HOT! Panasonic Dan Fujifilm Kembangkan Sensor Organic Bersama, Dynamic Range Tembus 29,2 EV

Ini adalah kejutan besar dan mungkin akan menjadi sebuah revolusi baru di era kamera digital! Panasonic dan Fuji bekerja sama dalam sebuah pengembangan sensor organic jenis baru!. Sensor baru ini akan memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan sensor konvensional:

  • Memiliki hanya 1/6 dari ketebalan sensor konvensional
  • Peningkatan Dynamic range dari 88DB
  • 1,2 kali lebih masuk akal
  • Sudut insiden 60 derajat, artinya semakin efisien memanfaatkan cahaya yang masuk melalui sudut untuk reproduksi warna sejati, tanpa pencampuran dengan warna lain. Hal ini juga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam desain lensa, memfasilitasi pengurangan ukuran kamera secara keseluruhan.

Fuji saat ini membuat beberapa sensor terbaik, melihat X sensor trans mereka yang sangat bagus terutama dari sisi noise performance. Dan akhir-akhir Panasonic menghadapi beberapa persaingan kuat sensor Sony yang supply sistem MFT Olympus. Berita ini bisa mengubah segalanya dengan Fuji dan Panasonic dapat memimpin revolusi sensor baru! Kompetisi di model mirrorless sepertinya benar-benar akan menari, semakin sehat, sekarang kita melihat Olympus – Sony di satu sisi dan Panasonic – Fuji di sisi lain. Sangat menarik.

Dynamic Range

Claim performa dari sensor organic ini, dari press release mereka, cukup membuat berdecak kagum. Sensor organic ini memiliki dynamic range teoritis 88DB (setara 29.2 EV!), Nikon D800E sebagai DSLR dengan terbaik saat ini memiliki dynamic range 46dB (15,3 EV). Jika kamera Panasonic dan Fuji berikutnya benar-benar dapat mencapai DR tersebut, ini akan menjadi langkah maju yang besar! Ini tidak hanya akan menutup kesenjangan anatara sensor APS-C/MFT dengan sensor FF tapi di atas kertas bahkan “mengalahkan” mereka. Tentu saja, butuh waktu beberapa lama hasil riset sensor baru tersebut ditanamkan pada kamera produksi massal. Dan tentu saja kompetisi tentu bekerja pada sensor yang sama juga!

Perhitungan skala dynamic range :
46 dB = 4,6 B -> 10 ^ 4,6 = 2 ^ 15,3 -> 15,3 EV (Nikon D800E)
88 dB = 8,8 B -> 10 ^ 8,8 = 2 ^ 29,2 -> 29,2 EV (sensor Organic dari Panasonic-Fuji)

Press Release selengkapnya bisa dilihat di situs Fujifilm (klik disini).


Lazada Indonesia