[RK5] Sensor Baru Canon Super 35mm 4K CMOS Global Shutter

canoncmos

Untuk memenuhi tuntutan teknologi yang semakin cepat berkembang, Canon terus mengembangkan sensor mereka agar semakin kompetitif dan bisa memenangkan persaingan. Sensor baru Canon ini sebenarnya secara teknologi seperti global shutter sudah sering disebut juga sedang dikembangkan oleh pabrik sensor lain seperti Sony dan Panasonic.

Baru-baru ini sumber berita membuka sebuah paper yang mengatakan bahwa Canon akan segera menghadirkan sensor baru Super 35mm 4K CMOS. Sensor baru Canon tersebut yang memiliki fitur utama sebagai berikut:

  • Global Shutter
  • Resolusi tinggi (belum disebutkan angka megapixelnya)
  • Pembacaan 4 pixel untuk rentang dinamis tinggi (92dB pada frame rate 30fps standar

Gambar di atas Anda dapat melihat perbandingan antara sensor Canon baru dengan Global Shutter dibandingkan dengan sensor Rolling Shutter konvensional. Meski begitu belum jelas kapan pastinya sensor baru akan siap produksi.

“Peneliti Canon membahas sensor resolusi tinggi, teknologi pencitraan CMOS format besar untuk digunakan dalam kamera kinerja tinggi yang cukup besar untuk mengambil foto dan video pada resolusi ultra-high-definition.

Para peneliti Canon mengembangkan arsitektur baru yang memungkinkan pembacaan dari beberapa piksel untuk dikumpulkan dan disimpan dalam memori, dan kemudian diproses sekaligus. Teknik ini memungkinkan pelaksanaan rana global (global shutter) sementara juga memberikan noise yang sangat baik dan kinerja pada kondisi gelap dan dynamic range tinggi (92dB pada frame rate 30fps standar).


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *