Sony Membeli Saham Olympus 11%, Saling Mendukung Di Bidang Medis dan Kamera

Logo Sony Olympus

Logo Sony Olympus

Berita besar! Kemarin (Jumat, 28/9/2012) Sony dan Olympus telah menandatangani perjanjian di mana Sony membeli saham Olympus dan akan menjadi pemegang saham terbesar Olympus. Dan berita ini sudah beredar sebelumnya bahwa mereka akan bekerja sama dalam bisnis medis dan kamera.

Wall Street Journal melaporkan: “Olympus memberitakan mereka meningkatkan 49000000000 ¥ ($ 631.600.000) dengan mengeluarkan saham baru kepada Sony Corp Dengan modal tie-up, Sony efektif akan menjadi pemegang saham Olympus terbesar, dengan saham dari 11,5% dalam hal hak suara. Kedua perusahaan juga berencana pada akhir Desember untuk mendirikan perusahaan patungan untuk mengembangkan perangkat medis dan untuk mempelajari kolaborasi dalam kamera digital kompak.”

Kalimat terakhir adalah apa yang paling kita perhatikan: “kolaborasi dalam kamera digital kompak”. Saya kira keduanya akan tetap tinggal dan bersaing dengan sistem mereka sendiri dan berbagi sensor, OLED dan teknologi lensa.

Engadget juga melaporkan bahwa kesepakatan itu juga mencakup perjanjian sharing komponen dalam bidang fotografi. Ini tentu bisa berarti banyak hal terutama di bidang kamera, misal Olympus akan men-supply lensa untuk sistem NEX, dan Sony akan semakin memperkuat Olympus dengan supply sensor terbaiknya.

Seperti diketahui, sistem mirorless NEX masih minim dukungan lensa, berbeda dengan Micro Four Third yang sudah memiliki banyak koleksi lensa, kerjasama antara Olympus dan Panasonic. Sehingga Sony sangat membutuhkan lensa untuk sistem NEX mereka. Apakah ini berita buruk atau berita baik ? Yang pasti Sony semakin merajai dunia sensor. Semoga ini mendorong Panasonic untuk mengembangkan sensor mereka lebih baik lagi.

Dengan Sony membeli saham Olympus, makin ketat persaingan, semoga makin baik buat kita konsumen :).

Leave a Reply