Membandingkan Ukuran Kamera Dengan Camerasize.com

Camera Size

Halaman Depan Camera Size

Dengan menurunnya rumor-rumor kamera terbaru, kita akan coba bahas yang lain. Salah satu kesulitan kita saat akan membeli sebuah kamera adalah membayangkan dimensi atau ukurannya. Apakah kamera yang akan kita beli terlalu besar, apakah terlalu kecil, sangat menentukan tergantung preferensi kita atau kebutuhan kita masing-masing. Nah untuk membantu kesulitan tersebut, terdapat sebuah website yang dapat kita gunakan untuk membandingkan ukuran kamera dengan kamera-kamera lainnya, yaitu camerasize.com.
Beberapa fitur pada camerasize.com yang memudahkan kita untuk dapat menimbang ukuran sebuah kamera :

  1. Dapat membandingkan dua kamera atau lebih, dengan tools compact meter.
  2. Dapat dilihat dari berbagai sudut, misal tampak depan, tampak belakang, tampak atas, tampak samping.
  3. Dapat dibandingkan dengan lensa terpasang (pilihan lensa terbatas).
  4. Terdapat skala pembanding lain yaitu baterai ukuran AA.
  5. Dapat diurutkan berdasarkan parameter tertentu misal dari urutan terpanjang ke yang terpendek, terlebar, dari yang paling berat dsb.

Sangat menyenangkan bermain-main di website camerasize.com ini, kita bisa ambil beberapa kamera untuk dibandingkan. Kita coba memakai contoh kasus, saya misal ingin sekali membeli kamera mirrorless demiki keuntungan ukuran yang kompak, tetapi belum pernah sekalipun dapat membandingkannya secara langsung karena toko-toko kamera yang lengkap jauh lokasinya. Saya tinggal menggunakan camerasize, ukuran mana yang paling cocok. Beberapa kamera mirrorless “inceran” yaitu : Fuji X-Pro1, Olympus OMD EM5 dan kamera yang akan didampingi nanti yaitu Nikon D300s (misal ini kamera yg saya punya sekarang :D .. misal loh ya hehe).

note : Perbandingan ini terlepas dari spesifikasi dan performa dari masing-masing kamera, murni hanya contoh.

OK tinggal saya pilih daftar kamera-kamera tersebut, dan klik tombol plus (+) untuk menambahkan di daftar komparasi. Agar memudahkan gunakan view yang dapat menampilkan banyak kamera. Hasilnya sebagai berikut :

Camera Size, Hasil Tampak Depan

Camera Size, Hasil Tampak Depan

Camera Size, Hasil Tampak Samping

Camera Size, Hasil Tampak Samping

Dari sini kira dapat menyimpulkan, berapa banyak ruang yang kita dapatkan dengan ukuran dua kamera tersebut. Fuji mungkin terlihat agar besar, tapi itu bukan berarti lebih buruk, karena kembali sekali lagi, preferensi dari masing-masing orang berbeda, mungkin tangannya besar, jadi megang yang terlalu kecil malah merepotkan.

Nah demikian sedikit saja cara cepat untuk membandingkan ukuran kamera, semoga bermanfaat, terutama bagi yang sedang galau membayangkan kamera yang mau dipinang .. mau yang gede, mau yang mungil, yang seksi, yang langsing .. silahkan dibandingkan dengan camerasize.com.


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *