Lensa Periskop iPhone 15 Pro Bakal Manjakan Mobile Fotografi

Lensa Periskop iPhone 15 Pro Dibuat oleh Samsung
Lensa Periskop iPhone 15 Pro Dibuat oleh Samsung

Tahun 2023, iPhone 15 Pro Max akan menjadi satu-satunya smartphone Apple yang akan mendapatkan lensa kamera periskop dan memperoleh pembesaran zoom optik yang sangat baik. Hardware ini hanya akan menjadi fitur dari kedua model Pro tahun depan, demikian dilaporkan dari Korea.

Menurut The Elec, Apple berencana untuk menjadikan “Folded Zoom” lensa telephoto periskop sebagai fitur eksklusif di iPhone versi 15 Pro Max tahun ini. Hal ini mengonfirmasi laporan dari analis Apple, Ming-Chi Kuo.

Kuo sebelumnya mengatakan bahwa Iphone 15 Pro Max akan menjadi satu-satunya model dalam seri iPhone 15 yang akan mendapatkan lensa kamera periskop, prediksi yang juga dikemukakan oleh analis Jeff Pu. Laporan Korea menyatakan bahwa Apple kemudian akan menjadikan sistem lensa periskop sebagai fitur dari kedua model iPhone 16 Pro pada tahun 2024.

Dalam sistem periskop, cahaya yang masuk ke lensa telephoto direfleksikan oleh cermin yang berada di sudut ke sensor gambar kamera. Perubahan arah dari cahaya yang bepergian memungkinkan untuk persiapan telephoto “lipat” yang lebih panjang di dalam ponsel, memungkinkan pengguna untuk zoom lebih jauh tanpa blur.

Menurut The Elec, Apple sedang mencari supplier baru untuk actuator OIS yang akan digunakan dalam lensa periskop yang akan digunakan di iPhone jenis Iphone 15 Pro Max tahun ini. Apple akan bergantung pada perusahaan Korea LG Innotek dan Jahwa Electronics untuk memasok actuator, menggantikan pembuat modul kamera iPhone saat ini yaitu Japan Alps dan Mitsumi.

Kedua LG Innotek dan Jahwa telah bekerja sama dengan Samsung untuk mengembangkan actuator jenis bola, yang lebih cocok untuk modul zoom lipat daripada actuator priming yang digunakan Apple saat ini dalam modul telephoto-nya. Galaxy S22 Ultra Samsung sudah memiliki kamera telephoto periskop 10x zoom.

Keputusan Apple untuk membuat fitur hardware eksklusif untuk model iPhone 15 Pro Max 6,7 inci tahun ini kemungkinan akan menyebabkan kekecewaan di kalangan para calon pengguna yang mencari fitur terbaik di model Pro 6,1 inci. Apple tidak membedakan fitur kamera antara model “Pro” iPhone-nya sejak iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Rumor menyuguhkan bahwa akan ada perbedaan yang lebih antara 15 Pro dan 15 Pro Max, karena penjualan iPhone 14 Pro Max yang lebih kuat dari yang diharapkan. Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa iPhone15 Pro Max mungkin diganti nama menjadi iPhone 15 Ultra, seperti Apple Watch Ultra.

FeatureiPhone 15 Pro MaxiPhone 15 ProiPhone 16 Pro
Periscope camera lensYesNoYes (in 2024)
Enhanced optical zoomYesNoYes (in 2024)
“Folded Zoom” periscope lensExclusive featureNoYes (in 2024)
Supplier for OIS actuatorLG Innotek, Jahwa ElectronicsUnknownUnknown

Informasi lebih lanjut tentang iPhone 15 masih sedikit karena diharapkan akan dirilis pada bulan September, tetapi diharapkan bahwa Apple akan beralih ke USB-C dan mengembangkan Dynamic Island untuk semua iPhone tahun ini.

A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
Bhakti Utama

Leave a Reply

%d bloggers like this: