[RK5] Sony Siapkan Sensor RGBW Untuk Kamera Kompak

Sony Siapkan Sensor RGBW Untuk Kamera Kompak

Komparasi Sensor Konvesional dan RGBW

Selama ini banyak sekali paten yang menggambarkan teknologi baru seperti sensor organik dan “Foveon” denga pengaturan piksel vertikal dan sebagainya. Tetapi sampai sekarang belum ada implementasi yang nyata dari paten tersebut, belum ada yang revolusioner meningkatkan kualitas gambar, masih sebatas paten.

Sekarang banyak sumber yang memastikan bahwa akan ada desain sensor baru yang dibuat untuk kamera kompak. Sony akan meluncurkan beberapa kamera kompak (sensor berukuran kecil seperti kamera kompak lainnya) pada akhir tahun ini dengan feature utama teknologi sensor RGBW baru.

Dengan sensor RGBW ini berarti akan memiliki piksel Red-Greeen-Biru seperti pada umumnya dan satu lagi tambahan piksel White. Pola baru ini diharapkan dapat meningkatkan dynamic range dari kamera, sepeti yang dicontohkan pada foto di atas.

Semakin lama teknologi semakin maju, sensor kamera kompak di masa depan mungkin akan memiliki kualitas yang sama dengan sensor APSC saat ini, atau bahkan Full Frame ? Tetapi tetap saja sih .. belum bisa menandingi bokeh yang dihasilkan kamera dengan sensor besar.

 


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *