[RK1] Lensa Nikon 1 Aperture f/0.75

Lensa Nikon 1 Aperture f/0.75

Lensa Nikon 1 Aperture f/0.75

Nikon baru saja mempatenkan desain lensa baru (lihat disini) yang kemungkinan akan digunakan pada sistem mirrorless mereka Nikon 1. Lensa tersebut memiliki aperture sangat lebar yaitu f/0.75. Lensa dengan aperture lebih besar dari f/1.0 katanya sih membuat lensa lebih sensitif dari mata manusia, artinya dalam kegelapan dia bisa mengambil gambar seperti mata manusia melihat dalam kegelapan, tanpa bantuan flash.

Menurut paten Nikon dengan nomor 201298706 yang diajukan di Jepang ini, Nikon mampu mencapai f/0.7 dengan mengoptimalkan diameter diafragma, jarak flange back dan image circle. Salah satu contoh yang diberikan dalam paten ini adalah untuk lensa 32mm f/1.2 .

Apakah mungkin ? Mungkin saja, karena contoh sudah ada misal lensa Zeiss Planar 50mm f/0.7 yang digunakan Stanley Kubrick. Dengan crop sensor Nikon 1 yang cukup besar (2.5x), sepertinya lensa Nikon 1 ini bisa terwujud dengan ukuran yang proposional.

Tetapi tetap perlu diingat, patent tidak selalu akan menjadi produk massal, minimal memberi gambaran bahwa pabrikan pernah memikirkannya hehe. Any comment ?

Leave a Reply