web stats

Lensa Panasonic 12-35mm f/2.8

Lensa Panasonic Lumix G Vario 12-35mm f/2.8

Lensa 12-35mm f/2.8 dan Olympus OMD EM5

Panasonic hari ini mengumumkan produk baru yaitu lensa standard zoom Lumix G Vario 12-35mm/f2.8 ASPH untuk sistem mirrorless micro 4/3. Lensa 12-35mm ini ekuivalen dengan 24-70mm f/2.8 pada sensor Full Frame tapi dengan ukuran yang lebih kecil setengahnya. Feature utama lensa ini adalah :

  • 24-70mm-equivalent
  • Bukaan maksimum konstan f2.8
  • Power OIS (tidak memiliki Power Zoom)
  • Nano surface coating, minimalisir flare dan ghosting
  • Silent operation, tanpa noise suara untuk pengambilan video
  • Micro Four Thirds untuk kamera Panasonic dan Olympus
  • Weather sealed

Dengan feature weather sealed yang anti debu dan air, sepertinya merupakan petunjuk bahwa Panasonic juga sedang mempersiapkan body kamera baru yang weather sealed pada event Photokina tahun ini. Mungkinkah kamera Lumix GH3 sebagai penerus GH2 ? Atau kamera model rangefinder penerus GX1 dengan build in EVF ? Tunggu saja di rumor-rumor berikutnya. Yang pasti lensa tersebut terlihat cakep di Olympus OM-D EM-5 mungkin karena sama-sama weather sealed hehe.

Review kinerja lensa dari DSLRmagazine :

File RAW memiliki resolusi sangat tinggi di tengah dan sudut, dengan memiliki resolusi maksimum pada bukaan f/8. Tapi meski dengan maksimum aperture lensa tetap dapat memberikan “kinerja penuh”. Vignetting hadir di f/2.8 saja (tapi tidak perlu khawatir). Memiliki distorsi yang sangat rendah (memudahkan post proses di PS).

Lensa Baru Panasonic Lumix G Vario 12-35mm f/2.8

Grafik Performa Lensa Panasonic 12-35mm f/2.8

Singkatnya, lensa menetapkan standar kualitas baru untuk semua lensa zoom sistem mirrorless. Lensa ini hampir tidak memiliki kekurangan. Harga kemungkinan sekitar 1,100 Euro atau $1200 atau sekitar 12 juta rupiah. Jika dibandinkan dengan lensa yang setara, sepertinya jauh lebih murah. Lensa Canon 24-70mm harganya $ 1500 dan Nikon hampir $ 1900.

Resource lainnya :

Gambar sampel pada DPReview.
Detail review di Ephotozine

 


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *