Samsung S23 Plus dan S23 Ultra, Bocoran Foto dan Spesifikasi

Samsung S23 Plus dan S23 Ultra, Bocoran Foto dan Spesifikasi

Samsung akan segera meluncurkan dua ponsel flagship terbarunya, Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra. Kedua ponsel ini memiliki desain yang hampir sama dan layar yang sama-sama dilengkapi dengan teknologi HDR10+ dan refresh rate 120Hz. Namun, masih ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara kedua ponsel ini.

Perbedaan utama antara S23 Plus dan S23 Ultra adalah pada kamera. S23 Ultra memiliki zoom yang lebih luas dan kualitas kamera utama dan selfie yang lebih baik. Selain itu, S23 Ultra juga dilengkapi dengan stylus S Pen dan memiliki versi dengan RAM 12GB, sedangkan S23 Plus hanya memiliki RAM 8GB.

Desain dan layar kedua ponsel ini juga memiliki beberapa perbedaan. Samsung menyatukan desain dari Galaxy S line pada kedua ponsel ini, dengan menempatkan lensa kamera pada bagian belakang ponsel. Namun, S23 Ultra memiliki layar LTPO OLED yang lebih cerah dan memiliki resolusi 1440p yang lebih tinggi serta rentang refresh rate yang lebih luas.

Dari segi performa, kedua ponsel ini sama-sama dilengkapi dengan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang ditenagai oleh core yang di-overclock. Namun, S23 Ultra memiliki versi dengan RAM 12GB yang akan memberikan kinerja yang lebih cepat.

Secara keseluruhan, kedua ponsel ini memiliki kelebihan masing-masing. S23 Plus lebih ringan dan lebih kecil dibandingkan S23 Ultra, serta memiliki layar dengan resolusi yang lebih rendah yang akan menghemat daya baterai.

Namun, S23 Ultra memiliki kamera yang lebih baik, stylus S Pen, dan versi dengan RAM 12GB yang lebih kuat. Pembeli harus menimbang-nimbang sendiri apakah fitur tambahan yang ditawarkan oleh S23 Ultra worth it dengan harga yang lebih mahal.

Perbedaan Di Sektor Bodi dan Layar

Dengan Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra, Samsung menyatukan bahasa desain dari Galaxy S line agar terlihat seperti ponsel high-end Ultra. Lensa kamera diletakkan pada bagian belakang ponsel dengan tampilan yang elegan, sehingga tidak peduli ponsel mana yang dipilih, konsumen dapat langsung mengetahui bahwa ini adalah ponsel flagship dari Samsung tahun 2023.

Tentu saja, hal ini juga berarti konsumen tidak dapat menggunakan case lama mereka pada ponsel baru ini, tetapi dengan pilihan warna baru Galaxy S23 yang menarik, seperti Botanic Green, Misty Lilac, Phantom Black, dan Cotton Flower, konsumen mungkin akan ingin menggunakan case resmi yang tersedia dalam warna tersebut.

Seperti yang dapat dilihat pada perbandingan ukuran dari PhoneArena, dimensi kedua ponsel ini sedikit berbeda dibandingkan dengan pendahulunya, tetapi S23 Plus masih lebih ringan, sedikit lebih sempit, dan lebih pendek dibandingkan S23 Ultra, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang khawatir dengan ukuran besar S23 Ultra tetapi masih ingin memiliki ponsel dengan layar besar Samsung.

Sementara itu, layar S23 Ultra 6.8 inci unggul dibandingkan layar S23 Plus 6.6 inci karena menggunakan teknologi layar LTPO OLED terbaru yang memungkinkan rentang refresh rate yang lebih granular dan dapat mencapai 1Hz, sehingga menghemat daya baterai.

Layar S23 Plus hanya dapat menawarkan rentang refresh rate dinamis 48Hz-120Hz yang lebih sempit, meskipun resolusi 1080p yang lebih rendah mungkin akan mengimbangi keuntungan daya baterai dari layar S23 Ultra. S

amsung kemungkinan masih menggunakan kecerahan maksimum 1750 nits pada panel S23 Ultra, dibandingkan teknologi 2000+ nits terbaru, namun panel ini masih cukup cerah dibandingkan layar S23 Plus dalam kondisi cahaya maksimum, sehingga menguras daya baterai lebih banyak saat digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Secara keseluruhan, kedua layar ini diharapkan sudah dikalibrasi dengan baik, mengingat Samsung menawarkan sertifikasi HDR10+ pada panel sesuai dengan spesifikasi model S23 series yang d leak oleh Verizon. Namun, resolusi layar S23 Ultra yang lebih tinggi dan teknologi LTPO yang hemat daya, membuat layar S23 Ultra unggul dibandingkan layar S23 Plus yang keuntungan daya baterainya mungkin dikompensasi oleh penggunaan teknologi LTPS yang lebih lama.

Perbedaan di Sektor Kamera

Secara jelas, Galaxy S23 Ultra unggul dalam sektor kamera. Sensor kamera utama 200MP Samsung ISOCELL HP2 yang digunakan pada S23 Ultra memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dibandingkan kamera utama 50MP pada S23 Plus.

Selain itu, S23 Ultra juga dilengkapi dengan teknologi fotografi terbaru Samsung. Misalnya, sensor ini menawarkan Quad Phase Detection yang membuat autofocus menjadi jauh lebih baik dibandingkan Dual PD pada S23 Plus.

Selain itu, sensor S23 Ultra juga menggunakan teknologi pixel-binning avansed yang disebut Tetra2pixel. Ini memungkinkan sensor untuk mengubah ukuran pixel sesuai dengan jumlah cahaya di lingkungan. Dalam kondisi cahaya rendah, sensor S23 Ultra menangkap gambar 50MP dengan ukuran pixel 1.2μm (4:1 pixel binning) atau 12.5MP dengan ukuran pixel 2.4μm (16:1 pixel binning).

Bocoran sampel foto yang diduga berasal dari S23 Ultra, jauh lebih tajam dan rinci dibandingkan sebelumnya. Selain itu, hasil foto malam dan hasil crop zoom juga jauh lebih baik dibandingkan S22 Ultra, bahkan lebih baik dari S23 Plus.

Tambahkan dengan zoom periscope 10x dan kamera depan yang lebih besar pada S23 Ultra dengan teknologi stabilisasi Ultra Stabilization OIS, S23 Plus jauh tertinggal dalam hal kapabilitas kamera secara keseluruhan. Hal ini mungkin saja layak dengan perbedaan harga yang ditawarkan.

Spesifikasi Samsung S23 Plus dan Ultra

SpesifikasiGalaxy S23 PlusGalaxy S23 Ultra
Ukuran Layar6.6 inches6.8 inches
Resolusi Layar1080p1440p
Teknologi LayarLTPS OLEDLTPO OLED
Refresh Rate48Hz-120Hz1Hz-120Hz
Kamera Utama50MP200MP
Zoom Kamera3x hybrid10x periscope
Kamera Depan10MP40MP
RAM8GB12GB
Penyimpanan128GB/256GB/512GB128GB/256GB/512GB/1TB
StylusTidak adaAda (S Pen)

Gallery Samsung S23 Plus dan S23 Ultra

Summary

  • Samsung menempatkan baterai yang lebih besar pada Galaxy S23+ dan menggunakan versi Snapdragon 8 Gen 2 eksklusif yang sama dengan inti yang di-overclock yang akan digunakan pada Galaxy S23 Ultra.
  • Pertanyaan utama dari pembeli mungkin adalah apakah zoom 10x periscope dari Ultra dan resolusi kamera utama yang lebih tinggi layak dengan perbedaan harga sekitar $200.
  • Galaxy S23 Ultra memiliki rentang zoom yang lebih luas dan kamera utama dan selfie yang lebih superior.
  • Galaxy S23 Ultra memiliki layar LTPO yang lebih cerah dan baik dengan resolusi 1440p yang lebih tinggi dan rentang refresh rate yang lebih luas.
  • Galaxy S23 Ultra dilengkapi dengan stylus S Pen built-in.
  • Galaxy S23 Ultra memiliki versi dengan 12GB RAM dibandingkan 8GB untuk S23+.
  • Dengan S23 dan S23+, Samsung menyatukan bahasa desain dari Galaxy S line agar terlihat seperti ponsel high-end Ultra.
  • Konsumen tidak dapat menggunakan case lama mereka pada ponsel baru ini, tetapi dapat membeli case resmi dari Samsung dalam varian warna yang disegarkan – Botanic Green, Misty Lilac, Phantom Black, dan Cotton Flower.
  • Ukuran kedua ponsel ini sedikit berbeda dibandingkan dengan pendahulunya, namun S23+ lebih ringan, sedikit lebih sempit, dan lebih pendek dibandingkan S23 Ultra.
  • Layar S23 Ultra menawarkan teknologi LTPO OLED terbaru yang memungkinkan untuk rentang refresh rate dinamis yang lebih granular dan dapat turun hingga 1Hz saat menampilkan gambar statis, menghemat daya baterai. Sementara itu, layar S23+ hanya memiliki rentang refresh rate dinamis 48Hz-120Hz dan resolusi yang lebih rendah.
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
Bhakti Utama

1 Comment

  1. Pingback: Samsung Galaxy S23 Ultra: Kamera Utama 200MP dan Layar 6.8 - Rumor Kamera

Leave a Reply

%d bloggers like this: