[RK5] Olympus Persiapkan Kamera Seri OMD High-End, Hybrid Mount MFT Dan FT

Kamera Olympus OMD E-M5

Kamera Olympus OMD E-M5, Image Credit: Olympus

Hampir satu tahun sekarang spekulasi tentang kamera terbaru Olympus dengan mount hybrid. Dan akhirnya 43Rumors.com mendapatkan beberapa masukan dari sumber-sumber terpercaya yang mengatakan bahwa Olympus akan segera meluncurkan kamera OMD High-End pada bulan September depan, yang akan memiliki 100% dukungan penuh untuk lensa-lensa MFT (Mircro Four Third) dan lensa-lensa FT (Four Third). Dan kejutan lain, OMD High End ini juga dimaksudkan untuk menggantikan kamera Olympus E-5 yang ada saat ini! Kamera OMD High End ini ditempatkan satu level di atas Olympus OMD E-M5, sehingga tidak untuk menggantikan E-M5 karena pengganti E-M5 akan muncul pada tahun 2014.

Sudah menjadi perdebatan lama tentang langkah yang akan diambil oleh Olympus apakah tetap akan mempertahankan seri DSLR Four-Third yang sudah lama tidak diperbarui dengan  kamera baru (terakhir kamera DSLR E-5), atau akan mematikan seri FT tersebut. Sementara banyak sekali user kamera Olympus yang sudah berinvestasi cukup banyak di lensa-lensa Olympus berkualitas tinggi untuk mount FT. Langkah untuk menggabungkan MFT dan FT mungkin akan menjadi langkah yang terbaik yang diambil Olympus. Tetapi banyak yang mempertanyakan bagaimana mungkin sebuah kamera bisa mengakomodasi dua buah mount yang berbeda ukuran (FT dan MFT) dengan jarak lensa ke sensor yang berbeda-beda pula ?.

Ada beberapa kemungkinan solusi yang akan digunakan Olympus dalam kamera hybrid tersebut, pertama akan menggunakan adapter meski solusi ini terlalu mudah, atau kedua menggunakan modular mount seperti pada kamera Ricoh atau yang lain yang kita belum pernah melihatnya. Yang pasti langkah ini juga akan diambil oleh Sony dalam menggabungkan seri A-Mount ke sistem Mirrorless mereka. Ini adalah tanda akhir dari era kamera DSLR dari Olympus dan Sony.

1 Comment

  1. Pingback: [RK5] Gambar Dan Spesifikasi Olympus OMD E-M1, Grip Besar Dan Tanpa AA Filter | Rumor Kamera - Rumor Kamera

Leave a Reply