Tips Merawat Handphone Paling Dasar

Tips Merawat Handphone Paling Dasar

Tips Merawat Handphone Paling Dasar, Image Credit : wikihow.com

Tips Merawat Handphone Paling Dasar, Image Credit : wikihow.com

Hampir semua orang manusia memiliki handphone yang dimana banyak sekali kegunaan dan manfaatnya. Salah satumanfaat dari handphone atau ponsel adalah dimana kita dapat menghubungi orang yang sedang jauh atau tidak bersama dengan kita, dengan kata lain handphone dapat menghubungkan kita dengan orang yang tempatnya berbeda hanya dengan menggunakan telekomunikasi suara.

Nah, lantas bagaimana dengan ponsel yang dari hari kehari semakin canggih dan mulailah terbit sebuah ponsel pintar atau bahasa gaulnya disebut dengan smartphone. Tujuan saya kali ini sebenarnya bukan untuk review sebuah handphone atau ponsel, melainkan cara merawat ponsel kita agar bisa tahan lama.

Setiap kali kita membeli sebuah handphone baru pasti kita akan merasa senang, sambil berlalu beberapa bulan kemudian. Pasti ada saja masalah yang kerap muncul pada handphone kita, yakni dari timbulnya suara yang pecah, layar rusak dan bergores, baterainya sudah kembung, dan masih banyak lagi masalah yang akan kita temui saat handphone kita sudah tidak terrawat lagi. Untuk itu saya akan memberikan tips mudah dan santai tentang bagaimana cara dan tips merawat handphone agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Bersihkanlah Handphone Secara Berkala

Dengan membersihkan handphone secara berkala memang merupakan salah satu cara mudah agar handphone kita terawat dengan baik. Ambil saja kapas secukupnya dan berikan sedikit cariran khusus untuk pembersih hp, lalu usapkan keseluruh permukaan layar handphone anda dengan menggunakan kapas yang sudah diberi cairan tadi, dan usaplah dengan perlahan, jangan sampai ditekan, usap secara merata agar layar handphone kita tetap bersih dan tidak ada kotoran yang masuk kedalam layar. (Saran saya gunakan selain kapas, seperti kain pemersih lainnya)
Jangan Diletakan Dekat Barang Elektronik

Inilah yang kerap kali kita lupa akan bahaya dari meletakan handphone kita di dekat barang elektronik, kita sering kali meletakan handphone kita di dekat televisi, padahala itu akan merusak handphne kita secara perlahan, karena gelombang elektromagnetik yang ditimbulkannya sangat kuat sehingga membuat handphone kita akan mudah mengalami kerusakan, begitu juga jika didekatkan dengan disket, maka disket kita akan rusak.

Jangan Simpan Ponsel di Saku

Hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan orang, yang menyimpan ponsel touchscreen ke dalam saku celana. Praktis terkesan memang, tapi toko di saku akan membuat layar LCD smartphone Anda tergores dan akhirnya akan menjadi buruk, yang merusak layar LCD. Sebenarnya apa-apa jika Anda ingin menyimpannya di saku celana. Namun, dengan catatan bahwa smartphone Anda telah dilengkapi dengan LCD pelindung Gorilla Glas. Jika Anda harus, pastikan Anda telah menginstal smartphone pelindung yang baik untuk melindungi smartphone Anda.

Pastikan Untuk Memiliki Screenguard

Screenguard sangat penting untuk melindungi goresan pada layar LCD. Selain itu dapat melindungi dari paparan sinar matahari langsung. Instalasi screenguard tidak memerlukan biaya mahal. Masih dengan terjangkau yang dari aksesoris ponsel toko terdekat.

Gunakan Jari Untuk Menyentuh Layar dan Jangan Menekan

Bila menggunakan jari untuk menyentuh layar sentuh juga hal yang tidak kalah penting. Kesalahan dalam penggunaan jari, juga akan mempengaruhi kualitas smartphone. Baik ketika disentuh, tidak menggunakan jari-jari Anda karena ini akan merusak layar LCD-nya. Perlu diketahui! Itu Touch ‘dan’ memeras ‘memiliki arti yang berbeda. Menyentug berarti hanya menyentuh tanpa tekanan. Sambil menekan adalah untuk memberikan tekanan pada sesuatu yang disentuh. Namanya saja Touchscreen atau layar sentuh, berarti smartphone ini hanya menyentuh tanpa memberikan tekanan berlebih. Karena, hal itu akan membuat smartphone lebih mudah rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *