Monday, April 22, 2024
HomeReview KameraKualitas FotoPerbandingan High ISO Fuji X-E1 Mendekati DSLR FF Nikon D600 Dan Canon...

Perbandingan High ISO Fuji X-E1 Mendekati DSLR FF Nikon D600 Dan Canon 5D Mk.III

Fuji X-E1 vs Nikon D600 vs Canon 5D Mk III
Fuji X-E1 vs Nikon D600 vs Canon 5D Mk III, Image Credit Camerasize

Sebuah test dari DSLR Magazine membandingkan kamera mirrorless Fuji X-E1 dengan kamera DSLR Full Frame Nikon D600 dan Canon 5D Mk. III. Dan hasilnya … (suara drum) … Yup, dari semua aspek kualitas gambar, hasilnya silahkan diamati sendiri  disini, dan menurut berbagai situs dan pandangan mata awam saya, bisa dibilang setara!. Perlu diperhatikan bahwa ini hanya perbandingan dari sisi kualitas gambar/foto, dan tidak memperhitungkan performa kamera secara menyeluruh, misal ergonomis, kecepatan AF, baterai lifetime dll.

>> File perbandingan bisa dilihat disini, ukuran yang cukup besar.

APS-C vs Full Frame Sensor
APS-C vs Full Frame Sensor

Sensor Fuji X-E1 berukuran APS-C, sedangkan dua kamera lainnya berukuran Full Frame. Secara teknis, sensor APS-C yang lebih kecil seharusnya memiliki kualitas gambar yang di bawah FF, baik dilihat dari segi resolusi, noise berformance, dynamic range dll. Tetapi Fuji telah membuat breakthrough (seperti yang memang pernah mereka state dahulu) bahwa sensor berukuran lebih kecil, tidak harus selalu lebih jelek hasilnya.

Fuji tinggal memperkuat di faktor performa AF dan juga performa kamera secara umum, dari berbagai review mereka lemah disitu, Ada lag dan AF tidak on-par dengan DSLR. Selain itu juga lensa harus segera diperbanyak pilihannya, tentunya dengan tetap mempertimbangkan ukuran yang kompak.

Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

  1. Autofocus Fuji X-E1 sebenarnya cukup cepat tetapi repot karena single point saja, user harus menggeser menggunakan tombol . Sebenarnya bisa saja focus dikunci dulu baru geser kamera untuk atur komposisi tapi tetap kurang cepat. Wishlist saya dari Fuji X-E1 adalah autofocus seperti Sony Nex5N yang bisa mengenal wajah dan tracking object dengan sentuhan jari. Peaking focus bermanfaat juga jika focus manual. Tiga hal tadi sayang sekali tidak ada di Fuji. Bisa dipahami karena Fuji X-E1 adalah kamera minimalis.

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami