7 Kamera Terbaik 2020 Untuk Semi Pro Dan Profesional

Kamera Terbaik 2020 Untuk Pro dan Semi Pro
Kamera Terbaik 2020 Untuk Pro dan Semi Pro

Setiap 2-3 tahun sekali akan muncul kamera terbaik yang menjadi pilihan baik dari situs fotografi terkenal atau pilihan fotografer. Berikut adalah ulasan yang lumayan detail dari 7 kamera terbaik 2020 yang mesti kamu ketahui.

Ya, Fujifilm X-T4 terpilih menjadi kamera terbaik 2020. Kamera mirrorless ini tidak memiliki resolusi tertinggi atau sensor terbesar, maupun kinerja tercepat, tetapi performanya sangat seimbang di semua lini. Sehingga menjadikannya terpilih sebagai kamera yang paling bagus di tahun 2020 ini.

X-T4 merupakan kamera gaya retro yang enak dilihat desain bodi-nya, memiliki kualitas output yang sangat baik untuk foto dan video, dan yang menjadikannya spesial adalah pengalaman pemotretan yang lebih intim, dengan disediakannya banyak tombol/dial khusus seperti kamera analog.

Kita tidak akan membahas Fujifilm X-T4 saja, beberapa kamera terbaik di kategorinya masing-masing juga akan kita ulas tuntas.

Kamera Terbaik 2020 Fujifilm X-T4

Kamera ini memiliki performa tinggi untuk banyak kategori yang tidak akan membuat kantong bokek. Untuk fotografer antusias atau siapa pun yang mencari sebuah kamera untuk semua tujuan.

Gallery Fujifilm X-T4

Harga Mirrorless Fujifilm X-T4

Harga kamera Fujifilm X-T4 berada di kisaran 26 juta rupiah. Memang jauh di bawah D780 dan A7R IV yang hampir dua kali lipatnya. Lebih terjangkau tetapi apakah pro akan lebih memilihnya ? Belum tentu. Banyak faktor yang mempengaruhi pilihan.

Review Fujifilm X-T4

Desain klasik kamera ini mengusung dial kontrol yang diilhami dari kamera analog dilebur ke dalam fitur-fitur modern seperti stabilisasi sensor-shift 5-axis dan layar monitor yang dapat diartikulasi penuh.

Kamera ini mampu memenuhi segala yang dibutuhkan untuk street photography hingga produksi content video/vlog dan segala sesuatu di antaranya. Semua mampu dipenuhi dengan tingkat standar kualitas yang sangat tinggi.

Kamera ini memang tidak memiliki sensor terbesar (hanya APSC, bukan Full Frame) atau megapiksel terbesar (seperti Fujifilm GFX 100), tetapi pengalaman fotografi-nya sangat otentik, belum ada kamera lain memberikan selengkap Fujifilm X-T4.

Fujifilm X-T4 bisa mengatasi banyak keluhan yang sering disampaikan fotografer. Daya tahan baterai hampir dua kali lipat dari seri sebelumnya, layar yang sepenuhnya dapat diputar bagus untuk vlogging, dan kinerja AF yang bagus setara dengan Sony.

Shutter-nya yang baru dirancang agar silent dan dapat ditembakkan pada 15 fps. Jauh lebih cepat daripada yang dibutuhkan kebanyakan fotografer .

X-T4 sebenarnya membawa banyak teknologi yang sama dengan pendahulunya Fujifilm X-T3, termasuk sensor X-Trans 26 megapiksel, prosesor gambar X Processor 4, dan viewfinder elektronik dot 3,69 juta dot.

Mode videonya juga hampir sama,menawarkan 4K hingga 60 fps, tetapi untuk Full HD sekarang dapat mencapai 240 fps dibandingkan dengan X-T3 120 fps. X-T3 dengan harga yang dibawahnya mungkin menjadi pilihan yang lebih baik jika tidak memerlukan stabilisasi, pemotretan beruntun kecepatan tinggi atau video gerak lambat ekstrem.

Kamera DSLR Terbaik Nikon D780

Mengapa Anda harus membeli kamera ini ? Kinerja yang seimbang antara fitur, kualitas gambar dan harga. Kamera ini untuk pro yang masih membutuhkan viewfinder optik dan pemakaian baterai yang lama.

Gallery Foto Nikon D780

Harga Nikon D780

Harga kamera full frame NIkon D780 adalah di kisaran 45 juta rupiah. Jauh di atas Fujifilm X-T4. Tetapi bagi para pro harga sebenarnya bukan masalah utama, pertimbangan lebih ke arah ekosistem lensa dan aksesoris yang telah diinvestasikan selama ini.

Review DSLR Nikon D780

Kamera D780 merupakan kamera DSLR terbaru dari Nikon. Kamera ini ini menggantikan D750 yang sangat populer sejak tahun 2014 dan menggunakan sensor terbaru 24 megapiksel. DSLR ini adalah kamera pertama milik Nikon yang menggabungkan AF deteksi fase on-chip (PDAF) dengan fitur dari seri Z mirrorless yang memberikan kinerja responsif dalam mode live view dan video.

AF dengan pendeteksi mata juga sangat mengesankan akurasi dan kecepatannya. Nikon D780 pada dasarnya adalah versi DSLR dari mirrorless Nikon Z6.

Sehingga ini menimbulkan pertanyaan, membeli D780 atau pilih yang lebih kompak mirrorless Z6 yang bahkan sedikit lebih murah. Seperti diketahui kamera mirrorless menawarkan keuntungan dalam desain bodi yang kompak, keramahan pengguna dan setidaknya dalam hal ini adalah harga.

Nikon Z6 adalah kamera yang mumpuni dan ini merupakan strategi terbaik yang telah diambil Nikon dengan seri Z-nya untuk tidak mau ketinggalan dalam era digital ini.

Tetapi Nikon D780 lebih merupakan spesialis. Banyak fotografer masih suka menggunakan viewfinder optik, dan D780 menawarkan cakupan viewfinder 100% dengan pentaprisme yang cerah. Selain itu, bodi DSLR yang lebih besar untuk beberapa fotografer pro bisa terasa lebih nyaman ketika dipasangkan dengan lensa tertentu, terutama zoom yang lebih panjang.

Daya tahan baterai adalah keunggulan lainnya dari Nikon D780 ini. Viewfinder optik memakan daya sangat kecil dibandingkan dengan EVF. Dikombinasikan dengan peningkatan efisiensi, D780 dapat bekerja sepanjang hari dengan peringkat CIPA 2,260 tembakan per pengisian daya!

Memang hanya sekelompok kecil orang yang benar-benar membutuhkan daya tahan baterai yang panjang, tetapi ini adalah fitur utama bagi kebanyakan pro yang membutuhkannya dan ingin menghemat uang dengan tidak perlu membeli baterai cadangan.

Resolusi hasil foto D850 juga sangat tinggi, menjadi ciri khasnya. Nikon D780 telah menawarkan keseimbangan fitur terbaik untuk level harganya, video 4K serta autofokus live-view yang lebih cepat menjadikannya pilihan yang tepat bagi sebagian besar pelanggan.

Kamera Mirrorless Full Frame Terbaik Sony A7R IV

Alasan utama memilih Sony A7R IV adalah resolusi terbaik dikelasnya dan kinerja cepat. Kamera ini diperuntukkan bagi fotografer profesional dan fotografer antusias.

Gallery Foto Sony A7R IV

Harga Kamera Sony A7R IV

Harga Sony7R IV ini memang level-nya sudah pro yaitu dikisaran 45 juta rupiah untuk bodi saja. Dengan harga segitu memang pilihannya akan menjadi lebih sulit terutama yang belum memiliki ekosistem full frame milik Sony.

Rewview Kamera Sony A7R IV

Tidak semua orang membutuhkan kamera dengan resolusi 61 megapiksel, tetapi kamera ini akan memuaskan bahkan fotografer yang paling membutuhkan tuntutan pekerjaan tinggi.

Sony A7R IV menjadi salah satu kamera terbaik 2020, meski ketendang dari posisi teratas oleh Fujifilm X-T4, kamera ini layak mendapat tempat. Sederhananya, dengan sensor full-frame akan dengan mudah mengungguli sensor APS-C yang lebih kecil, seperti punya Fujiilm X-T4, terutama terkait kinerja cahaya rendah dan kontrol DOF (depth-of-field).

Sebagai perintis produsen kamera mirrorless full-frame, Sony sebenarnya tetap menjadi pemimpin dalam lomba ini, bahkan ketika Canon, Nikon, dan Panasonic mulai masuk ke kelas yang sama. Tetapi yang jadi catatan adalah seberapa berhasil Sony membuat kamera dengan bodi yang ringkas dengan ergonomis yang baik ?

Sensor A7R IV adalah 61 megapiksel, memiliki resolusi tertinggi yang akan Anda temukan pada kamera format besar. Sensor ini juga memberikan dynamic range yang sangat baik, warna yang luar biasa dan kinerja noise yang rendah pada ISO tinggi.

Megapiksel bukanlah segalanya, dan Sony tahu hal ini dengan baik. A7R IV memiliki kinerja sangat baik, menghasilkan foto resolusi penuh pada mode burst 10 frame per detik dengan mode AF. Memang, X-T4 lebih cepat, tetapi melihat perbandingan resolusinya membuat hal tersebut cukup mengesankan.

Sony A7R IV menggunakan teknologi AF Real-Time terbaru Sony, salah satu sistem fokus otomatis terbaik secara umum, dan juga terbaik di jenis mirrorless. Kamera ini lengkap menawarkan sensitivitas cahaya rendah yang jernih, kecepatan yang baik dan pelacakan wajah dan mata instant.

Dilengkapi EVF berpanel OLED 5,7 juta dot seperti yang pertama kali diperkenalkan Panasonic Lumix S1. Dengan resolusi viewfinder setinggi itu cukup mempengaruhi fotografer yang masih tergantung dengan viewfinder optik DSLR.

Bodi kamera ini memiliki bobot hanya 23 ons dan sudah tahan cuaca, dengan skema tombol kontrol yang seimbang dan mudah digunakan meskipun, sistem menu Sony tetap menjadi ganjalan. Baterai baru kamera ini mampu menembak hingga 670 sekali charge, cukup baik untuk mirrorless.

Kamera Digital Terbaik Untuk Traveling Sony RX100 VII

Alasan utama membeli ini adalah kinerja yang mengesankan dan kualitas gambar sangat baik. Dengan ukurannya yang kompak, cocok baik untuk penggemar foto dan profesional saat bepergian.

Gallery Foto Sony RX100 VII

Harga Sony RX100 VII

Harga kamera Sony RX100 VII ini dikisaran 14-18 juta rupiah. Untuk kamera kompak dengan lensa fixed, yang ditujukan untuk traveling memang harganya terkesan tinggi, tetapi fitur dan kualitas yang dihasilkan memang sebanding.

Review Kamera Sony RX100 VII

RX100 VII melanjutkan kesuksesan Sony dalam mengemas kualitas gambar yang superior dan fitur-fitur mengesankan ke dalam kamera sekecil mungkin.

Generasi ketujuh dari seri kamera kompak RX100 Sony ini meningkatkan fitur yang sudah sangat baik dengan menambahkan EVF tanpa black-out, AF yang lebih cepat dan port eksternal mikrofon 3,5 mm. Ditambah dengan daftar fitur yang belum sempat diimplementasikan di RX100 VI.

Sensor 1 inci 20 megapiksel kembali digunakan, meskipun kecepatan pemotretan secara kontinyu telah turun sedikit dari 24 fps menjadi 20 fps. Terhitung masih sangat cepat. Dengan kompensasi viewfinder elektroniknya yang bisa mengimbangi subjek yang bergerak cepat tanpa black-out. Selain itu, kecepatan AF telah sedikit meningkat dari sebelumnya.

Sony RX100 VII juga membawa fitur video lengkap. Kamera ini dapat merekam video 4K pada 30 fps, 1080p hingga 120 fps dan gerakan super lambat pada 240, 480 dan bahkan 960 fps pada resolusi lebih renda.

Kamera ini juga dilengkapi Hybrid Log Gamma (HLG) untuk merekam dynamic range maksimum dan memutar konten HDR pada televisi yang kompatibel, fitur yang biasanya disediakan untuk kamera semi pro ke atas.

Harga yang cukup tinggi menempatkan kamera ini untuk para antusias, tetapi RX100 VII akan bisa dihandalkan untuk waktu yang cukup lama sebagai kamera terbaik 2020.

Jika tidak membutuhkan yang paling baru dan paling uptodate, maka pilih model RX100 VI yang sedikit lebih lama tetapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Meski kinerjanya tentu tidak sama, tetapi masih bisa menghasilkan gambar yang menakjubkan berkat sensor yang sangat mirip.

Kamera Digital Terbaik Tahan Banting Olympus Tough TG-6

Dari namanya kamera ini jelas tahan air, debu dan tahan goncangan sangat cocok buat di bawa petualang. Jadi kamera ini cocok untuk mereka yang tidak mau begitu peduli dengan perawatan kamera yang terlalu hati-hati

Gallery Foto Olympus Tough TG-6

Harga Kamera Olympus TG-6

Harga kamera Olympus TG-6 di pasaran lebih terjangkau dari kamera-kamera lain di list ini. Harga berkisar antara 6 hingga 7.5 juta rupiah untuk kamera serbaguna yang dipersenjatai fitur weather seal yang biasanya hanya ada di kamera-kamera pro.

Review Olympus Stylus Tough TG-6:

Olympus memang sudah dijual ke investor baru. Tetapi bukan berarti kameranya langsung hilang dari pasaran.

Olympus memang tidak dapat secara resmi menyebut Tough TG-6 adalah child-proof. Kamera ini tahan air hingga kedalaman 50 kaki dan bahkan akan menahan tekanan 90kg. Oleh karenanya Anak Anda dapat menjatuhkannya di bak mandi, melemparkannya ke bawah tangga, atau menabraknya dengan sepeda mereka dan TG-6 akan tetap hidup.

TG-6 kamera sesederhana untuk point-and-shoot, tetapi memiliki fitur yang kuat dan menyenangkan. Lensa 25-100mm menawarkan rentang zoom yang layak dan mode makro yang benar-benar memukau untuk detail close-up.

Terdapat juga mode light painting yang sangat bagus untuk acara berkemah dan menawarkan hiburan untuk anak-anak kreatif yang hanya dipersenjatai dengan lampu senter.

Kamera ini bahkan dapat memotret dalam format RAW – meskipun, sensor kecilnya tentu tidak akan menyamai kualitas gambar dari kamera lain dalam daftar 7 kamera terbaik 2020 ini.

Untuk perjalanan dan liburan, fitur GPS bawaan dengan kemampuan geotagging dan pencatatan lokasi secara otomatis membuat peta perjalanan melalui aplikasi Olympus Image Track.

TG-6 tidak memiliki banyak perbaikan dibandingkan dengan Tough TG-5, tetapi TG-5 sebenarnya juga tidak lebih murah. Saat ini sudah banyak handpone memiliki fitur tahan cuaca. Tetapi jika tidak ingin ambil risiko merusak handpone Anda, kamera TG-6 ini jawabannya.

Kamera Digital Terbaik Untuk Antusias Sony A6100

Kamera yang ramah untuk para penghobi fotografi antusias dengan label harga terjangkau tetapi melimpat fiturnya. Kamera Sony A6100 cocok untuk fotografer antusias yang ingin langsung ke format mirrorless.

Gallery Foto Sony A6100

Harga Sony A6100

Harga kamera Sony A6100 masuk ke level kamera para antusias yaitu antara 10 s/d 12 juta rupiah sudah dengan lensa kit. Dengan fitur yang sudah lengkap kamera ini menjadi buruan terutama pecinta mirrorless.

Review Kamera Sony A6100

Sony A6100 menghadirkan beberapa fitur dari seri kamera full-frame Sony yang lebih mahal mebuatnya menjadi salah satu kamera terbaik 2020. Kamera ini jauh lebih ramah budget daripada yang full-frame.

Sony A6100 menghadirkan beberapa fitur terbaik dari seri A7 ke dalam kamera yang harganya kurang dari 12 juta ini termasuk lensa kit. Kamera ini masih menggunakan Sony E-mount yang sama dengan A7. Sehingga dipastikan semua lensanya kompatibel jika ingin upgrade ke model full-frame di masa depan.

A6100 menampilkan sensor APS-C 24 megapiksel yang lebih kecil dari full frame, kinerjanya walaupun tidak setara A7 tetap mampu memberikan hasil yang sangat baik untuk sebagian besar situasi, termasuk kondisi low light.

Sistem AF hybrid 425-point Sony yang luar biasa juga sudah ditanamkan di model ini. Dengan A6100 mampu melakukan Real Time Tracking dan teknologi AF Real-Eye untuk mengenali dan mengikuti subjek. Fitur ini berguna saat memotret foto pada 11 fps, kecepatan burst maksimum A6100.

Selain fotografi, A6100 juga menjadi pemain yang kuat untuk film. Mampu merekam video 4K dan bisa dipasang jack mikrofon jika Anda ingin serius meningkatkan kualitas audio.

Sony A6100 kehilangan fitur stabilisasi gambar yang terdapat di A6600 versi mahalnya.

Kamera Digital Terbaik Untuk Video Panasonic Lumix GH5

Alasan utama memilih Lumix GH5 adalah kamera hybrid yang dapat mengambil foto dan video dengan sangat baik, sangat terkenal melegenda di pembuat content video.

Gallery Foto Lumix GH5

Harga Panasonic GH5

Harga kamera Panasonic Lumix GH5 bodi only sekitar 18-20 juta rupiah. Masih cukup mahal untuk kamera yang sudah lama dirilis. Tetapi kamera ini memang menjadi incaran terutama oleh para pembuat content video, sehingga harganya cukup stabil.

Review Panasonic Lumix GH5

Semua kamera dalam daftar kamera terbaik 2020 ini mampu merekam video 4K, tetapi hanya di Lumix GH5 yang videonya merupakan fitur utama dan bukan sekunder. Sementara kamera lain memiliki batas perekaman pendek, GH5 mampu melanjutkan pengambilan gambar hingga kartu terisi penuh atau baterai mati tanpa henti.

Selain itu, Lumix GH5 merupakan kamera pertama yang menawarkan smooth-as-butter video 4K 60 fps. Mencakup sejumlah fitur video yang menargetkan pengguna profesional, termasuk perekaman 10-bit 4: 2: 2, keluaran HDMI yang bersih dan opsi profil log gamma melalui update firmware berbayar yang menghasilkan rekaman seperti film komersial.

Meskipun Anda tidak peduli dengan fitur-fitur tersebut saat ini, tetapi setelah Anda mempelajari cara menggunakannya, sulit untuk kembali ke kamera lain dengan fitur di bawahnya. Dibandingkan dengan kebanyakan kamera mirrorless lainnya, Panasonic GH5 mampu memberikan ruang untuk berkembang.

Kamera ini juga mampu bersaing di area fotografi. AF yang cepat dan dapat memotret 9 fps dengan AF aktif terus, atau 12 fps dengan AF locked.

GH5 juga memiliki beberapa fitur eksklusif Panasonic, seperti mode foto 4K dan 6K dengan pemilihan titik fokus setelah pemotretan. Bisa menggabungkan beberapa frame gambar untuk depth of field yang lebih dalam, atau memotret foto dengan resolusi rendah tetapi pada 60 atau 30 fps.

Meskipun ada kamera dengan sensor yang lebih besar (full frame atau APS-C) atau beresolusi lebih tinggi dengan harga yang sama, Lumix GH5 memiliki perpaduan terbaik antara fitur foto dan video dan mengungguli banyak kamera yang harganya jauh lebih mahal dalam hal fungsi video tingkat lanjut.

Lumix GH5S yang lebih baru semakin meningkatkan kemampuannya, tetapi GH5 sudah pasti lebih murah dengan kemampuan lebih daru cukup, lebih baik untuk fotografi, dan lebih mudah digunakan berkat stabilisasi gambar dalam-bodi (IBIS), yang tidak dimiliki GH5S.

Artikel terkait Panasonic Lumix GH5 dan artikel terkait kamera untuk vlog terbaik jika lebih tertarik ke video.

Perbedaan Prinsip Jenis Kamera Digital

Kamera digital menggunakan lensa untuk memfokuskan cahaya ke sensor gambar. Sensor ini pengganti film dalam kamera analog, terdiri dari jutaan piksel yang sensitif terhadap cahaya dan terdiri dari warna dasar RGB. Saat diproses, piksel tersebut bergabung untuk membuat warna tertentu dan membentuk sebuah foto.

Kamera digital di atas terdiri dari jenis DSLR dan mirrorless. Terkadang sulit menentukan mau memilih yang mana.

Apa itu kamera DSLR?

DSLR merupakan kependekan dari Digital Single Lens Reflex dan ini merupakan evolusi dari SLR era film. Kamera ini menggunakan lensa dan cermin yang dapat dipertukarkan untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder dan sensor.

DSLR menawarkan tampilan yang sangat bersih dan responsif untuk pengambilan foto, tetapi untuk video cermin tersebut cukup mengganggu mekanismenya.

Apa itu kamera mirrorless?

Kamera mirrorless adalah jenis kamera yang menggunakan lensa yang dapat dipertukarkan, tetapi menghilangkan sistem cermin pada kamera DSLR. Sebagai gantinya menggunakan jendela bidik elektronik, atau tanpa jendela bidik sama sekali.

Desain yang lebih ringan dan lebih kecil. Untuk pengambilan foto dirasa DSLR masih sedikit lebih superior, teetapi untuk video semuanya akan menuju ke mirrorless.

Detail penjelasan teknis perbedaan kamera DSLR dan mirrorless yang berbagi posisi di 7 daftar kamera terbaik 2020.

Leave a Reply