[RK2] Kamera DSLR Canon 2014: EOS 1D Dan EOS 7D Mk II

Canon EOS-1D X, Image Credit : Canon

Canon EOS-1D X, Image Credit : Canon

Berikut adalah beberapa produk kamera DSLR Canon 2014. Tingkat rumor masih rendah karena belum ada tanda-tanda dari banyak sumber atau detail spesifikasi atau bocoran gambar.

Canon EOS 1D

Sudah lama sejak Juli 2013 dirumorkan terakhir disini, kembali muncul kabar bahwa Canon berencana untuk meluncurkan kamera DSLR terbaru seri EOS 1D pada tahun 2014. Spekulasi menunjukkan waktunya akan bersamaan degan peluncuran Nikon D4x (juga pernah dirumorkan sebelumnya). Kamera ini akan menjadi yang pertama bagi Canon masuk ke ranah resolusi megapiksel tinggi, disebutkan 50MP hingga 75MP. Juga akan ada lensa yang khusus didesain agar matching dengan EOS 1D.

Canon tidak ingin meluncurkan kamera baru ini dengan cara yang sama mereka lakukan dengan EOS-1D X dimana kamera tersebut diumumkan sebelum Nikon D4, tetapi berikutnya D4 diumumkan dan bisa lebih cepat melakukan pengiriman ke toko-toko sedangkan 1D X masih belum siap. Canon tidak boleh mengulangi kesalahan tersebut, karena timing yang salah bisa membuat sales tidak sesuai yang diharapkan, semua harus benar-benar siap.

Canon EOS 7D Mark II

Yang kedua adalah penerus Canon EOS 7D yang gosipnya akan diganti pada paruh pertama 2014 dengan nama EOS 7D Mk II, detail rumor spesifikasinya ada disini. Waktu pengumuman belum ada petunjuk untuk saat ini. Kamera baru ini akan menjadi kamera pro dengan sensor APS-C, kamera dan akan dihargai sekitar $2000 USD. Agak aneh karena harganya beririsan dengan Full Frame EOS 6D, tetapi tentu 7D Mark II akan memiliki sensor terbaru, serta variasi sistem autofocus baru yang akan berbagi teknologi dengan EOS-1D.

Fitur lain setidaknya adalah standar kamera digital saat ini, yaitu built-in WiFi, GPS dan layar LCD dengan resolusi dan ukuran terbesar dari seluruh model kamera Canon.

Banyak Lensa Baru

Tahun 2014 juga akan menampilkan banyak lensa baru untuk DSLR Canon. Beberapa sumber dari CanonRumors.com mengkonfirmasi hal ini dari sumber yang terpercaya dan sumber baru, bahkan disebut sebagai “tahun lensa” untuk kamera Canon. Sementara Nikon dan Sony sudah menjajaki pasar baru seperti mirrorless Full Frame dan desain retro murni, Canon tampaknya akan tetap saja dan berkonsentrasi pada kamera DSLR dan memperbanyak dukungan lensa.

Perkiraan daftar lensanya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, lensa FF wide angle zoom dengan IS (17-50mm f/4L IS)
  • Lensa fast wide angle baru dengan “teknologi baru” (35mm f/1,4)
  • Dua lensa tilt-shift baru
  • Lensa tele zoom pengganti (100-400mm)

 


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *