[RK4] UPDATED: Panasonic GM1, Kamera Mirrorless Pertama Full Electronic Shutter

[colored_box color=”blue”]Update: Kamera Panasonic Lumix GM1 sudah RELEASED[/colored_box]

Perkiraaan Ukuran Panasonic GM1 Dibanding GX7, Image Credit CameraSize.com

Perkiraaan Ukuran Panasonic GM1 Dibanding GX7, Image Credit CameraSize.com

 Dari 43Rumors.com melaporkan seorang sumber baru menyampaikan beberapa info menarik tentang kamera terbaru Panasonic yang akan diumumkan pada awal Oktober ini. Kamera ini akan dinamakan sebagai Panasonic Lumix GM1. Jadi sekarang Panasonic memiliki cukup banyak seri yaitu Lumix G, GF, GH, GX dan GM.

Dilaporkan bahwa ukuran kamera tersebut jauh lebih kecil dari yang bisa dibayangkan sebelumnya. Tidak bisa dibandingkan dengan kamera mirrorless MFT (Micro Four Third) yang ada saat ini, mungkin lebih mirip dengan kamera Sony RX100 dalam hal ukuran. Kamera ini sangat tipis dan tujuan menjadi kamera mirrorless tertipis ini dimungkinkan karena ia adalah kamera mirrorless pertama yang tidak memiliki rana (shutter) mekanik! Ya Panasonic GM1 hanya akan memiliki shutter elektronik saja, yang seharusnya akan berfungsi lebih baik dari e-shutter yang ada saat di GX7 saat ini.

Panasonic GM1 dapat bekerja dengan flash (dengan shutter speed tertentu). Mengusung body yang terbuat dari magnesium dengan finishing kulit. Ditawarkan dengan warna total hitam, perak – hitam, silver – coklat. Sumber tersebut mengatakan bahwa jika Anda berharap mempunyai kamera kompak dengan sensor MFT dan lensa fixed .. lupakan saja. GM1 ini lebih baik! (43r).

Update: Dari sumber terpercaya 43Rumors.com mengatakan bahwa kamera ini akan diumumkan tanggal 10 Oktober 2013 17 Oktober. Selain itu juga akan diumumkan lensa baru Panasonic 12-32mm zoom (non PZ) dan lensa Nocticron 42,5mm f/1.2.

Update 2: Kamera ini akan menjadi kamera mirrorless, dengan lensa dapat diganti, yang benar-benar pocketable (bisa dikantongi) meski menggunakan lensa zoom 12-32mm yang berukuran seperti lensa panckace 14mm/f2.5. Memiliki sensor dan image processor yang sama seperti GX7, built-in Wi-Fi, touch screen, kualitas Body sangat tinggi seperti GX7, ukuran Body seperti Lumix LF1 atau Sony RX100.

Updated 3: H-2 akhirnya bocor juga gambarnya (via 43Rumors.com. Lensa kit 12-32mm memiliki aperture f/3.5-5.6 dan rumornya akan menjadi lensa kit dengan kualitas tinggi. Harga dikisaran $600, Menggunakan sensor yang sama dari GX7.

Panasonic Lumix GM1, Image Credit Digicameinfo

Panasonic Lumix GM1, Image Credit Digicameinfo

Lensa Kit Zoom 12-32mm f/3.5-5.6, Image Credit Digicameinfo

Lensa Kit Zoom 12-32mm f/3.5-5.6, Image Credit Digicameinfo

 

1 Comment

  1. Pingback: [RK5] Gambar Dan Spesifikasi Detail Kamera Panasonic Lumix GM1 | Rumor Kamera - Rumor Kamera

Leave a Reply