Sunday, June 16, 2024
HomeBerita KameraApple iPhone 15 Pro : Kamera Revolusioner Periskop 5X (120mm)

Apple iPhone 15 Pro : Kamera Revolusioner Periskop 5X (120mm)

Kamera Revolusioner Periskop 5X (120mm) iPhone 15 Pro

Setelah sekian lama, Apple akhirnya membuat perubahan cukup besar pada lini iPhone dengan peluncuran Apple iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, yang akan menentukan perjalanan seri iPhone di masa depan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai perubahan signifikan yang ditawarkan oleh kedua ponsel canggih ini.

Sebelumnya Apple iPhone 15 Pro ini pernah dirumorkan dalam artikel berikut.

Selamat Tinggal, Kabel Lightning!

Salah satu perubahan utama yang ditunggu-tunggu adalah penggantian kabel Lightning dengan USB-C pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Ini adalah langkah besar menuju keseragaman penggunaan kabel antar platform.

Kini Anda dapat menggunakan charger dan kabel dari iPad Pro, MacBook Pro, atau bahkan perangkat Galaxy Anda untuk mengisi daya ponsel ini. Namun, sayangnya, Apple belum mengumumkan peningkatan kecepatan pengisian daya.

Desain Lebih Canggih

Selain itu, bingkai ponsel sekarang terbuat dari titanium, yang membuatnya menjadi model Pro teringan yang pernah diperkenalkan oleh Apple. Perbedaan beratnya hanya 1g jika dibandingkan dengan model 11 Pro sebelumnya, namun jika dibandingkan dengan model 14 Pro tahun lalu, ponsel ini mengurangi bobot hingga 19g.

Apple menggunakan paduan titanium kelas 5 yang sama dengan yang digunakan pada Mars rover, dan paduan tersebut mengelilingi aluminium dalam proses termomekanis baru yang membantu dalam penyerapan panas.

Finishing Warna Menawan

iPhone 15 Pro hadir dalam empat pilihan finishing: Hitam, Putih, Biru, dan Titanium alami. Bingkai ponsel memiliki tekstur sikat yang diperoleh melalui proses panjang yang mencakup mesin, pengamplasan, penyikatan, dan pengecoran pada eksterior titanium ponsel.

Fungsi Pada Tombol Mute

Pada iPhone 15 Pro, tombol mute sekarang berfungsi sebagai tombol aksi tambahan. Dengan menekan dan menahan tombol ini, Anda dapat memasukkan ponsel ke dalam mode senyap secara default.

Namun, Anda juga dapat mengatur salah satu dari serangkaian tindakan lainnya dengan menekan atau menekan dua kali tombol ini, sehingga Anda dapat dengan cepat membuka kamera pada iPhone dengan tombol ini.

Layar Canggih

Layar depan iPhone 15 Pro dilindungi oleh kaca Ceramic Shield, sama seperti model 14 Pro sebelumnya. Ukuran layarnya tidak berubah, dengan iPhone 15 Pro memiliki layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci dengan tingkat penyegaran 120Hz (ProMotion) yang adaptif, dukungan HDR10, Dolby Vision, dan kecerahan puncak 2.000 nits.

Sedangkan iPhone 15 Pro Max meningkatkan ukuran layarnya menjadi 6,7 inci. Selain itu, mode layar selalu aktif telah diperluas untuk mencakup mode selalu aktif dalam mode lanskap saat Anda mengisi daya ponsel.

Sistem Kamera Revolusioner

Kamera utama ini membuka berbagai kemungkinan dalam pengambilan gambar dengan iPhone 15 Pro. Anda dapat mengambil gambar HEIF 48MP bersama dengan ProRAW 48MP. Sensor yang lebih besar ini juga memungkinkan mode zoom digital 28mm, 35mm, dan 48mm, dan iPhone akan membiarkan Anda memilih salah satu panjang fokus ini sebagai pengaturan default Anda.

Terdapat juga stabilisasi optik yang menurut Apple menjalankan 10.000 penyesuaian mikro per detik untuk menghilangkan blur.

Performa yang Mengesankan

Ditenagai oleh chip A17 Pro, iPhone 15 Pro dan Pro Max menawarkan performa yang sangat tangguh. Chip ini adalah chip industri pertama yang dibangun dengan proses 3nm. Di dalamnya terdapat prosesor 6 inti dengan 2 inti kinerja, yang menurut Apple 10% lebih cepat daripada A16 Bionic, dan 4 inti efisiensi.

GPU yang digunakan adalah unit 6 inti, yang menurut Apple 20% lebih cepat daripada pendahulunya dalam kinerja puncak. GPU ini memungkinkan Ray Tracing berbasis hardware, yang konon 4 kali lebih cepat daripada Ray Tracing berbasis perangkat lunak pada chip tahun lalu.

Apple bahkan menunjukkan game konsol seperti Resident Evil Village dan Assassin’s Creed Mirage berjalan pada iPhone 15 Pro baru – kedua judul tersebut akan diluncurkan pada model iPhone Pro baru tahun depan.

Engine Neural adalah unit 16 inti yang menurut Apple dua kali lebih cepat daripada chip tahun lalu untuk model pembelajaran mesin.

A17 Pro SoC memiliki Display Engine dengan codec AV1 yang didedikasikan dan codec ProRes. Chip ini memungkinkan model iPhone 15 Pro untuk merekam 4K 60fps dalam format ProRes RAW, bersama dengan dukungan untuk profil warna ACES yang merupakan standar industri.

Harga dan Ketersediaan Apple iPhone 15 Pro

iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max dapat dipesan mulai Jumat ini. iPhone 15 Pro tersedia mulai dari $999 untuk model dasar dengan kapasitas 128 GB, sedangkan iPhone 15 Pro Max tersedia mulai dari $1.199, dengan model dasar kini memiliki penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Harga di Eropa adalah €1.199 untuk versi Pro dan €1.449 untuk versi Pro Max, yang merupakan harga yang sama seperti tahun lalu. Kedua model akan mulai dikirim pada Jumat berikutnya, 22 September.

Tentunya harga di Indonesi akan berlipat di awal-awal ketersediannya nanti. Biasanya akan berada di atas 20 juta rupiah.

Spesifikasi iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max

Spesifikasi di bawah merangkum fitur dan perbedaan utama antara iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

FituriPhone 15 ProiPhone 15 Pro Max
Pengisian dan KonektivitasUSB-CUSB-C
LayarSuper Retina XDR OLED 6.1 inciSuper Retina XDR OLED 6.7 inci
Adaptive 120Hz (ProMotion)Adaptive 120Hz (ProMotion)
HDR10, Dolby VisionHDR10, Dolby Vision
Kecerahan Puncak 2.000 nits
DesainTepian yang lebih rampingTepian yang lebih ramping
Bezel yang lebih tipisBezel yang lebih tipis
Bingkai titaniumBingkai titanium
Finishing: Hitam, Putih, Biru, Titanium alami
Kamera Utama48MP, sensor lebih besar48MP, sensor lebih besar
Stabilisasi sensor generasi keduaStabilisasi sensor generasi kedua
Lensa 24mm f/1.78Lensa 24mm f/1.78
Kamera Periskop (Pro Max)Perbesaran hingga 5x (120mm ekivalen 35mm)
Lensa f/2.8
ChipA17 ProA17 Pro
Proses 3nmProses 3nm
6-core processor6-core processor
GPU 6-coreGPU 6-core
Neural Engine 16-coreNeural Engine 16-core
Rekaman VideoProRes RAW 4K 60fpsProRes RAW 4K 60fps
ACES color profileACES color profile
HargaMulai dari $999 (128GB)Mulai dari $1.199 (256GB)
KetersediaanMulai dikirim pada 22 SeptemberMulai dikirim pada 22 September

Kesimpulan

Dengan perubahan signifikan dalam desain, performa, dan kemampuan kamera, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max menawarkan revolusi besar dalam dunia iPhone. Pengguna akan menyambut baik penggunaan USB-C yang akhirnya hadir, bersama dengan perubahan desain yang mengesankan dan peningkatan besar dalam performa dan fotografi. Jika Anda mencari ponsel cerdas yang menawarkan berbagai fitur canggih, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max adalah pilihan yang sangat menarik.


FAQs

  1. Berapa harga iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max?
    iPhone 15 Pro tersedia mulai dari $999, sementara iPhone 15 Pro Max tersedia mulai dari $1.199.
  2. Apa yang membuat iPhone 15 Pro berbeda dari model sebelumnya?
    iPhone 15 Pro menawarkan desain yang lebih ramping, penggunaan USB-C, kamera yang ditingkatkan, dan performa yang lebih tinggi.
  3. Apa keunggulan kamera iPhone 15 Pro?
    iPhone 15 Pro memiliki kamera utama 48MP dengan sensor yang lebih besar dan kamera periskop unik pada model Pro Max.
  4. Apa yang membuat chip A17 Pro begitu istimewa?
    Chip A17 Pro adalah chip pertama yang dibangun dengan proses 3nm dan menawarkan kinerja yang sangat tangguh.
  5. Kapan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max akan tersedia?
    Kedua model akan mulai dikirim pada Jumat, 22 September.
Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami