Memilih Kamera DSLR Bagi Fotografer Pemula

Kamera DSLR

Kamera DSLR, Image Credit : anggaramahendra.blogspot.com

Beberapa tahun yang lalu, bagi penghobi fotografi pemula, tidak pernah terpikirkan untuk membeli sebuah kamera DSLR, mungkin takut terlihat lebay saat itu .. hehe. Maksimal mereka hanya akan membeli sebuah kamera poket atau konsumer dengan minimal terdapat fitur kontrol aperture dan shutter secara manual. Kemudian jaman berganti, akhir-akhir ini tak jarang kita melihat bukan saja para penghobi fotografi, bahkan untuk foto-foto dokumentasi keluarga juga banyak yang menggunakan kamera DSLR. Tentunya masing-masing memiliki pertimbangan, mungkin hanya sekedar gengsi agar terlihat keren, mungkin karena harganya yang sudah terjangakau atau bisa jadi memang ingin mendapatkan kualitas foto yang terbaik.

Bagi yang ingin menjadi fotografer yang serius, baik amatir maupun menargetkan untuk menjadi profesional, hal yang pertama harus dilakukan adalah memahami kamera apa yang cocok baginya. Keseriusan seorang fotografer tidak diidentikkan dengan besarnya kamera DSLR yang menggantung dilehernya, tidak sama sekali. Saya mengenal dan melihat banyak, banyak sekali foto-foto terbaik dihasilkan tidak melulu dari sebuah DSLR, tapi bisa dari kamera pocket atau bahkan dari kamera handphone. Jadi apa yang menjadi konsen untuk memilih kamera DSLR bagi fotografer pemula ? Atau kamera selain DSLR ?

Perbedaan Mendasar Kamera DSLR, Mirrorless dan Kamera Pocket

DSLR vs Mirrorless

DSLR vs Mirrorless

Saat ini ada 3 mainstream dalam dunia kamera, yaitu kamer DSLR, Mirrorless dan Kamera Pocket. Kamera DSLR dan kamera pocket lahir di zaman yang sama saat era digitalisasi film menjadi sensor. Kamera pocket ukurannya lebih kecil karena menggunakan sensor yang kecil sehingga lensa-nya pun bisa berukuran kecil. Kamera pocket diperuntukkan biasanya lebih ke foto dokumentasi keluarga dan event-event tertentu yang tidak membutuhkan hasil foto dengan kualitas tinggi. Saat ini kamera pocket sudah mulai digusur oleh keberadaan kamera smartphone, yang terintegrasi ke berbagai aplikasi dan social media.

Kamera DSLR ditandai utamanya dengan ukuran sensor yang besar (APS-C atau Full Frame), lensa yang bisa diganti, terdapat mirror pada body untuk mengarahkan cahaya obyek ke optical viewfinder. Ukurannya jauh lebih besar dan berat dari kamera pocket, tetapi dengan hasil foto yang memang kualitasnya lebih bagus. Dan terutama nih, terlihat kereeen, gede gitu loh :D.

Sedangkan kamera Mirrorless adalah genre baru dengan hilangnya mirror dan optical viewfinder dan digantikan dengan elektronic viewfinder (EVF). Hasilnya, body yang sekecil kamera pocket, tetapi kualitas gambar menyamai kamera DSLR. Keluhan pada kamera Mirrorless adalah penggunaan EVF yg dirasa tidak sebaik optical, juga auto-focus yang tidak sebaik DSLR untuk pengambilan gambar obyek bergerak. Sebagai informasi berbagai jenis kamera digital tersebut bisa dilihat di situs toko elektronik online salah satunya adalah lazada.co.id.

Mengenal Level Market Kamera DSLR

Kamera DSLR Nikon dan Canon di Lazada

Kamera DSLR Nikon dan Canon di Lazada

Jadi bagaimana ? Masih ingin memilih kamera DSLR ? Baik kita lanjutkan. Kamera DSLR memliki beberapa level antara lain entry-level dengan range harga 4 s/d 7 juta, kemudian mid-level dengan range harga 8 s/d 15 juta, terakhir high-end dengan range harga di atas 16 juta.

Kamera entry-level biasanya cukup untuk fotografer pemula untuk menekuni hobinya. Semua kontrol manual tersedia mulai dari setting aperture, shutter, ISO memudahkan dalam pengambilan gambar yang kreatif. Body tidak terbuat material yang kuat, jadi mungkin agak kurang kokoh. Contoh kamera DSLR entry level adalah Canon 1000D, Canon 650D, Nikon D3200, Nikon D5200, Pentax K-30 dll. Mana yang terbaik ? Menurut saya sebelas duabelas-lah, sama saja. Tidak ada yang lebih istimewa, teknologi yang digunakan hampir sama semua, mungkin hasil berbeda pada selera tingkat ketajaman, selera tone warna.  Tetapi tetap saja, sebaiknya putuskan setelah membaca review kamera-kamera tersebut, hati lebih sreg yang mana, nah beli segera hehe .. buru-buru amat.

Saya tidak sarankan bagi fotografer pemula untuk langsung terjun ke mid-level atau high-end, karena banyak fitur-fitur yang mubadzir tidak akan kita gunakan, misalnya weather-sealed (anti cuaca), atau body magnesium alloy, atau yang ber-sensor Full Frame.

Menyadari Budget Yang Tersedia

Daftar Kamera di Lazada

Daftar Berbagai Kamera di Lazada

Kecuali budget yang tersedia memang tak terbatas, silahkan memilih kamera termahal. Bercanda kok :D … tetaplah bijak membeli sesuai kebutuhan. Investasikan kelebihan budget ke lensa-lensa dan peralatan fotografi lainnya. Karena lensa salah satu penentu kualitas foto yang dihasilkan. Lebih baik memakai body kamera DSLR entry-level tetapi menggunakan lensa yang high-end daripada sebaliknya, kamera high-end lensanya abal-abal.

Sedangkan bagi budget yang pas-pasan, ya sadarilah, mau gak mau ya DSLR entry-level. Minimal dapat lensa kit standard, biasanya 18-55mm f/3.5-5.5, sudah cukup untuk memulai hobi fotografi. Tidak usah pedulikan misalkan megapixel-nya kalah dengan kamera tetangga, lensanya gini gitu, jangan terjebak dalam banding membandingkan tidak akan pernah selesai.

Just Buy It and Take A Photograph

Berikutnya setelah yakin dengan pilihan hati, segera beli dan mulailah ambil foto sebanyak-banyaknya. Fase terberat bagi seorang penghobi fotografi bukanlah memilih dan membeli, tapi melanggengkan hobi itu sendiri. Saya selalu menyarankan kepada teman-teman yang baru terjun di dunia fotografi, “foto aja, jangan kebanyakan diskusi, foto dan foto”.

Foto sebanyak-banyaknya, di mana saja, kapan saja. Ini membentuk insting awal sebagai seorang fotografer dan berikutnya bisa menjadikan fotografi adalah passion. Yang menentukan foto bagus itu bukan orang lain kok, juga bukan 100% kamera DSLR kita, tapi hampir pasti kita sendiri.

Oke sekian dulu artikel tentang memilih kamera DSLR, semoga bermanfaat. Terakhir bagi yang ingin tahu daftar kamera DSLR apa saja sih dan kisaran harganya, bisa mampir ke berbagai toko online, salah satunya kategori Kamera SLR di Lazada Indonesia.

5 Comments

  1. Kamera murah

    15 November 2013 at 5:34 pm

    trimakasih tips memilih kameranya gan..

    • rumorkamera

      16 November 2013 at 5:30 am

      sama-sama gan, senang jika bisa bermanfaat :)

  2. Kun Hasan Hadi

    12 April 2014 at 4:37 pm

    Saya tidak sengaja mampir ke sini. Sharing informasinya sangat bagus. Kebetulan saya lagi mencari referensi buat anak saya mulai meminati hobi fotografi. Terima kasih.

  3. ted mild

    20 January 2015 at 8:35 am

    salute Bang !saya pakai canon 600D,lens kit 18-55mm, plus lensa 75-300mm,tripod murahan,flash Yongnuo(sorry…murahan juga )tapi selama ini tetap fun enjoy aja,asal kita tahu fungsi n pengaturan yang tepat di bermacam moment.malah keseringan jadi ‘penyelamat’ disaat ada moment penting mendadak yg lain cuma pake camdig,kamera.ujung-ujungnya minta transfers hasil jepretan sm sy asal pula kita siap dengan senjata tiap saat,bersanding sama master pun enjoy jg,sama kakak canon 5D mark iii,canon 7D dll lanjut aja…

  4. Peth

    9 March 2017 at 8:50 am

    Thanks Gan… Sangat bermanfaat buat sy. Kebetulan baru mau beli kamera, jd cari referensi sebanyak2nya. Best Info nih…
    Cakeeepppp…

Leave a Reply