Sony Ungkap Masa Depan Teknologi Sensor Digital

Bildschirmfoto 2015-03-11 um 21.00.59

Sebuah wawancara yang sangat menarik dengan Yasuhiro Ueda (Sony Senior General Manager Image Sensor Bisnis) mengungkap beberapa poin penting terkait dengan teknologi sensor digital di masa depan, khususnya sensor Sony yang digunakan di banyak kamera digitial.

Yang pertama adalah Sony sudah dipastikan akan keluar dari bisnis sensor CCD. Ueda mengatakan, “Sebagai sebuah divisi sensor adalah hal yang biasa jika kemudian dipertimbangkan untuk transisi ke sensor CMOS, karena CMOS memiliki keunggulan kecepatan yang jauh lebih besar.”

Sensor kamera Sony A7S secara akademik telah membuktikan masih memiliki performance yang bagus bahkan ketika aperture sensor sangat kecil. Teknologi semacam ini diterapkan dalam kamera yang memiliki ukuran sel lebih besar seperti Sony A7S, yang mampu mengambil gambar dalam kondisi gelap gulita.

Pengembangan sensor digital akan sangat tergantung dari permintaan user atau customer. Sebagian meminta jumlah pixel yang lebih besar untuk rentang kegunaan yang lebih tinggi. Di sisi lain sebagian merasa terganggu dan hanya meminta ukuran sensor yang lebih besar.

Untuk sensor 3 dimensi Sony juga tertarik dalam mendukung jalur dual kamera. Kamera 3D ini untuk menjawab kebutuhan customer yang berarti sangat tergantung pada permintaan pelanggan atau pasar.

Untuk kamera pada smartphone akan terus digenjot untuk mencapai kualitas setingkat kamera SLR dengan teknologi yang memungkinkan seperti optik, pengolahan gambar dan sensor. Sony akan terus menantang kualitas kamera SLR. (rk)

Leave a Reply