26 Agustus 2014 at 7:05 pm

    Gan, recommend Canon 700d / Samsung NX300? Untuk effect / filter gitu di NX300 ada? Kan di 700d ada filternya, jadi bisa lebih eksis gitu. Lalu, untuk mindahin foto / video dari 700d ke PC / HP gimana caranya ya? Maaf saya masih awam. Pengen beli camera buat foto foto moment gitu tapi keren hehe. Labil pengen beli antara yg 2 tadi. Terimakasih.

    • rumorkamera

      26 Agustus 2014 at 8:56 pm

      Jika tidak masalah dengan ukuran kamera yg tidak kompak/kecil, pilih Canon 700D, AF lebih cepat+tracking, ada viewfindernya. pilihan lensa lebih banyak dan lebih umum digunakan. harus investasi di lensa utk dapat foto2 berkualitas.

      Secara fitur lebih banyak NX300 karena lebih baru, jika ingin ukuran yg kompak pilih Samsung, karena udah mirrorless, LCD lebih besar, resolusi megapixel lebih tinggi dll. harga lebih murah. tapi gak ada viewfinder .. jadi kerasa kayak kamera poket.

  28. Nothg

    27 Agustus 2014 at 5:28 pm

    Maaf pak , laz*da.com itu kan bisa beli kamera disitu , apakah laz*da trusted ? Trmksh pak

    • abah manda

      1 September 2014 at 11:32 am

      Sy sering belanja di laz*da.com dan dpt dipercaya apalagi melayani dengan COD.

    • rumorkamera

      1 September 2014 at 5:48 pm

      ya saya juga beberapa kali beli di laz*da, karena perusahaan besar mirip seperti amazon di US, saya pikir sangat trusted.

  29. Nothg

    27 Agustus 2014 at 8:28 pm

    Canon 700d dengan Nikon D5200 lebih bagus mana?

    • rumorkamera

      1 September 2014 at 5:57 pm

      pertanyaan sulit :D,

      tapi menurut spec dan review sih unggulan D5200, dari sisi performance noise, colord depth, dynamic range, focus point, MP, video full HD60fps dll .. D5200 lebih unggul (memang tahun keluaran juga lebih baru).

      kalau 700D unggul di LCD resolusi lebih tinggi dan udah touch. tapi itu di atas kertas. utk handling, kualitas lensa dll perlu didalami lebih jauh.

  30. putra

    3 September 2014 at 5:54 am

    Mas, sampai saat ini sy (masih) bingung pilih OMD EM-10 atau Sony a6000. Untuk high ISO memang katanya a6000 lebih unggul, tetapi setelah dibandingkan dg EM-10 dg setting NR normal/low, detail gambar di ISO 1600 ke atas lebih bagusan EM-10, di a6000 memang terlihat lbh bersih namun detail nya hilang krn NR nya terlalu agresif. Jika keduanya dibandingkan dg setting tanpa NR (NR OFF), ternyata kehadiran noise di keduanya mirip. Jd mana yg lebih unggul?

    • rumorkamera

      10 Oktober 2014 at 6:49 pm

      keduanya sama-sama bagus, harga juga mirip. EVF 1.4k, LCD dll

      Utk fitur banyakan A6000, 24 vs 16 Megapixels, continuous shooting 11fps vs 8fps, Wifi+NFC vs Wifi aja, sama2 video full HD, tapi A6000 bisa 60fps vs 30fps, tracking AF lebih bagus.

      Tetapi EM10 juga unggul di single AF lebih cepat, handling ergonomis lebih bagus, 5-axis stabilizer, LCD touchscreen dan dukungan lensa yang lebih banyak. Tinggal pilih dari kelebihan dan kekurangan masing-masing.

      Hal berikut juga jadi pertimbangan, jika mengutamakan hasil gambar dan resolusi (free noise di high ISO), jangan ragu pilih A6000. Jika ingin investasi lensa dan ingin ketersediaan lensa yang banyak pilih EM10 karena lensa bisa pakai milik Panasonic.

      Selebihnya jika cuma ingin potret keluarga aja (bukan utk hoby fotografi), saya sarankan EM10, karena ukuran file lebih kecil.

  31. fajri

    9 September 2014 at 2:45 am

    Maaf Pak, bisa tolong rekomendasikan kamera yg bagus dgn target dpt membidik cahaya malam dan bintang.
    Dan budget <3jt. (Atau brp pun).
    Apakah hrs dslr? Ataukah prosumer hingga poket bs jg digunakan?
    Trims.

    • rumorkamera

      10 Oktober 2014 at 6:52 pm

      tidak harus DSLR, yang pasti kamera yang memiliki manual kontrol dan memiliki shutter speed bulb (>60detik). kalau mau spesialis ya Canon 60Da (khusus dipakai utk astronomi, tapi mahal). saya sarankan mirrorless/prosumer karena lebih praktis dibawa. investasi juga ke tripod krn sangat penting menjaga kestabilan kamera. budget naikin jadi 5 jutaan, maklum rupiah lagi jatuh.

  32. bol

    11 September 2014 at 6:21 am

    Maaf pak mau tanya. Bagusan mana antara sony a5000 atau samsung nx3000. Tanpa mempertimbankan ketersedian lensa tambahan.:D. Saya baca2 di beberapa web versus lebih unggul nx3000. Atau mungkin ada saran mirrorless lainnya < 6 jt.
    Sama apa itu lensa power zoom ya pak?
    Terima kasih mohon pencerahan.

    • rumorkamera

      10 Oktober 2014 at 6:59 pm

      lensa power zoom itu lensa yg bisa memanjang dan mengecil dikendalikan secara elektronik.

      secara fitur memang lebih baik samsung nx3000. sony menang di video, baterai, dan built in flash. lensa juga banyakan samsung ternyata.

      kalau memang condong ke nx3000 ambil aja. ada fitur selfie-nya :)

  33. Hasan

    13 September 2014 at 5:04 am

    Gan, antara EP-5 & EPL-7 bagus mana?

    • rumorkamera

      10 Oktober 2014 at 7:01 pm

      ya jelas EPL-7, lebih baru lebih fresh fitur-nya :)

  34. Pingback: Kamera Digital Dan Sejarahnya, Perang Megapixel Hingga Lomba Paling Mungil

  35. naa

    10 Oktober 2014 at 4:31 pm

    Gan, gue mau beli mirrorless tp budgetnya 7jt.yang bagus apa?

  36. naa

    10 Oktober 2014 at 4:46 pm

    Gan, budget 7 jt mending beli mirrorless atau dslr?
    Kalo mirrorless bagusnya apa?

    • rumorkamera

      10 Oktober 2014 at 7:04 pm

      mending nggaknya tergantung anda sendiri. mau repot bawa berat dan butuh buat sport fotografi, ambil DSLR. gak mau repot bawa berat dan untuk fotografi umum (Street, landscape, arsitektur) ambil mirrorless.

      kalau DSLR ambil aja Canon 700D atau Nikon D5200

      kalau mirrorless bisa Panasonic G5, Canon EOS M, Samsung NX300, Fujifilm X-M1 dll.

      • gina

        18 Desember 2014 at 5:10 pm

        Katanya canon eos M kurang recommend, tp kalo menurut mas dr segi kualitas dr spek yg d ksih canon EOS M bagus ga?kl saya kan cm pengguna yg bukam utk profesional .

  37. Novita

    12 Oktober 2014 at 6:29 am

    Lebih bagus Samsung nx300 atau Sony nex 7?
    Perbedaan dari 2 kamera itu apa ya?

  38. naa

    12 Oktober 2014 at 5:05 pm

    Kalau untuk fokus di photography sama untuk kegiatan sehari2 cocokan canon 700d / mirrorless nx300 / olympus e-pl5?
    Thanks gan

    • rumorkamera

      5 November 2014 at 8:34 am

      kalo fokus ingin belajar fotografi dan tidak keberatan bawa-bawa yang agak berat, body+lensa dll, ambil canon 700D. udah sangat bagus utk pemula. pilih mirrorless kalau gak suka bawa yg berat2.

  39. lina

    4 November 2014 at 6:07 pm

    Gan saya mau beli kamera…
    Tpi cuma buat foto-foto moment,keluarga,liburan..tpi gk belajar…pilih mirrorless/dslr? Trs tipe n merek apa yg pas buat pemula..tpi pngennya kualitas gambar.nya juga bisa bagus…

    • rumorkamera

      30 November 2014 at 9:51 pm

      lebih baik mirrorless, hasil foto dijamin gak kalah kok dengan DSLR. kelebihannya adalah mirrorless ringan, jadi enak dibawa kemana2 buat foto keluarga. kalau DSLR harus mikir 2x utk bawa2.

      tipe merk apapun bagus, utk mirrorless saya sarankan Fuji/Panasonic/Olympus/Sony karena Canon/Nikon blm begitu serius utk mirrorless

  40. Raga

    5 November 2014 at 8:41 am

    Gan mau tanya, untuk kamera baru GoPro, jika dibandingkan dengan DSLR atau jenis kamera mirrorless bagusan mana?

    • rumorkamera

      5 November 2014 at 9:40 pm

      beda peruntukan bro, kamera Go Pro khusus untuk merekam video aksi olahraga / sport dari pandangan orang pertama. kalau DSLR utk merekam foto / video dari sisi reportase (orang ketiga). kalau mau belajar fotografi ambil DSLR. kalau mau merekam aktivitas/aksi/olahraga utk dokumentasi pandangan org pertama pakai gopro.

  41. bima s

    10 November 2014 at 11:06 pm

    gan mau nanya apa aja sih kelebihan ama kekurangan canon 1200d?

    • rumorkamera

      30 November 2014 at 9:54 pm

      kelebihan :
      Foto detail di high ISO, bisa video 1080p, lensa tersedia banyak.

      kekurangan :
      LCD tidak bisa diputar (dibutuhkan utk video), auto fokus lambat (untuk mode live view dengan contrast detect), Burst shooting 3fps, buffer kecil utk file RAW.

      • Ahmad

        4 Desember 2014 at 3:47 pm

        Autofokus lambat? Kalau pakai LCD lambat, kalau pakai viewfinder menurut saya lumayan cepat kok.

        • rumorkamera

          4 Desember 2014 at 4:08 pm

          terima kasih atas masukannya mas Ahmad, sudah saya koreksi. lambat jika menggunakan contrast detect/live view melalui LCD)

  42. Pingback: [RK2] Paten Panasonic Terbaru Eksternal Viewfinder Hybrid Untuk Kamera MFT

  43. Victoria

    28 November 2014 at 6:46 pm

    Saya punya 600d tapi pengennya sih ganti gopro hero 3+ / 4 tapi takut nyesel. Jadi diantara itu mending yg mana ya? Buat foto2 biasa aja sih

    • rumorkamera

      30 November 2014 at 9:45 pm

      gak bisa dibandingkan. gopro kan lebih spesifik untuk membuat video sport yang dipasang terus-menerus. kalau untuk foto-foto saja lebih baik pertahankan 600D.

  44. lammito

    30 November 2014 at 3:03 pm

    Pak,saya lammito dr pontianak.Mau tanya.Saya baru membeli samsung nx-3000.Apakah kamera ini bagus dan saya mau membeli tele lensanya yg bisa zoom jauh apakah ada? Dan kira2 harganya berapa ya?

    • rumorkamera

      30 November 2014 at 9:48 pm

      harga NX3000 harga sekitar 5juta. lensa tele ada tapi gak banyak, maksimum 200mm. contoh 50-200mm harga 3 jutaan. atau 18-200mm harga 7 jutaan. secara umum semua kamera bagus dan bisa digunakan untuk teknik fotografi dan menghasilkan foto.

  45. dhany

    4 Desember 2014 at 3:48 pm

    saya ingin belajar fotografi masih baru tapi untuk masalah kamera dan istilahnya saya masih kurang paham. dan juga saya ingin membeli kamera dslr. kira-kira merek dan type apa yang mudah pengoperasiannya dan pastinya buat pemula, dan tentunya harga bersahabat. terima kasih

  46. Flyhighwire

    4 Desember 2014 at 10:28 pm

    Mau tanya utk camera mirrorless dari merk SONY & Olympus yg harganya di bwh Rp 10 jt : yang type apa yg kemampuan memotret macro nya bagus hasil gambarnya ?

    • rumorkamera

      8 Desember 2014 at 10:03 pm

      semua kamera mirrorless bisa macro, asal pakai lensa-nya lensa makro. dan itu cukup mahal. beli yg entry level aja misal Sony A5000 sekitar 5 jutaan. Terus beli juga lensa macro-nya.

  47. siti

    6 Desember 2014 at 3:20 pm

    kamera mirrorless apa ya yg sesuai utk pemula? :-)i kind of interested with sony nex..

  48. januraji

    7 Desember 2014 at 1:03 pm

    bang kalau Kamera Mirrorles Sony NEX-3N Series dengan Canon 600d mantap yg mana ya bang?

  49. siti

    8 Desember 2014 at 3:34 pm

    maaf sy bukan dari indonesia..harap admin faham apa yg saya nak tanya.. =) sy berminat dengan sony nex..jadi sony nex apa yg sesuai untuk beginner?sebab sy fikir lebih bagus gunakan lebih banyak duit untuk beli lens dari body..thanks =)

  50. Mia Adhi

    9 Desember 2014 at 8:16 am

    Hallow mas…
    Saya org yg awam mslh kamera
    Utk mirrorless sy baca banyak pilihannya FUJIFILM ya?
    Tp yg branded dan booming banyak pengguna adalah Canon dan Nokia..
    Fujifilm dr sisi ekonomis dan peminatnya kira2 gmn? Kalo misal mau dijual lg..

    Saat ini sy tertarik dg Nikon 1 V3 atau Nikon W1.. Mana yg lbh baik?
    Apakah kamera tsb akan tahan di cuaca ekstrim semacam salju?
    Dan sy juga bingung beli kamera original dg garansi resmi di jakarta dmn?
    Makasih., salam poto ;)

  51. fathonah

    17 Desember 2014 at 5:17 pm

    saya mahasiswa yang suka foto dan banyak tugas untuk buat video sejenis film pendek dan iklan gt. nah kira-kira kamera apa ya mendingan? budget 5jt max.
    suka fotonya yaa msh amatiran sih…. tapi gamau 1100D bgt kl Canon. plis help ya :D

  52. didi

    10 Januari 2015 at 12:14 pm

    Gan, nanyak nih. Bingung antara milih dslr tipe canon 600D atau samsung nx 3000 atau nx300 gan? Hobi banget yang bikin foto. Terus kalau untuk mirrorlens model nx ini ada lensa fisheye/cembung ta?

    • rumorkamera

      25 Januari 2015 at 9:12 pm

      secara umum kalau canon ukurannya lebih besar, samsung lebih kompak. utk kualitas foto mirip2 lah. kalau mau belajar pure fotografi ambil canon. kalau mau ambil2 foto lebih sering, ambil samsung krn lebih ringan dan mudah dibawa kemana2.

      fisheye untuk samsung ada.

  53. Suma

    11 Januari 2015 at 5:25 pm

    Nanya nih saya masih newbie
    Lensa Kamera Panasonic Lunix FZ40 itu bisa di ganti ganti ga ?

    • rumorkamera

      25 Januari 2015 at 9:09 pm

      gak bisa diganti mas. itu masuknya ke kelas prosumer. lensanya fixed dengan optical zoom 24x. karena lensa zoom sebsar itu dibuat dalam bentuk yg mungkil, maka sensornya kecil. hasil foto secara umum bagus. cuma akan kalah kalo dibandingkan detail dgn mirrorless yg sensornya lebih besar.

  54. Zuhri

    23 Januari 2015 at 4:14 pm

    Min mau tanya, mau beli kamera Sasung tp masih bingung nih.
    Bagusan NX Mini atau NX 1000?
    Terima kasih sblmnya min.

    • rumorkamera

      25 Januari 2015 at 9:06 pm

      tergantung kebutuhan gan .. nx mini lebih banyak fiturnya dan lebih kompak makanya sedikit lebih mahal dan fiturnya lebih baru.

  55. Pingback: Strategi Sony 2015 Akan Fokus Mirrorless Dengan Nilai Tinggi

  56. krishna

    23 Februari 2015 at 6:01 pm

    mo nanya gan untuk sony nex yg kualitas nya lmyan dan harganya gak terlalu mahal. tu nex 5/6/olympus?mksh

  57. sigka

    24 Februari 2015 at 4:30 pm

    misi gan, mw nanya, aye kan pemula bgt nih.. klo mau beli kamera itu mending nikon / canon? terus, bedanya kamera prosumer sm SLR iku apa sih? ane mo beli kamera (nunggu tabungan penuh dulu si :D), tp msih bingung bgt..

    *mohon dijawab, mksih :)

  58. novita

    26 Februari 2015 at 10:11 pm

    gan tolong dong recommended buat kamera itu,Lebih bagus Samsung nx300 atau Sony nex 7?
    Perbedaan dari 2 kamera itu apa ya? bingung mau beli yg mana

  59. firman

    20 Maret 2015 at 12:12 pm

    mau tanya,
    gw punya nex-5, lensa 16mm, 18-55mm dan 55-210.
    rencana pengin upgrade ke alpha 7 mark II (body saja). lensa2 nex 5 gw bisa kepake ngga yah? katanya sih sama2 e-mount, cuma agak ragu soalnya nex-5 kan belum full frame, sedangkan alpha 7 mark II sudah full frame. ada efeknya ngga ya pake lensa2 yg sudah ada.
    Thanks

  60. wachid

    20 Maret 2015 at 5:10 pm

    Mas saya pemula banget di fotografi, tp ga tau akhir2 ini suka pengen moto moto hehehe. pengen beli kamera yang bagus hasilnya, tp tentunya yg pas utk pemula spt saya hehehe. mirrorless apa dslr ya?

    kalo mirrorless yg bagus apa, kalo dslr yg bagus jg yg mana… utk pemula spt saya yg pengen hasilnya selalu bagus hehehe.

    maaf newbi bnyk tanya. :)

    thanks before

  61. FIRMAN HIDAYAT

    23 Maret 2015 at 7:36 pm

    Daftar Harga Special Discond Kamera Canon
    HUB:085310120333 PIN:2B3DAE4E
    Kamera DSLR CANON EOS 1100D Kit
    APS-C Digital SLR, 12.2 Megapixel, LiveView, 2.7″ TFT LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS Rp. 1.900.000

    Kamera DSLR CANON EOS 100D Kit
    18 MP Kamera 3″ Layar Sentuh Lensa Kit 18-55 mm IS STM DIGIC 5 video Full HD Rp 2.780.000

    Kamera DSLR CANON EOS 550D Kit
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/
    SDHC/ SDXC Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS Rp. 2.300.000

    Kamera DSLR CANON EOS 600D Kit
    APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC Card Slot, 3.0″ TFT LCD with EF-S 18-55mm F3.5-5.6 II IS Rp. 2.800.000

    Harga Kamera DSLR CANON EOS 650D Kit 2
    APS-C Digital SLR, 18 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, SD/SDHC/SDXC Card Slot, 3.0″ Vari-Angle Touchscreen LCD with EF-S 18-135mm F3.5-5.6 IS
    Rp 2.850.000

    Kamera DSLR CANON EOS 60D Kit
    APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS Rp. 2.890.000

    Kamera DSLR CANON EOS 60D Kit2
    APS-C Digital SLR, 18.0 Megapixel, 3.0″ TFT Vari-angle LCD, SD/SDHC Card Slot, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS Rp. 2.890.000

    Kamera Canon EOS 70D
    20.0 megapixels, 30 to 1/8,000 seconds, 19-point (all cross-type), tracking, live view: multi, flexible spot, face detect, iso 100 up to 25600 Rp 3.300.000

    Kamera DSLR CANON 5D Mark III
    KIT Full Frame Digital SLR, 22.3 Megapixels, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.2″ TFT Color LCD, Include EF 24-105L IS USM
    Rp.5.800.000

    Kamera DSLR CANON EOS 7D Kit
    APS-C Digital SLR, 18.7 Megapixel, LiveView, Full HD 1080, CF Card Slot, 3.0″ TFT LCD, include EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS Rp. 5.514.000
    CARA PEMESANAN:
    Nama # Alamat + Kode POS # JENIS/TIPE KAMERA # NO.HP.NO KTP.( Jasa Pengiriman lewat JNE/TIKI ).
    Kirim Ke:……………..[HP]:0853-1012-0333 [PIN]:2B3DAE4E.
    CARA TRANSAKSI:

    *Barang akan Kami kirim setelah pembayaran diselesaikan Ke REK.BENDAHARA KEUANGAN
    TOKO KAMI

    *karna sudah banyak kasus yang mengatakan booking tapi pada akhirnya nggak jadi / Batal,
    akhirnya kami yang diRugikan,
    BARANG SELALU READY STOCK untuk semua MEREK KAMERA DSLR ?

    *Jika anda Tidak Puas / tidak sesuai dengan Keinginan, Barang Bisa di Kembalikan & Uang Kembali
    100% TanpaH adanya Potongan..

    *Pembayaran DP atau JAMINAN melalui via Transfer di BNI / BRI / BANK MUALAT

    *Barang di kirim melalui via TIKI / JNE
    Status pengiriman bisa di cek langsung di website TIKI/JNE
    JIKA BERMINAT SILAHKAN SMS/CALL ( 085310120333 )
    INVITE PIN BB : 2B3DAE4E
    Melayani pengiriman ke seluruh indonesia melalui jasa TIKI/JNE

    ########### DI JAMIN 100% PASTI SAMPAI KE KOTA TUJUAN/ALAMAT KONSUMEN ###########

  62. shinosuke nohara

    28 Mei 2015 at 10:11 am

    kamera mirrorless msh belum terjangkau, dan saya masih pemula di fotografi hehehe

    mau tanya, kalau saya beli prosumer Fuji HS35 exr sebanding tidak antara harga dengan fitur/performa yang didapat, sebelum nanti saya hijrah ke dslr atau mirrorless?
    trims

    • rumorkamera

      7 Desember 2015 at 10:11 pm

      @shinosuke : Fuji HS35 sudah okay banget, lengkap gak perlu mikirin lensa. kalau mau belajar buat fotografi sudah lebih dari cukup. biasanya malah lebih mudah dibawa daripada DSLR yg berat.

  63. Viky

    16 Juli 2015 at 10:37 pm

    Mas saya punya Sony A5000, kira-kira utk kebutuhan outdoor lensa apa yang cocok? Mohon bantuannya masih pemula

  64. antoy

    4 Oktober 2015 at 11:16 am

    mas rumorkamera.com,,,,
    mohon bantuannya donk…
    sy mw beli kamera DSLR tapi cocoknya yg mana ya…(harga pertimbangan terakhir, yang penting hasil dan makenya ga kadaluarsa)
    1. Canon 70D Digic5
    2. Canon 760D Digic6
    3. Canon 100X Digic5.

    khusus untuk kamera yang no. 3, apakah lensanya bisa memakai lensa yg umum, misal yang dipake Canon 60D.

    terimakasih

  65. Heny

    7 November 2015 at 6:55 pm

    Mas mau tanya dong, menurut mas mirrorless fuji x-A1 sama samsung NX3000 mending mana ya?

    • rumorkamera

      12 November 2015 at 9:57 pm

      @heny : samsung agak mengkuatirkan divisi kameranya sering dirumorkan tutup, mending Fuji aja, dukungan lensa banyak dan basisnya bagus di dunia fotografi.

  66. asya

    21 November 2015 at 10:00 pm

    mas, saya mau beralih dari dslr ke mirrorless. punya dua pilihan, kira2 mana yg lebih baik untuk sekarang dan kedepannya antara sony alpha a5000 & samsung nx3000 dari segi kualitas foto nya. (atau ada rekomen kamera lain, budget tdk lebih dari 6juta) terimakasih :)

    • rumorkamera

      22 November 2015 at 10:01 am

      @asya : samsung kurang bagus di bisnis kameranya, beberapa toko samsung di eropa tutup. jadi saya meragukan dukungan jangka panjang. sebaiknya sony aja, dukungannya semakin baik dan mulai menyaingi canon dan nikon. utk merk mirrorless lain Fuji, Panasonic dan Olympus juga bagus.

      budget sekitar 6juta pilihan terbaik ya Sony A5100, jatuhnya di harga 7jutaan tapi : http://rumorkamera.com/app/query/sony/sony/a5100

  67. adinda

    2 Desember 2015 at 1:12 pm

    Mau tanya, kira” mending beli panasonic gx1/g5/gf6 ya?

    • rumorkamera

      7 Desember 2015 at 10:22 pm

      @adinda : tergantung preferensi. kalau mau model street photography, pilih GX1, secara teknologi gak jauh beda dgn G5. kalau ingin pakai viewfinder ya G5 aja.

  68. satr

    4 Desember 2015 at 10:14 am

    mas mau nanya antara EOS M sama NEX 5 lebih bagus mana ya dari segi kualitas hasil gambar dan perlengkapan lensa?

  69. Aulia Asri

    5 Desember 2015 at 12:52 am

    untuk mirrorless yg full control budget under 10jt kira2 tipe apa ya mas? soalnya dr tadi liat review2 masih bingung.
    mirrorless emang simple, tp ragu di full controlnya dan harganya lumayan menggila.
    dslr lebih ngeyakinin untuk full control tp takutnya lama2 males bawa karena body nya gede. mohon dijawab mas.

    ohya tanya lagi biar sekalian bagus mana mas antara sony A6000 ama Samsung NX3000 (berdasar fitur dllnya ), tujuannya biar bisa invest di lensa juga.

  70. Pingback: Smartphone Untuk Fotografi | My Blog Share

  71. Pingback: Smartphone Kamera Terbaik Harga 3 Jutaan | My Blog Share

  72. Pingback: Smartphone Kamera Bagus | My Blog Share

  73. Pingback: Smartphone Terbaik Harga 2-3 Jutaan 2015 | My Blog Share

  74. Pingback: Gadget Yang Bagus Dan Murah – Blog-ku

  75. Pingback: Smartphone Yang Cocok Untuk Mahasiswa | My Blog Share

  76. Pingback: Smartphone Terbaik 2015 Harga 3 Jutaan | My Blog Share

  77. Pingback: Smartphone Terbaik Untuk Fotografi | My Blog Share

  78. Pingback: Smartphone Yang Akan Rilis Akhir Tahun 2015 | My Blog Share

  79. Pingback: Smartphone Kamera Terbaik 2 Jutaan | My Blog Share

  80. Pingback: Smartphone Terbaik Kisaran 2 Juta | My Blog Share

  81. Pingback: Smartphone Canggih Harga 2 Jutaan | My Blog Share

  82. Pingback: Smartphone Kecil Spek Tinggi | My Blog Share

  83. Pingback: Smartphone Terbaik Kelas Menengah Ke Bawah | My Blog Share

  84. Pingback: Smartphone Terbaik Kelas Menengah 2012 | My Blog Share

  85. Guci

    26 Maret 2016 at 11:22 am

    Mau tanya, untuk motret makro, lebih bagus mana nikon 3300D dibanding canon EOS 1200d.mohon saran. Baru mau belajar

    • Guci

      26 Maret 2016 at 11:39 am

      Maksudnya dgn canon 1100D. Trm ksh

    • rumorkamera

      26 Maret 2016 at 12:54 pm

      @guci : nikon D3300 di atas kertas specnya jauh lebih baik, titik AF lebih banyak, resolusi lebih tinggi dll. utk menseriusi macro tinggal mampu nggak investasi lensa macro khusus. tapi overall pilih D3300 jika budget ada.

  86. dian dh

    2 April 2016 at 5:31 pm

    Halo pak rumorkamera.
    saya ingin beli kamera, dgn bdgt 5jt. Fungsinya cuma untuk foto2 moment kegiatan/temen saja. Saya bingung mau beli yg mana,tp saya ingin beli Canon powershot G7X. Ada saran yg lain tdak pak? Terimakasih

    • rumorkamera

      18 April 2016 at 9:46 pm

      G7X oke saja, tapi budget 5jt sebenarnya sudah bisa dapat DSLR atau mirrorless entry level, dengan sensor yang lebih besar, tentu hasilnya lebih bagus.

  87. Ario Prabowo

    16 April 2016 at 8:42 am

    om saya mau tanya, kalo mirrorless yg bagus untuk ngerekam video harga 5-8 juta kira-kira apa yah?
    diutamakan mirrorles yah om, kalo bukan mirrorless jga tidak apa-apa

  88. kirana

    17 April 2016 at 3:37 pm

    kak, mau tanya dong,kalau punya budget 5-6 jutaan, mending beli canon 600d, canon M, samsung NX3000, atau sony A5000. menurut kakak mending mana? ditnggu ya jawabannya. makasih kak… :)

    • rumorkamera

      18 April 2016 at 9:53 pm

      pilih sony A5000 atau canon 600D .. tinggal mau yg ringan dan simpel pilih sony, atau mau yg pilihan lensanya banyak tapi agak berat pilih canon.

      • Kirana

        23 April 2016 at 7:11 pm

        Waahh makasih om udah mau jawab pertanyaanku.. :)

        oya, tanya lagi boleh yaa… hehe… kalau antara sony A5000 dengan A5100 mending mana? dengan harga beda 750ribu (belum nawar sih) . fasilitas dan kualitasnya apakah benar2 lebih unggul A5100 dengan perbandingan harga segitu? Atau cukup A500 karena kemampuannya sama?
        Saya bingung antara dua itu. Saya ingin digunakan untuk kebutuhan bisnis jasa henna (memotret pengantin yang menggunakan henna di tangan), hobi travelling (fokus ke orang dan objek bground blur), sama memotret makanan, hobi kuliner juga soalnya. hehe.
        saran dari om mending beli apa ya? selain dua pilihan di atas gakpapa.
        budget 5-6 juta, pengennya yang ringan jadi mirrorless. Terima kasih banyak om atas jawabannyaa. :)

        ttps://versus.com/id/sony-a5000-vs-sony-a5100

  89. langitluna

    21 Mei 2016 at 2:56 am

    Fujifilm xe1/xe2 sama canon g7x lebih bagus yang mana? lagi tertarik banget sama mirrorless tapi masih bingung pilih yang mana hehe

  90. Irwan

    21 Mei 2016 at 1:19 pm

    Pak, mau nanya dengan budget 5-6 juta, lebih baik mana ya mirrorless antara Nikon 1 J5 dengan Sony Alpha A5000 ? Terimakasih sebelumnya pak atas jawabannya

  91. jordan

    12 Juni 2016 at 9:12 pm

    Mau tanya klo kamera fujifilm x-e2 sama fujifilm x-t10 lebih bagusan yg mana?

  92. jordan

    12 Juni 2016 at 9:14 pm

    Mau tanya klo kamera fujifilm x-e2 sama fujifilm x-t10 lebih bagus yg mana?

  93. Naura

    14 Juni 2016 at 6:27 am

    Pak, tolong rekomendasiin kamera yang bagus untuk astrophotogrphy, apakah fuji x-t1 itu udah bagus?

  94. Vincent

    26 Agustus 2016 at 11:16 pm

    untuk perbandingan sony a6000 dan fujifilm xt10 hanya untuk feeds instagram yg isinya potrait , street photography dan makanan . lebih bagus yg mana ya ?

  95. Bowo

    31 Agustus 2016 at 4:24 am

    Maaf mau tanya, maaf agak melenceng sedikit pertanyaannya. Kalo kamera Smartphone Android, dipasang tambahan optical zoom 12x Telescope pengaruh signifikan gag ya?
    Ini link yg jual optical zoom 12x utk smartphone->
    http://www.omjoni.com/universal-12x-optical-zoom-clip-on-aluminum-mobile-phone-telephoto-manual-1474399139.html

  96. ahmad

    6 September 2016 at 6:56 pm

    gan kalau kamera yang cocok untuk belajar fotografi apa ya ? kisaran harga 7/8 jutaan , tdnya mau beli canon 760d atau Fujifilm yang x-a1 kira kira recommend yang mana ?
    thanks sebelumnya

  97. Fentty

    18 September 2016 at 6:26 am

    Maaf saya mau nanya, saya mau beli kamera antara canon 600d atau fujiflm mxa2 ?

    • rumorkamera

      18 September 2016 at 8:09 am

      @Fenty : saran saya X-A2 saja, lebih kompak dan ringan, sensor juga sudah sama-sama APS-C. banyak orang beli DSLR tapi sering gak kepakai karena berat, akhirnya cuma disimpan aja. kalau pakai mirrorless lebih ringan, lebih mudah di bawa kemana-mana. tapi kalau ingin terlihat keren dgn kamera besar, DSLR aja.

  98. Fondy

    21 September 2016 at 2:06 pm

    Pak saya sedang mendalami photography dan ingin membeli canon 80d apa itu bagus ? Tapi kadang males bawa berat berat minta saran untuk mirrorless yg sebanding pak . Ty

  99. Fondy

    21 September 2016 at 2:21 pm

    Pak saya sedang mendalami photography dan ingin membeli canon 80d apakah bagus ? Tapi kadang males bawa yg berat berat. camera mirrorless yg sebanding apa ya? Ty

  100. Hafizh

    23 September 2016 at 3:34 am

    Gan mintak saran.samsung nx500 sama canon 700d bagusan mana ya.saya bingung mau pilih mana

  101. Pingback: Kamera Mirrorlessvs DSLR, Mana yang Lebih Baik? – Magnatural

  102. Thomas

    9 Oktober 2016 at 12:13 am

    Mohon saran nya, saya berencara membeli kamera mirrorless dengan range harga 5-6jutaan, pilihan saya jatuh antara Sony A5000 atau olympus E-PL5, kebutuhan saya adalah 1 kamera dengan lensa kita bawaan dan berencana sekalian membeli lensa dengan f/1.8 mana yang harus saya pilih? Terimakasih

  103. wolulimolimo

    18 Desember 2016 at 12:51 pm

    Halo, mau tanya, sy kan suka nya buat video ,pake nya eos 60d , menurut agan sudah cukup bagus atau blm? Untuk video kamera di bwh 10jt yg recomended apa yaaaaa? Terimakasih sebelumnya.

    • rumorkamera

      18 Desember 2016 at 9:40 pm

      kalau 60D videonya masih full HD, sementara utk mirrorless udah banyak yang 4K.

  104. Arya ms

    4 Februari 2017 at 8:24 pm

    Misi mas mau nanya, saya lagi bingung antara 60d sama son a6000 bagus mana, kebutuhan sih untuk perkuliahan broadcasting untuk bikin video dan foto2..kira2 lebih bagus yg mana ya mas ? Mohon responnya terima kasih

  105. Saufi

    26 Februari 2017 at 3:06 pm

    bang mau tanya, ane rencananya mau beli kamera dengan budget 7jt’an , nah ada temen yang nyaranin dengan budget segitu beli canon eos m3, kira-kira bagus apa enggk bang? atau ada rekomendasi lain yang lebih bagus ? makasih sebelumnya.

  106. Miduk

    20 Maret 2017 at 2:53 am

    Min numpang tanya…kalo untuk kamera mirolles yg bagus bajetnya 10- yg bagus apa ya? Trus misalkan mau ganti2 lensa pake merek lain bisa ngga?(pakai adapter)
    Harganya kameranya tolong dicantumin juga ya min.
    Tolong responnya.terimakasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *