Sony Membuat Sensor Yang Mampu Fokus 10 Kali Kecepatan Mata Manusia

EXmorRS

Bloomberg melaporkan bahwa Sony sedang fokus pada pengembangan sebuah sensor khusus yang mampu mengambil foto setidaknya 10 kali lebih cepat daripada mata manusia. Sony bekerja sama dengan Nissan Motor Co dan Universitas Tokyo untuk menciptakan sensor 1000 fps untuk pasar otomotif dengna harga yang terjangkau.

Sulit untuk menjelaskan, tapi apa yang tampil di video di bawah ini benar-benar keren, sebuah sistem tracking atau pelacakan yang supercepat yang mampu membuat objek terus fokus dan di tengah grame gambar. Dengan gerakan acak, gerakan berputar teratur, gerakan cepat lambat, kamera mampu fokus dan tracking obyek berupa bola pimpong, kemudian secara mekanis otomatis menggeser posisi kamera agar obyek selalu berada di tengah frame.

Video ini dibuat oleh Universitas Tokyo yang bekerja sama dengan Sony. Tentu jika teknologi ini diterapkan di dunia fotografi akan sangat luar biasa karena gambar fotografi sport atau fotografi satwa liar akan sangat mudah untuk fokus. Ini akan menjadi luar sistem pelacakan fokus seperti ini diterapkan pada kamera DSLR atau mirrorless untuk fotografi sport dan fotografi satwa liar!

Sayangnya karena masih tahap riset bersama Nissan, kemungkinan penerapan awalnya nanti adalah untuk sensor yang diterapkan pada otomotif. Silahkan lihat  video berikut.

Leave a Reply