Review Singkat Kamera Nikon Z30

Nikon Z30
Kamera Nikon Z30, Image Credit : Nikon

Kamera Nikon Z30 adalah kamera mirrorless APS-C berperforma tinggi yang ditujukan untuk pembuat konten foto atau video yang ingin meningkatkan kualitas dari hasil smartphone atau kamera saku. Kamera ini menampilkan banyak elemen yang sudah dikenal dari model DX Nikon yang sudah ada, tetapi dengan fokus yang lebih besar pada vlogging daripada foto still.

Lihat pilihan kamera untuk vlog :

Nikon Z30 adalah kamera mirrorless APS-C ketiga Nikon yang menggunakan Z-mount milik Nikon sendiri. Model sensor yang lebih kecil yang disebut DX oleh Nikon. Nikon Z30 memiliki layar artikulasi untuk memungkinkan videografer atau fotografer untuk selfie dalam foto atau video yang mereka rekam. Keduanya juga memiliki mikrofon stereo yang terpasang di pelat atasnya dengan opsi untuk menggunakan windscreens.

Z30 dapat merekam video 4K hingga 30fps tanpa cropping. Nikon Z30 memiliki profil Log yang Flat yang sederhana untuk pengeditan pasca-pemotretan. Meski agak kurang opsinya, tetapi dengan pilihan Log tetap lebih mudah digunakan saat mengedit.

Spesifikasi Nikon Z30

  • Sensor CMOS APS-C 20.2MP
  • Video 4K hingga 30p
  • 1080 video hingga 120fps (sebagai slow-mo)
  • Sekitar 2 jam video dengan daya USB
  • Layar sentuh 3,0″, 1,04M dot yang dapat diartikulasikan sepenuhnya
  • Lampu hitung
  • Tombol yang diatur ulang dengan tombol REC yang lebih mudah diakses
  • Slot kartu SD UHS-I tunggal

Official website terkait : https://www.nikonusa.com/en/nikon-products/product/mirrorless-cameras/z-30.html

Review Mirrorless Nikon Z30

Z30 adalah pilihan yang sangat baik untuk vlogger dan pembuat video yang menginginkan kamera solild dan kompak yang dapat merekam video 4K/30p berkualitas tinggi. Lensa kit menyediakan rentang panjang fokus yang baik untuk menangkap bidikan close-up atau sudut lebar, menjadikannya alat serbaguna untuk proyek video apa pun, dengan kualitas hasil yang luar biasa. Kualitas videonya tidak akan jauh lebih baik daripada yang ditawarkan oleh smartphone unggulan saat ini (seperti Apple iPhone 14 Pro dan Google Pixel 7 Pro) dalam kebanyakan situasi.

Nikon juga menempatkan kamera ini sebagai solusi bagi video streamer yang ingin meningkatkan kualitas video game dan streaming langsung mereka. Tetapi kamera ini bukan sekedar pengganti webcam yang sebagian besar akan tetap berada di posisinya, biasanya di atas monitor. Kamera ini diperuntukkan lebih dari itu.

Nikon Z30 mungkin terlihat seperti Nikon Z50 dengan EVF-nya dihilangkan, tetapi Nikon telah menambahkan beberapa detail penting untuk menjadikannya kamera yang jauh lebih ramah pengguna untuk vlogging. Penambahan yang paling menonjol adalah layar yang sepenuhnya dapat diartikulasikan, tombol rekam yang lebih besar, dan lampu penghitungan di bagian depan kamera. Bersama-sama, ini membuat kamera lebih intuitif untuk merekam video gaya selfie sehingga bisa memastikan apakah Anda sudah masih dalam frame atau tidak.

Nikon Z30 adalah kamera yang asyik untuk digunakan baik untuk merekam moment atau obyek di sekitar atau untuk mengambil foto video sendiri. Nikon berusaha keras agar ini tercapai dengan menyeimbangkan posisi ergonomis dari tombol, dial, dan antarmuka di bagian depan dan belakang, membuatnya nyaman dan mudah digunakan.

Pilihan tombol yang disertakan Nikon sudah cukup untuk menawarkan semua penyesuaian yang Anda inginkan dalam kamera seukuran ini, dan menunya mudah dinavigasi tanpa perlu bingung. Penempatan dua tombol yang dapat disesuaikan merupakan sesuatu yang diapresiasi, satu di bagian depan pegangan di bawah pelepas rana dan tombol bahu di bagian belakang kamera di dekat ibu jari Anda. Mereka berada tepat di tempat yang dibutuhkan saat memotret, dan kita tidak perlu meraba-raba sambil memegang kamera dengan satu tangan.

Kamera Nikon Z30 adalah pilihan tepat untuk menangkap gambar tajam dengan detail fantastis di siang hari atau kondisi pencahayaan yang baik. Dalam pemandangan cahaya redup, rentang dinamis kamera bertahan dengan baik, meskipun kontrol kontras dan noise terkadang sedikit berlebihan.

Namun, secara keseluruhan, kinerja Z30 seperti yang Anda harapkan, mengingat ia menggunakan sensor yang sama dengan yang digunakan di dalam Z50.

Kesimpulan Review Nikon Z30

Nikon Z30 jelas dirancang dengan mempertimbangkan pembuat konten. Kamera ini mampu menangkap video 4K/30p dan video 1080p pada 120 fps dengan sangat baik. Pilihan lensa mungkin masih agak jarang.

Kamera Nikon Z30 adalah pilihan tepat untuk menangkap gambar tajam dengan detail fantastis di siang hari atau kondisi pencahayaan yang baik. Dalam pemandangan cahaya redup, rentang dinamis kamera bertahan dengan baik, meskipun kontrol kontras dan noise terkadang sedikit berlebihan. Namun, secara keseluruhan, kinerja Z30 seperti yang diharapkan.

Kelebihan Nikon Z30

  • Kompak mudah dibawa
  • Sistem menu dan ergonomis yang sangat baik
  • Video bersih di 4K/30p
  • Performa AF cepat untuk jarak dekat
  • Mikrofon stereo internal yang bagus dengan port 3,5mm untuk mikrofon eksternal
  • Vlogging, streaming, dan konten media sosial

Kekurangan Nikon Z30

  • Tidak ada stabilisasi pada sensor
  • Pilihan lensa terbatas
  • Tidak ada cara visual untuk memantau audio dalam mode selfie
  • Untuk produksi video yang lebih advance lebih baik menggunakan Z50, yang memiliki EVF

Gallery Foto Nikon Z30

Reference

Leave a Reply