Pasar Kamera Digital 2013 Lesu, Turun Hingga 40%

Pasar Kamera Digital 2013 Lesu, Turun Hingga 40%

Infographic yang dibuat oleh Lensvid ini menunjukkan turunnya pasar kamera digital global. Terlihat pada gambar di atas penurunan pasar kamera terjadi untuk semua jenis kamera baik kamera poket/kompak, kamera DSLR dan mirrorless. Tidak ada yang bisa dilakukan, pasar kemungkinan akan mengalami kemunduran lebih lanjut hingga beberapa tahun mendatang.

Ada banyak sebabnya antara lain krisis ekonomi, kejenuhan pasar, semakin baiknya kamera pada smartphone dan sebagainya. Prediksi-prediksi yang dibuat untuk tahun 2013 tentang pengiriman kamera ke pasar jauh dari kenyataan. Pabrikan harus berpikir keras bagaimana membuat pasar kamera kembali bergairah dengan berbagai tekanan yang ada. Inovasi-inovasi yang selama ini dilakukan sudah cukup baik, tetapi sepertinya tidak ada yang meledak di pasaran.

Yang paling terpukul adalah kamera jenis poket dan mirrorless, yaitu turun hingga 45% dan 25%. Sedangkan kamera DSLR turun lebih sedikit yaitu 19%. Secara total pasar kamera turun 40% dari tahun sebelumnya. Hal ini tentu tidak akan secara langsung mempengaruhi para pengguna atau fotografer. Tetapi kita harus terus berharap agar pabrikan tidak ada yang bangkrut, karena jika hal itu terjadi maka inovasi teknologi di dunia fotografi akan melambat atau bahkan berhenti.

Leave a Reply