[RK5] UPDATED: Panasonic Akan Rilis Lumix LX8 ?

Panasonic Lumix LX7, Image Credit : Panasonic

Panasonic Lumix LX7, Image Credit : Panasonic

Dari beberapa website rumor menyebutkan bahwa Panasonic akan merilis penerus kamera kompak high-end LX7 dengan model yang lebih baru, yaitu Lumix LX8 pada 16 Juli 2014. Sumber rumor memang bukan sumber yang cukup terpercaya (sumber baru), tetapi melihat life cycle-nya memang sudah sewajarnya LX8 menggantikan LX7.

Sementara Leica D-Lux 6 yang merupakan rebrandingnya LX7 juga telah discontinue, seharusnya akan diikuti dengan model baru D-Lux 7 sebagia rebranding LX8, dan itu mungkin di Photokina September2014.

Lumix LX8 dikabarkan akan memiliki built-in EVF dan ukuran sensor yang lebih besar. Meski jika ukuran sensor diperbesar, tantangan bagi Panasonic untuk mempertahankan lensa zoom fix-nya dengan aperture tercepat f/1.4. Kamera ini mungkin akan berhadapan langsung dengan Sony RX100 III.

Update [RK2] -> [RK5]. Sumber terbaik 43rumors.com menegaskan bahwa Panasonic benar-benar akan meluncurkan LX8 dengan sensor yang lebih besar pada bulan 16 Juli. Tujuan Panasonic memang untuk membuat kamera kompak high-end dengan hasil foto berkualitas tinggi, oleh karena itu akan disertai juga built-in EVF tetapi dengan tetap menjaga desain modern-retro seri LX.

Update: Dari rumor terbaru dikatakan bahwa kamera ini juga akan memiliki fitur dapat merekam vidfeo 4K dan akan dilepas dengan harga USD $799 harga (sama seperti Sony RX100M3). Melihat kisaran harganya jelas Panasonic menaikkan level seri LX, karena dulu hanya dikisaran USD %500. Cukup masuk akal dengan digantinya sensor menjadi lebih besar, built-in EVF dan 4K.

Update: Dari 43rumors.com dikabarkan kamera ini akan menggunakan lensa fixed 24-90mm f/2.0-2.8! Dibandingkan pesaingnya Sony RX100 III yang memiliki lensa 24-70mm f/1.8-2.8, LX8 kalah 1/3 stop di wide tetapi memiliki jangkauan tele yang lebih panjang.

Update: Spesifikasi

  • Lensa 24–90mm f2 – f2.8
  • Ukuran 3% sedikit lebih besar dari LX7
  • Swivel touch screen dengan fitur touch to focus
  • Updated processing engine yang meningkatkan kualitas output JPEG
  • Built-in EVF tanpa hotshoe
  • Automatic Lenscap
  • Built-in 3 stop ND filter

1 Comment

  1. Pingback: [RK3] Kamera Kompak Dengan Sensor MFT Kejutan Dari Panasonic?

Leave a Reply