[RK3] UPDATED: Kamera Terbaru Sony NEX-FF, Kamera Mirrorless Full Frame Pertama ?

Sony NEX FF

Sony NEX FF, Image Courtesy : Petapixel

Terdapat beberapa sumber mengatakan bahwa Sony menjadwalkan sebuah acara besar di musim gugur (bulan September). Dan kemungkinannya dirilisnya kamera high-end NEX-FF (Full Frame) pada acara tersebut cukup tinggi. Selain akan menjadi kamera mirrorless dengan sensor Full Frame pertama, Sony NEX-FF juga akan menjadi kamera Sony pertama yang memiliki built-in sensor stabilizer (seperti IBIS pada kamera Olympus). Kita sudah pernah beritakan bahwa Sony dan Olympus memang melakukan kerja sama yang sangat erat di bidang Imaging ini. Sony akan supply sensor terbaik untuk Olympus, dan sebaliknya Olympys akan support teknologi lensa dan stabilizer.

Sementara itu dari sumber terpercaya SAR lainnya, bahwa seiring dengan diluncurkannya Sony NEX-FF, kita akan melihat pengumuman dua lensa E-mount baru Zeiss Full Frame, satu akan menjadi lensa zoom dan yang lain lensa prime. Bisa dipastikan semuanya lensa ber-budget tinggi alias mahal (di atas $1000). Lensa-lensa E-Mount yang didesain untuk APS-C tetap akan bisa digunakan di kamera ini dengan mode crop.

NEX-FF juga kemungkinan besar akan memiliki sistem auto-fokus phase detect (PDAF) pada sensor, resolusi 30 MP dalam sebuah body yang kompak. NEX-FF akan dijual dengan harga jauh di atas dikisaran USD $3,000, sedikit lebih mahal dari Sony RX-1. Tapi ini masih murah kok jika dibandingkan dengan kamera Leica M di USD $7,000 hehehe.

Rangkuman Spesifikasi Sony NEX-FF :

  • Sensor Full Frame
  • Sistem AF terbaru, PDAF pada sensor
  • EVF terbaru
  • 30 Megapixel
  • In Body Image Stablizer
  • E-Mount
  • Harga: sekitar USD $3000

Update :

Beberapa update terkait kamera ini, ada kemungkinan bahwa harga body bisa di bawah USD $3000, berarti dikisaran yang sama dengan Sony A99 dan RX1 yang sama-sama bersensor Full Frame. Kemudian Image Stabilization akan menggunakan 5-axis seperti yg terdapat di Olympus OMD E-M5. Tetap ingat bahwa rumor ini masih RK3, jadi spesifikasi yg ditampilkan tidak tepat 100%, hingga RK4 atau RK5 nanti.

Update 2 :

Update rumor dari SAR, kamera Sony A-mount dan E-mount generasi berikutnya akan menampilkan sensor Full Frame terbaru yang dirancang khusus. Ada tiga versi yang berbeda yang telah dikembangkan: sensor 24, 32 dan 36 megapiksel. Belum dapat dipastikan sensor yang mana untuk kamera yang mana.


Lazada Indonesia

1 Comment

  1. Pingback: [RK4] Update Rumor Kamera Mirrorless Sony NEX-FF | Rumor Kamera - Rumor Kamera

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

you're currently offline