Saturday, March 2, 2024
HomeRumor KameraCanonRumor Canon EOS R1 Mirrorless Pro Terbaru

Rumor Canon EOS R1 Mirrorless Pro Terbaru

Rumor Canon EOS R1

Dalam beberapa bulan terakhir, kami menerima informasi tentang Canon EOS R1 yang akan datang. Ini akan menjadi kamera flagship terbaru dari Canon. Saat ini, kita belum memiliki pengganti sejati untuk EOS-1D X Mark III, yang umumnya dianggap sebagai DSLR terbaik yang pernah ada. Oleh karena itu, adalah wajar jika Canon mengambil waktu untuk memastikan bahwa mereka merilis body mirrorless yang melampaui segalanya.

Beberapa informasi yang kami terima tentang Canon EOS R1 agak bertentangan, yang cukup normal dalam pengembangan produk. Kadang-kadang informasi berasal dari prototyping, kadang-kadang dari mulut ke mulut, dan terkadang, sayangnya, hanya dibuat-buat.

Berbagai Rumor Canon EOS R1

Bodi Lebih Besar Dari Canon EOS R3

Canon EOS R1 akan memiliki bodi yang lebih besar daripada Canon EOS R3/R5. Ini memberikan ruang tambahan untuk fitur-fitur tambahan dan kontrol yang lebih baik. Bodi yang lebih besar juga berpotensi memberikan kenyamanan ergonomis yang lebih baik untuk pengguna.

Layar OLED Lebih besar

Salah satu sumber mengatakan bahwa “tidak ada yang sekarang memiliki layar sebesar yang akan dimiliki EOS R1.” Ukuran standar untuk kamera-kamera besar umumnya sekitar 3,2″, apakah kita akan mendapatkan layar 4″?

Resolusi Sekitar 45mp

Canon berpendapat bahwa resolusi sekitar 45mp adalah titik ideal untuk kamera ini. Di lingkungan profesional seperti acara olahraga, kita harus mempertimbangkan throughput yang diperlukan untuk mendapatkan gambar dari kamera ke editor dan kemudian ke web/cetak. Meskipun ada yang mengklaim sensor 80mp, kami pikir Anda akan melihat sensor seperti itu dalam bodi Canon EOS R5.

EVF Resolusi Tertinggi

EVF pada Canon EOS R1 akan menjadi yang memiliki resolusi tertinggi ketika diluncurkan. Kemungkinan besar EVF ini akan dibuat oleh Canon sendiri. Harapkan opsi refresh rate yang sangat tinggi serta tidak ada blackout saat menggunakan EVF ini.

Global Shutter?

Beberapa mengatakan ya, yang lain mengatakan tidak. Saat ini, kami tidak memiliki ide. Kami berpikir global shutter adalah langkah yang perlu diambil, terutama dengan penggunaan shutter elektronik dan kemungkinan solusi untuk masalah rolling shutter yang sering terjadi pada EOS R3 dan EOS R5 dalam situasi tertentu.

Baterai Varian LP-E19

EOS R1 akan menggunakan varian dari baterai LP-E19 yang sudah ada. Baterai ini sudah terbukti memiliki daya tahan yang baik dan kinerja yang andal.

Dual CFe slots

EOS R1 akan dilengkapi dengan dua slot CFe. Salah satu sumber mengatakan bahwa kemungkinan setidaknya satu dari slot tersebut adalah Type C. Namun, kami tidak yakin dengan ide ini. Kartu Type C lebih besar daripada Type B, dan kami pikir saat ini, orang lebih menginginkan slot yang sesuai dan bukan campuran. Fotografer Canon telah menambahkan kartu Type B ke tas mereka untuk waktu yang cukup lama dan kemungkinan tidak ingin memulai dari awal kecuali ada alasan yang cukup kuat. Meskipun begitu, tidak akan ada slot kartu SD.

Desain Ergonomis Gaya EOS-1D

Desain ergonomis yang lebih mirip dengan gaya EOS-1D. Ini cukup ambigu, tetapi bodi yang lebih besar memungkinkan untuk desain ini. Kami berpendapat bahwa ukuran tidak sebanyak berat, dan Canon sepertinya banyak menghabiskan waktu untuk mengurangi berat kamera dan lensa. Ini tidak mudah dilakukan, tetapi Canon telah membuktikan kemampuannya dalam hal ini.

Layar Atas Berwarna

Layar atas pada EOS R1 akan menjadi layar berwarna jika Anda menginginkannya. Sepenuhnya dapat disesuaikan dalam hal informasi yang ditampilkan dan tampilannya. Kita semua sudah menunggu kemajuan dalam layar atas dan cara kerjanya.

Sistem AF Baru

“Sistem autofokus yang baru”. Apakah ini berarti QPAF? Kami pikir ini sangat mungkin, mengingat ada banyak paten tentang QPAF, dan ini adalah langkah logis berikutnya.

Fitur Video

Kami belum memiliki informasi tentang fitur video. Biasanya, informasi semacam ini tidak tersedia sampai menjelang pengumuman resmi. Salah satu sumber mengatakan bahwa fitur video/firmware akan dikembangkan oleh tim Cinema EOS.

Waktu Rilis Belum Pasti

Pengumuman EOS R1 akan menjadi “proses yang berlarut-larut”. Ini mungkin berarti ada pengumuman pengembangan terlebih dahulu, kemudian kamera akan diberikan kepada para profesional untuk melakukan penyesuaian terakhir pada firmware sebelum pengumuman resmi. Pekan Olimpiade Paris dimulai pada bulan Juli tahun depan, jadi kita bisa berharap kamera ini akan tersedia di pasaran pada saat itu dan acara tersebut tidak hanya akan digunakan untuk pengujian beta produk final.

Persaingan dengan Sony

Sony kemungkinan sedang mempersiapkan alpha a1 II dalam jangka waktu yang sama. Perusahaan mana yang akan segera mengumumkan sesuatu? Kami berpikir EOS R1 lebih penting bagi Canon daripada a1 II bagi Sony, dan jika EOS R1 bukanlah kamera terbaik setidaknya dalam beberapa tahun ke depan, itu akan merugikan merek Canon.

Table Spesifikasi

SpesifikasiDetail
Jenis KameraMirrorless
Mount LensaRF
SensorBelum dikonfirmasi
Resolusi SensorSekitar 45MP
LayarOLED, kemungkinan besar 4″
EVFResolusi tinggi, refresh rate tinggi, tanpa blackout
Sistem AutofokusBaru, kemungkinan QPAF
Slot Kartu MemoriDual CFe, tidak ada slot SD
BateraiVarian LP-E19
Fitur VideoBelum dikonfirmasi
Desain ErgonomisGaya EOS-1D, bodi kamera lebih besar
KonektivitasBelum dikonfirmasi

Kesimpulan

Canon EOS R1 akan menjadi kamera mirrorless yang sangat dinantikan oleh para fotografer pro. Dengan fitur-fitur yang bisa dipastikan akan luar biasa, seperti bodi yang lebih besar, panel OLED yang lebih besar, resolusi yang optimal, EVF terbaik, dan desain ergonomis yang mengikuti gaya EOS-1D, kamera ini berpotensi menjadi raja di dunia fotografi. Meskipun beberapa detail masih belum pasti, antusiasme kami untuk melihat Canon EOS R1 semakin besar.

FAQ

Q: Apakah Canon R1 akan memiliki konektivitas Wi-Fi?
A: Saat ini, belum ada informasi resmi tentang konektivitas Wi-Fi pada Canon EOS R1. Namun, mengingat tren saat ini, kemungkinan besar kamera ini akan dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer foto dan video secara nirkabel.

Q: Apakah EOS R1 kompatibel dengan lensa EF?
A: Canon EOS R1 akan menggunakan mount RF yang lebih baru, tetapi Canon kemungkinan akan menyediakan adaptor untuk lensa EF agar kompatibel dengan kamera ini. Jadi, pengguna lensa EF masih dapat memanfaatkan koleksi lensa mereka dengan EOS R1.

Q: Berapa harga perkiraan untuk R1?
A: Saat ini, belum ada informasi resmi tentang harga Canon EOS R1. Namun, mengingat statusnya sebagai flagship camera, kita dapat mengharapkan harga yang sebanding dengan fitur-fitur unggul yang ditawarkannya.

Q: Berapa fps burst rate pada Canon EOS R1?
A: Meskipun belum ada informasi resmi tentang fps burst rate pada Canon EOS R1, kita dapat mengharapkan tingkat burst rate yang tinggi mengingat kelas kamera ini. Kemungkinan besar, kamera ini akan mampu menangkap aksi dengan kecepatan tinggi.

Q: Apakah Canon EOS R1 akan memiliki fitur 8K?
A: Sampai saat ini, belum ada informasi resmi tentang kemampuan merekam video 8K pada Canon EOS R1. Namun, mengingat perkembangan teknologi kamera, tidak menutup kemungkinan bahwa kamera ini dapat merekam video dengan resolusi 8K untuk kebutuhan profesional.

Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami