Olympus Perkenalkan Kamera Open Platform Dengan Mount MFT

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pada acara Photokina, Olympus menunjukkan konsep modul kamera baru dengan lensa yang dapat dipertukarkan menggunakan mount Micro Four Thirds yang disebut Olympus Open Platform. Modul kamera dapat digunakan dengan ponsel pintar (melalui koneksi Wi-Fi) mirip dengan kamera QX1 milik Sony, hanya mungkin lebih open sehingga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Belum ada informasi tambahan untuk saat ini, tetapi terdapat situs web Olympus resmi untuk Open Platform Community (OPC) di sini.

Siapapun dapat menciptakan dan berpartisipasi dalam Proyek OPC ini. Ini adalah inisiatif interaktif untuk pengguna kamera baru Olympus dengan platform terbuka. Siapapun dapat melakukan hack, berbagi dan bergabung dengan cara yang menyenangkan. MIT merupakan salah satu yang berpartisipasi dalam Open Platform ini.

Apakah platform ini akan diterima ? Kita belum tahu. Yang pasti dengan semakin banyaknya kamera yang modular, seperti Sony QX atau yang sudah agak lama adalah Ricoh GXR akan membuka peluang untuk makin dapat berkembang. Apalagi jika ada embel-embel platform, bisa jadi source code engine-nya juga akan open.

Leave a Reply