Monday, April 22, 2024
HomeRumor KameraLeicaLeica Q3 Kamera Lensa Fixed Full Frame Segera Dirilis

Leica Q3 Kamera Lensa Fixed Full Frame Segera Dirilis

Leica Q3

Leica Q3 merupakan kamera fixed focal length full frame yang akan segera dirilis bulan ini, menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dalam ukuran yang kompak. Dengan desain yang klasik dan elegan, serta pengoperasian yang sederhana, kamera ini akan menjadi pilihan yang menonjol di segmen kamera unik ini. Bocoran informasi ini berasal dari situs Leicarumors.com.

Kamera Leica Q3 hadir dengan sejumlah fitur inovatif yang memungkinkan pengambilan foto dan video yang sempurna. Dilengkapi dengan salah satu lensa tercepat di pasaran, Leica Summilux 28 mm f/1.7 ASPH., kamera ini juga dilengkapi dengan mode makro terintegrasi yang memungkinkan pengambilan gambar dari jarak fokus minimum 6,69 inci. Selain itu, sensor BSI CMOS dengan Teknologi Triple-Resolution-Technology yang baru membuat kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 60 MP, sambil tetap menjaga kecepatan operasi yang tinggi.

Leica Q3 memiliki desain yang ergonomis dan kokoh, kamera ini menawarkan pengalaman fotografi yang sangat memuaskan. Dalam keluarga Q yang sudah sukses, Leica Q3 hadir sebagai penerus yang menghadirkan sejumlah fitur baru yang mengesankan.

Fitur Utama Leica Q3

Sensor BSI CMOS dengan Teknologi Triple-Resolution-Technology

Leica Q3 dilengkapi dengan sensor BSI CMOS yang baru dengan Teknologi Triple-Resolution-Technology. Pengguna dapat memilih resolusi antara 60 MP, 36 MP, atau 18 MP. Format DNG memungkinkan pengambilan gambar dalam format mentah (RAW), sementara file JPEG menghasilkan gambar yang sempurna tanpa perlu proses tambahan.

Penggunaan resolusi 60 MP memungkinkan pengambilan detail dan struktur yang sangat baik, sedangkan penggunaan resolusi 36 MP atau 18 MP memungkinkan kecepatan operasi kamera yang lebih tinggi, rentang pengambilan gambar yang lebih panjang, dan ukuran file yang lebih kecil. Seluruh ukuran sensor digunakan untuk semua resolusi, dengan rentang sensitivitas ISO mulai dari 50 hingga 100.000. Prosesor seri terbaru Maestro dengan Teknologi L2 memastikan kecepatan operasi yang sangat baik.

Lensa Leica Summilux 28 mm f/1.7 ASPH. dengan Mode Makro Terintegrasi

Lensa Leica Summilux 28 mm f/1.7 ASPH. merupakan sebuah karya optik yang luar biasa. Dengan mode makro terintegrasi, lensa ini memungkinkan pengambilan gambar dari jarak fokus minimum 6,69 inci. Dalam kombinasi dengan sensor resolusi tinggi, anggota keluarga Q generasi ketiga ini juga menawarkan zoom digital yang diperluas. Hal ini memungkinkan fotografer untuk memotong gambar menjadi berbagai panjang fokus, termasuk 28 mm, 35 mm, 50 mm, 75 mm, dan kini juga 90 mm.

Sistem Autofokus Baru dengan Deteksi Fase

Leica Q3 dilengkapi dengan sistem autofokus hibrida baru dengan deteksi fase yang memastikan fokus dan pelacakan objek, manusia, dan hewan yang sangat cepat dan akurat. Selain autofocus kontras yang sangat presisi, sistem DFD dan autofokus deteksi fase yang dikombinasikan dengan pengenalan subjek cerdas, mendukung pengambilan gambar yang tajam dan brilian. Semua gambar ditampilkan dengan jelas dan tajam pada bidik OLED baru dengan resolusi 5,76 MP.

Layar Sentuh Resolusi Tinggi yang Dapat Ditekuk

Leica Q3 dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 3 inci dengan resolusi tinggi yang dapat ditekuk. Fitur mekanisme penekukan berkualitas tinggi ini memberikan sudut pandang yang unik dan menawarkan lebih banyak peluang kreatif dalam pengambilan foto dan video. Bahkan dengan layar yang dapat digerakkan, Leica Q3 tetap tahan terhadap debu dan semprotan air berkat sertifikasi IP52.

Konektivitas dan Alur Kerja Mobile

Leica Q3 menawarkan konektivitas yang mulus dan cepat melalui Bluetooth dan Wi-Fi. Kamera dilengkapi dengan teknologi Multiple Input Multiple Output (MIMO) yang canggih, yang meningkatkan kecepatan transfer ke aplikasi Leica FOTOS hingga 10 kali lipat dibandingkan model sebelumnya, mengambil alur kerja kreatif mobile ke tingkat berikutnya.

Dengan koneksi yang stabil dan transfer data yang cepat ke aplikasi Leica FOTOS, video sekarang dapat diunggah dari kamera ke smartphone, dan “Leica Looks” khusus dapat diimpor ke kamera untuk menghasilkan gambar JPEG yang indah.

Berbagai mode koneksi mulai dari “Eco” hingga “Performance” meningkatkan alur kerja mobile dan pengelolaan energi Leica Q3. Sertifikasi Apple “Made for iPhone” dan kabel Leica FOTOS yang disertakan menjadikan Leica Q3 alat yang ideal untuk mengekspresikan visi kreatif pengguna.

Kemampuan Perekaman Video dan Koneksi dengan Perangkat Eksternal

Leica Q3 dapat merekam video dengan resolusi 8K dengan codec yang sangat efisien seperti H.265 dan Apple ProRes. Hal ini membuat kamera ini cocok untuk para pembuat konten. Koneksi dengan perangkat eksternal seperti gimbal, power bank, dan perekam tampilan dilakukan secara langsung melalui port USB-C dan HDMI.

Leica Q3 juga mendukung pengambilan gambar terhubung (tethered shooting) dengan Capture One atau plugin Adobe Lightroom melalui koneksi kabel USB-C, yang semakin memperkaya bidang aplikasi kamera digital kompak ini.

Pengisian daya nirkabel juga menjadi mungkin dengan Leica Charging Pad baru dan pegangan kamera terpisah. Charging pad yang stylish ini dan banyak perangkat yang kompatibel dengan Qi, memudahkan pengisian daya baterai BC-SCL6 yang kuat pada Leica Q3.

Opsi Kustomisasi dan Aksesori

Leica Q3 menawarkan empat tombol fungsi yang berbeda yang memungkinkan penggunaan kamera yang disesuaikan. Sementara itu, aksesori baru menawarkan fleksibilitas dalam tampilan dan gaya alat kreatif ini. Pelindung kulit, penutup lensa, penutup lensa bergaya retro, penopang jempol, tombol pelepas lembut, dan penutup sepatu flash juga tersedia dalam tiga variasi warna yang berbeda.

Tanggal Peluncuran, Kode Produk, dan Informasi Garansi

Leica Q3 akan diluncurkan pada tanggal 25 Mei 2023. Kode Produk Leica: 19080. Kode EAN: 4022243190801. Garansi terbatas 2 tahun.

Isi Box

Dalam kotak Leica Q3, Anda akan mendapatkan:

  • Bodi kamera
  • Tali bahu kulit
  • Baterai, charger baterai, kabel daya
  • Kabel Leica FOTOS
  • Hood lensa, tutup lensa, penutup sepatu aksesori
  • Buku petunjuk penggunaan

Spesifikasi Leica Q3

ItemSpesifikasi
Resolusi Sensor60 MP, 36 MP, 18 MP
Rentang Sensitivitas ISO50 – 100,000
LensaLeica Summilux 28 mm f/1.7 ASPH.
Jarak Fokus Minimum6,69 inci
Fungsi Zoom Digital28 mm, 35 mm, 50 mm, 75 mm, 90 mm
Sistem AutofokusHybrid dengan deteksi fase dan DFD
BidikOLED 5,76 MP, resolusi tinggi
Layar Sentuh3 inci, dapat ditekuk, 1843200 dots, 384 ppi
KonektivitasBluetooth, Wi-Fi, USB-C, HDMI
Perekaman VideoResolusi 8K, codec H.265, Apple ProRes
AksesoriBerbagai pilihan sesuai kebutuhan
GaransiTerbatas 2 tahun

Kesimpulan

Leica Q3 adalah kamera full frame yang mengesankan dengan kualitas dan kemampuan yang luar biasa. Dengan sensor canggih, lensa berkualitas tinggi, autofocus yang cepat, layar sentuh resolusi tinggi, konektivitas yang kuat, dan banyak fitur kreatif lainnya, kamera ini menjadi alat yang sempurna bagi para fotografer dan videografer untuk mengekspresikan visi kreatif mereka.

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah Leica Q3 dapat merekam video dalam resolusi 4K? Ya, Leica Q3 dapat merekam video dalam resolusi 4K maupun 8K, dengan codec yang sangat efisien seperti H.265 dan Apple ProRes.

2. Apa yang membedakan Leica Q3 dari kamera sejenis lainnya? Leica Q3 menonjol berkat kombinasi antara kualitas gambar yang luar biasa, lensa berkualitas tinggi, desain yang elegan, kemampuan makro terintegrasi, dan fitur-fitur inovatif seperti layar sentuh yang dapat ditekuk dan konektivitas mobile yang kuat.

3. Apakah Leica Q3 tahan terhadap debu dan air? Ya, Leica Q3 memiliki sertifikasi IP52 yang membuatnya tahan terhadap debu dan semprotan air. Namun, disarankan untuk tidak menggunakannya dalam kondisi air yang ekstrem.

4. Apakah Leica Q3 memiliki garansi? Ya, Leica Q3 dilengkapi dengan garansi terbatas selama 2 tahun.

5. Apakah Leica Q3 kompatibel dengan aplikasi pihak ketiga? Ya, Leica Q3 kompatibel dengan aplikasi pihak ketiga seperti Capture One dan plugin Adobe Lightroom untuk pengambilan gambar terhubung dan pengelolaan foto yang lebih lanjut.

Gallery

Bhakti Utamahttp://blog.bhaktiutama.com
A writer and photographer with a passion for technology, astronomy, and virtual reality. Skilled in multiple programming languages, specializing in software architecture.
RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Latest

Most Popular

Catatan Kami