Panduan Fotografi #1 – Inilah Cara Menggunakan Kamera Paling Dasar

Daftar Isi Panduan Fotografi

Seri panduan fotografi lengkap dengan gambar infografis yang mudah dipahami sebagai kertas contekan (cheatsheet), diambil dari berbagai sumber dan kategori.

Semoga bisa membantu dalam mempelajari teknik fotografi dengan lebih mudah dan menyenangkan. Infografis cheatsheet ini adalah hak cipta pembuatnya dan selalu kami sertakan sumber referensinya di bagian bawah. Akan diupdate secara bertahap setiap hari hingga lengkap semua.

Cara Menggunakan Kamera Paling Dasar

Berbagai macam tombol, menu dan fitur yang tersedia di kamera DSLR atau Mirrorless kadang terlihat cukup menakutkan, terutama jika Anda baru memulai terjung di dunia fotografi. Memahami fitur apa saja yang esensial adalah penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari kamera Anda.

Gambar di bawah menjelaskan semuanya dengan singkat. Mulai dari mode kamera untuk menentukan apa saja yang akan disetting. Paling gampang ya setting Auto atau Program, tinggal jepret sana-sini. Tapi untuk kondisi tertentu dibutuhkan mode Manual M termasuk A dan S. Jika ingin penjelasan detail klik artikel terkait tutorial dasar fotografi pada kamera digital.

White Balance akan menentukan warna dari foto. Pastikan setting sesuai kondisi lingkungan untuk mendapatkan warna yang balance dan netral. Artikel ini juga memandu anda detail terkait white balance.

Kemudian Aperture, Shutter Speed dan ISO akan menentukan kondisi akhir dari foto apakah tajam atau blur. Penjelasan detail klik disini.

Panduan ini bisa Anda cetak/print dan dibawa saat latihan atau hunting. Penting memang, tapi jauh lebih penting adalah jam terbang, yang akan memahamkan Anda tentang fotografi dengan insting dan natural.

Panduan Fotografi - Cara Menggunakan Kamera Dasar

Panduan Fotografi – Cara Menggunakan Kamera Dasar

Source : ticsyformacion.com


Lazada Indonesia