[RK4] Sony Kembangkan 5 Axis Image Stabilization Bersama Olympus

[RK4] Sony Kembangkan 5 Axis Image Stabilization Bersama Olympus

Beberapa hari lalu kami memberitakan bahwa Olympus membantu Sony dalam mengembangkan lensa baru untuk A-mount. Dan lensa pertama dikembangkan bersama adalah 400mm f/4.0 A-mount (kira-kira akan diluncurkan pada awal 2014). Nah sekarang menurut beberapa sumber 43rumors.com, Olympus juga berbagi pengetahuan mereka tentang 5 axis image stabilization kepada Sony. Semua A-mount kamera berikutnya akan memiliki apa yang disebut “5-axis SSM”. Ini adalah pengembangan lebih lanjut dan lebih maju dari sistem E-M5 saat ini dan telah dirancang untuk sensor Full Frame.

Dengan 5 axis stabilization, setiap jenis dan arah gerakan terhadap kamera / lensa, akan di-stabilkan oleh sistem sehingga kita bisa mendapatkan kompensasi hingga 5 stop (klaim Olympus, meski beberapa tester menyatakan maksimum 3-4 stop). Artinya dalam kondisi low-light atau minim cahaya, kita bisa menggunakan shutter speed lebih lambat hingga 3 – 4 stop dibandingkan dengan kamera yang tidak memiliki sistem ini.

Tentu saja, sebagai imbal balik Olympus akan menapatkan teknologi dari Sony. Olympus akan mendapatkan sensor dengan teknologi tertinggi dari Sony dengan PD-AF (Phase Detect Auto Focus) pada sensor. Perlu diketahui bahwa PD-AF sangat penting untuk pengambilan gambar sport atau obyek yang bergerak cepat. Kerjasama Olympus dan Sony (setelah saham Olympus dibeli Sony) memang semakin meningkat akhir-akhir ini, dan ini baik buat customer dan kompetisi.

Leave a Reply